Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Perekonomian Negara Brunei Darussalam

Perekonomian Negara Brunei Darussalam - Negara kecil dengan penduduknya tidak banyak, namun bisa dibilang salah satu negara maju di dunia. Sektor perekonomian Brunei Darussalam bertumpu pada pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang melimpah, singkatnya seperti itu. Artikel ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya terkait dengan iklim dan suku bangsa di Brunei Darussalam.

Negara Brunei Darussalam memiliki luas wilayah 5.765, penduduknya tidak lebih dari setengah juta. Namun negara ini memiliki PDB (Pendapatan Domestik Bruto) per kapita tertinggi kelima di dunia dan tercatat indeks pembangunan manusianya tertinggi kedua setelah Singapura di kawasan Asia Tenggara. 

Perekonomian Brunei Darussalam

Perekonomian Negara Brunei Darussalam

Kegiatan perekonomian Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas alam. Beberapa negara yang memanfaatkan atau mengekspor minyak dan gas dari Brunei antara lain seperti Afrika Selatan, Australia, Amerika Serikat, Indonesia dan Jepang. Hal inilah yang membuat pendapatan nasional negara ini sangat tinggi.

Selain itu, pemerintah Brunei Darussalam juga sedang mengembangkan bidang ekonomi industri dan perdagangan. Hal ini tidak terlepas dari letak negara ini sangat strategis, yaitu di ujung utara Pulau Kalimantan (Borneo), berbatasan langsung dengan Malaysia disebelah selatan dan Laut China Selatan disebelah utara. Baca Juga : Iklim di Negara Brunei Darussalam

Alternatif pengembangan perekonomian ini harus dilakukan oleh pemerintah, karena apabila terus  menerus menguras kekayaan SDA, tentu akan habis pada waktunya. Pendapatan dari hasil pemanfaatan minyak bumi dan gas alam seluruhnya untuk kesejahteraan rakyat Brunei Darussalam. Pihak kerajaan Brunei memfasilitasi layanan pengobatan bagi masyarakat dan memberikan subsidi lain seperti perumahan serta kebutuhan pangan yakni beras. 

Saat ini, Brunei Darussalam mengembangkan sistem penerbangan Brunei Diraja agar negaranya menjadi pusat perjalanan internasional yang menghubungkan Eropa dengan Australia dan Selandia Baru. Perekonomian lain yang sedang dikembangkan yaitu sektor pariwisata dan perbankan.

Baca Juga :
Demikian informasi mengenai Perekonomian Negara Brunei Darussalam, semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca. Share artikel ini kepada teman-teman kalian agar bisa membacanya juga. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Perekonomian Negara Brunei Darussalam