Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Letak Astronomis dan Geografis Brunei Darussalam serta Dampaknya

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang letak astronomis dan geografis Brunei Darussalam serta pengaruhnya. Jika kalian ditanya mengenai letak Brunei Darussalam, maka jawaban singkatnya adalah berada di kawasan Asia Tenggara. Ya, benar sekali. Brunei Darussalam adalah salah satu negara yang terletak di Asean, tetangga Malaysia dan juga Indonesia.

Kita sering mendengar penjelasan guru di sekolah bahwasanya Brunei adalah negara kecil, namun kaya raya. Sebab di negara ini terdapat banyak sumber daya alam yang melimpah seperti minyak bumi dan gas alam. Luas total wilayah Brunei kurang lebih sekitar 5.765 km2, atau hampir seluas Provinsi Bali di Indonesia. Langsung saja, dibawah ini informasi letak astronomis dan geografis negara Brunei Darussalam beserta pengaruh atau dampaknya.

Baca Juga : Sumber Daya Alam dan Hasil Tambang Brunei Darussalam

Letak Astronomis Brunei Darussalam

Letak Astronomis Brunei Darussalam

Letak astronomis merupakan letak suatu wilayah dilihat dari posisi garis bujur (garis yang menghubungkan kutub selatan & utara bumi secara vertikal) dan garis lintang (secara horisontal). Letak astronomis Brunei Darussalam berada di antara 4°LU – 5°LU dan 114°BT – 115°BT.

Keterangan : 
  • LU : Lintang Utara
  • BT : Bujur Timur
Lalu apa dampak atau pengaruh dari letak astronomis Brunei Darussalam tersebut? Letak astronomis mempengaruhi kondisi iklim di sebuah negara. Iklim di Brunei yaitu Tropis. Curah hujan rata-rata per tahun mencapai sekitar 3.000 mm, suhu udaranya rata-rata 27 derajat celsius. Terdapat dua musim yakni hujan dan kemarau. Musim hujan terjadi pada bulan Mei hingga Oktober sementara musim kemarau berlangsung di bulan November hingga April.

Musim hujan terjadi ketika bertiup angin musim barat daya yang lembab, sementara musim kemarau berlangsung saat bertiup angin musim timur laut kering. Namun di saat-saat seperti ini, dengan pemanasan global yang begitu dahsyat, cuaca sering berubah-ubah dan sulit untuk ditebak.

Baca : Iklim di Negara Brunei Darussalam

Letak Geografis Brunei Darussalam

Letak geografis merupakan keberadaan posisi sebuah negara berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi. Letak geografis biasanya di batasi dengan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut. Secara geografis, letak negara Brunei Darussalam yaitu berada di Benua Asia, tepatnya di Pulau Kalimantan (Borneo) bagian utara.
Letak Geografis Brunei Darusalam
Wilayah Brunei Darussalam di sebelah barat, timur dan selatan secara langsung berbatasan dengan negara Malaysia, yakni Sabah dan Sarawak yang sama-sama berada di pulau Kalimantan bagian utara. Sementara di sebelah utara, Brunei berbatasan dengan Laut China Selatan.

Berdasarkan letak geografis nya, Brunei Darussalam dibagi menjadi dua wilayah yakni Brunei bagian barat dan timur. Kedua wilayah ini dipisahkan oleh negara Malaysia, jadi tidak secara langsung berkaitan. 

Brunei bagian barat terdiri dari tiga distrik, yakni Belait, Brunei Murara dan Tutong. Sementara bagian timur terdapat satu distrik, bernama Temburong. 97% masyarakat Brunei Darussalam tinggal di wilayah bagian barat, sisanya di bagian timur.

Baca : Suku Bangsa di Brunei Darussalam

Pengaruh Letak Geografis Brunei Darussalam

Berbeda dengan letak astronomis yang berdampak pada kondisi iklim dan cuaca. Letak geografis Brunei Darussalam mempengaruhi bentang alam atau kondisi geografisnya. Keadaan alam Brunei sangat bervariasi. Daerah di tepi pantai, berupa rawa-rawa dengan hutan bakau. Sementara di wilayah pedalaman terutama di bagian barat (Temburong) berupa perbukitan bergunung-gunung.

Di daerah hutan dan pegunungan merupakan tempat hidup satwa langka yang masih bisa dijumpai, seperti kera, harimau tutul dan gajah. Puncak tertinggi di Brunei Darussalam berada di Gunung Pagon, ketinggiannya mencapai sekitar 1.850 meter diatas permukaan laut.

Selengkapnya : Keadaan Alam Brunei Darussalam
Pengaruh Letak Geografis Brunei Darussalam
Selain rawa dan perbukitan, terdapat juga sungai yang sebagian mengalir ke arah utara. Keberadaan sungai tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat baik untuk kegiatan wisata, maupun dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya seperti ketersediaan air. Sungai Belait adalah sungai terpanjang di Brunei Darussalam.

Baca juga :
Demikian pembahasan secara rinci seputar Letak Astronomis dan Geografis Brunei Darussalam Serta Dampaknya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya tentang negara Brunei. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terima kasih.

Share ke teman kamu:

Related : Letak Astronomis dan Geografis Brunei Darussalam serta Dampaknya