Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Profil Singkat Negara Brunei Darussalam

Profil Negara Brunei Darussalam Secara Singkat - Brunei merupakan salah satu negara yang terletak di Benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Tenggara. Dilihat dari peta dunia, letak geografis Brunei Darussalam berada di Pulau Kalimantan. Wilayahnya dikelilingi oleh daratan negara Malaysia dan laut di sebelah utara Pulau Borneo. Sedangkan letak astronomisnya berada diantara 4°LU – 5°LU dan 114°BT – 115°BT (ket: LU : Lintang Utara dan BT : Bujur Timur).

Profil Singkat Negara Brunei Darussalam

Profil Singkat Negara Brunei Darussalam

Tergabung dalam organisasi ASEAN, bentuk negara Brunei Darussalam yaitu kesultanan Islam dengan sistem pemerintahan monarki absolut. Dengan bentuk dan sistem tersebut, kepala negara Brunei Darussalam dan kepala pemerintahannya adalah Sultan Brunei. Sejarah Brunei Darussalam sejak didirikan pada tahun 1363, setidaknya terdapat 29 sultan yang pernah memimpin negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam ini.

Lalu kapan Brunei menjadi sebuah negara yang merdeka? Sama seperti Malaysia, Brunei Darussalam merupakan negara jajahan bangsa Inggris atau Britania Raya. Hari kemerdekaan Brunei Darussalam secara resmi merdeka pada tanggal 4 Januari 1979. Dilihat dari bentuk dan bendera negara Brunei Darussalam identik dengan warna kuning dengan lambang negara berupa bulan sabit.

Setiap negara merdeka tentu memiliki lagu kebangsaan atau lagu nasional. Nah lagu nasional Brunei Darussalam adalah "Allah Peliharakan Sultan".  Bandar Sri Begawan merupakan ibu kota Brunei Darussalam dengan ikon terkenalnya yaitu Masjid Sultan Omar Ali yang letaknya di tepi sungai.


Lalu bagaimana dengan keadaan penduduknya?

Jumlah Penduduk Brunei Darussalam di tahun 2019-2020 mencapai kurang lebih 434.076 jiwa. Total populasinya merupakan paling terendah di Asia Tenggara, bahkan dunia. Mayoritas suku bangsa di Brunei Darussalam merupakan orang dari suku Melayu dengan persentase sebesar 66%, sedangkan suku minoritasnya meliputi Tionghoa, Dayak.

Sebagai kesultanan Islam, agama resmi Brunei Darussalam yang banyak dianut oleh masyarakatnya adalah Islam dengan persentase 67% dari total jumlah penduduk. Kemudian mata uang Brunei yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat yaitu Dolar Brunei (BND) B$.

Bahasa Brunei Darussalam yang dipergunakan penduduk dalam kehidupan sehari-hari adalah bahasa Melayu Brunei. Mata pencaharian penduduk Brunei sendiri tidak jauh berbeda seperti masyarakat Indonesia dan Malaysia. Contohnya bekerja sebagai petani, nelayan dan penambang.

Liburan ke Brunei? Kunjungi: 7 Tempat Wisata Populer di Brunei Darussalam

Bagaimana kondisi alam Brunei Darussalam?

Brunei Darussalam memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 5.765 dengan luas daratan mencapai 5.265 km2. Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa keadaan alam Brunei Darussalam didominasi oleh wilayah daratan. Letaknya yang tidak jauh dari garis katulistiwa membuat iklim Brunei Darussalam adalah tropis katulistiwa.

Sumber daya alam Brunei Darussalam terkenal sebagai negara penghasil mineral yang begitu melimpah dan menguntungkan bagi negaranya. SDA tersebut berupa mineral minyak bumi dan gas alam yang dimanfaatkan dengan optimal sehingga membuat pendapatan negara kecil ini begitu besar. Brunei merupakan negara kaya raya, terkenal sebagai penghasil minyak bumi terbesar di kawasan Asia.

Hal ini kemudian membuat perekonomian Brunei Darussalam di urutan kelima sebagai negara dengan PDB per kapita tertinggi di dunia atau yang tertinggi ke-2 di Asia Tenggara setelah Singapura. Hal ini tidak terlepas dari kekayaan alam berupa gas dan minyak bumi yang begitu melimpah. Selain itu, dibidang industri dan perdagangan juga tak kalah banyak sebagai penyumbang kemajuan ekonomi Brunei.

Share ke teman kamu:

Related : Profil Singkat Negara Brunei Darussalam