Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

11 Tempat Wisata di Penang yang Wajib Dikunjungi

Ada yang bilang tempat wisata di Penang itu paling banyak di pusat Georgetown, benarkah? menurut saya si tidak, masih banyak tempat wisata populer di Penang lainnya selain di pusat kota tersebut. Tempat wisata di Penang, Malaysia sangat beragam dan bervariasi, mulai dari wisata untuk keluarga, romantis bersama pacar, bersenang-senang dengan anak, dan wisata edukasi sejarah. Tempat wisata di Penang yang paling banyak diincar oleh turis-turis asing atau pun wisatawan lokal tentu saja tempat belanja murahnya.

Apakah tempat wisata di Penang bisa disejajarkan dengan kota dan daerah lain di Malaysia seperti Kuala Lumpur, Melaka dan Johor Bahru? kalau kita membandingkan tingkat kepuasan dan kesenangan, tentu saja keseruan juga bisa anda dapatkan saat berkunjung ke obyek wisata di Penang. Anda bisa bermain air atau camping saat mengunjungi wisata bahari berupa pantai di Penang.

Baca Juga:


Pulau Penang (Pinang) adalah salah satu negara bagian di Malaysia, luasnya sekitar 760 km2, termasuk dalam kategori negeri terkaya dan termaju. Obyek liburan di Penang sangat beragam dan lengkap, saking komplitnya, mengunjungi seluruh tempat wisata di Penang dalam sehari pasti tidak akan selesai. Anda harus pintar-pintar memilih dan merencanakan obyek mana saja yang akan dikunjungi. Pokoknya harus sesuai selera, budget dan jangka waktu anda saat berada di Penang. Langsung saja, berikut ini 11 Tempat Wisata di Penang yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata di Penang

1. Penang Hill, Penang

Tempat Wisata di Penang : Bukit BenderaPenang Hill atau masyarakat Malaysia menyebutnya Bukit Bendera adalah tempat wisata di Penang paling populer, khususnya dikunjungi wisatawan dari Indonesia. Wisata alam ini lokasinya berada di luar pusat kota George Town, berada di ketinggian sekitar 800 Mdpl. Perjalanan menuju puncak dengan menaiki kereta listrik modern merupakan salah satu daya tarik wisata Penang Hill, selain melihat pemandangan gemerlap kota Penang dari atas ketinggian pada malam hari dan mengunjungi obyek wisata seperti Museum dan tempat perbelanjaan. Kereta Listrik adalah rekomendasi alat transportasi yang dapat anda gunakan agar bisa sampai ke puncak bukit bendera, selain taksi dan bus mini. Budget kereta yang harus dikeluarkan sebesar RM 30 atau sekitar Rp.100.000 bagi wisatawan asing, sementara untuk turis lokal Malaysia lebih murah yaitu RM 8. 

Tempat wisata di Penang pertama ini tentu saja sangat aman, nyaman dan menyenangkan. Perjalanan menggunakan kereta listrik Penang Hill Railway sangat nyaman, jalur curam alam tropis indah yang dilewati disulap dengan kemiringan kereta sekitar 45 derajat. Setelah sampai, maka tiba waktunya bagi anda untuk menikmati udara sejuk pegunungan dengan suhu udara sekitar 5 derajat Celsius sambil melihat-lihat pemandangan mengagumkan seluruh Pulau Penang dari atas ketinggian. Fasilitas pendukung di kawasan Penang Hill sangat lengkap, terdapat Masjid bagi muslim, restoran bagi yang lapar, pusat perbelanjaan untuk beli oleh-oleh dan tersedia hotel untuk penginapan. Baca Selengkapnya...

2. Kek Lok Si Template, Penang

Tempat Wisata di Penang : Kek Lok Si Template
Tempat wisata di Penang kedua yang tidak boleh anda lewatkan adalah Kuil Kek Lok Si. Obyek kedua ini termasuk wisata budaya menawarkan edukasi sejarah di Pulau Penang. Kuil ini lokasinya berada di Anyer Itam, konon menyimpan banyak kisah. Fakta menarik yang harus anda ketahui, kuil Budha ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara, kemudian berusia lebih dari 1 abad. Arsitektur kuil merupakan kombinasi dari China dan Thailand, desainnya unik terdapat pahatan, ukiran dan ratusan tulisan dinding indah dan menarik. Di dalam Kuil Kek Lok Si terdapat beberapa patung Budha berwarna emas, tentunya ada aula luas untuk kegiatan berdoa. Selain itu, ada juga bangunan Pagoda tujuh lantai berwarna kuning dan patung raksasa Dewi Kwan Im diatas bukit di kawasan kuil.

Kek Lok Si Template merupakan tempat ibadah kebanggaan umat Budha sekaligus salah satu tempat wisata di Penang favorit wisatawan. Salah satu faktor yang menjadikan obyek ini banyak dikunjungi wisatawan adalah aksesnya mudah. Untuk menuju kuil Kek Lok Si, anda bisa menggunakan bus Rapid dari nomer 201 dari terminal bus Komtar dengan tujuan Ayer Itam, kemudian turun di Halte dekat pasar Anyer Itam. Budget tiket bus sebesar RM3 atau sekitar Rp.10.000. Dari halte ini, anda tinggal berjalan saja mengikuti petunjuk jalan, jaraknya sekitar 300 meter. Alternatif lain bisa menggunakan taksi atau kendaraan pribadi.
Rekomendasi Tempat Wisata di Malaysia Lainnya :

3. Penang Bridge, Penang

Tempat Wisata di Penang : Penang BridgePenang Bridge adalah jembatan penghubung antara Seberang Prai dan Bayan Lepas sekaligus tempat wisata di Penang yang menawarkan pemandangan indah matahari terbenam (sunset) di sore hari dengan langit berwarna orange mempesona memanjakan mata.  Keindahan Penang Bridge membuat jembatan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, khususnya bagi yang mengincar foto indah dengan suasana romnatis bersama pasangan, maupun selingkuhan. wkwk
Perlu anda ketahui, Penang Bridge adalah jembatan paling panjang di Malaysia dan salah satu jembatan terpanjang di dunia, panjangnya kurang lebih sekitar 13,5 KM. Selain panjang, jembatan ini memiliki desain khas (bisa dilihat pada gambar), inilah yang menjadi daya tarik wisatawan. Menurut sumber referensi yang penulis baca, Penang Bridge adalah ikon Malaysia selain Menara Petronas.

4. Sri Mahariamman Template, Penang

Sri Mahariamman TemplateTempat wisata di Penang yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Sri Mahamariamman Template yang termasuk dalam kategori wisata budaya, edukasi dan sejarah. Sri Mahariamman Template merupakan kuil Hindu tertua di pulau Penang, lokasinya strategis berada di pusat kota George Town menjadikannya selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tidak kalah dengan kuil Budha Kek Lok Si, ornamen khas India Kuno dapat anda lihat saat masuk kedalam Sri Mahamariamman Template. Selain itu, terdapat juga patung-patung dewa Hindu yang tidak kalah menarik perhatian pengunjung, fakta menariknya adalah obyek liburan ini salah satu tempat wisata gratis di Penang, maka dari itu wajib anda coba.

5. Fort Cornwallis, Penang


Tempat Wisata Sejarah di Penang : Fort Cornwallis
Suka sejarah? Jangan lewatkan mengunjungi Frot Cornwallis yang merupakan tempat wisata di Pulau Penang menawarkan wawasan sejarah kepada setiap pengunjung yang datang. Frot Cornwallis adalah sebuah benteng berusia paling tua di Malaysia, dibangun pada tahun 1786. Bangunan bersejarah ini dulunya berfungsi sebagai benteng pertahanan saat Inggris berkuasa di Pulau Penang. Datang berlibur di tempat wisata ini, anda akan mendapatkan wawasan sejarah, cocok jika dikunjungi bersama anak-anak. Terdapat beberapa peninggalan sejarah yang bisa anda lihat seperti penjara, lampu kuno, hingga Meriam yang menghadap ke laut. Fort Cornwallis bisa menjadi salah satu tempat wisata di Penang yang wajib anda dikunjungi saat liburan.

6. Pantai Kerachut, Penang

Tempat Wisata Favorit di Penang : Pantai Kerachut
Salah satu tempat wisata di Penang berupa pantai paling indah pemandangannya adalah Pantai Kerachut. Pantai ini merupakan obyek wisata favorit turis asal Indonesia. Terletak di cagar alam Taman Nasional di Teluk Bahang, menghadap ke Samudra Hindia, sebelah barat laut Pulau Penang. Daya tarik Pantai Kerachut yaitu memiliki pasir putih dan ombak berwarna biru seta terdapat danau meromiktik (pertemuan air laut dan tawar) di dekat area pantai.

Pantai Kerachut terkenal sebagai rumah bagi penyu jenis Blimbing dan Hijau sebagai tempat untuk bertelur, terdapat juga penangkaran penyu di sekitar pantai. Tertarik mengunjungi tempat wisata di Penang ini? Jangan khawatir, ada cara mudah akses menuju pantai, yakni dengan menaiki prahu yang disediakan di dekat pintu masuk Taman Nasional. Prahu dengan kapasitas 10 orang bisa anda sewa dengan biaya sekitar 100RM (Rp.350.000) per-prahu. Murah sekali bukan jika dibagi dengan 10 orang, maka budget yang harus dikeluarkan sekitar Rp.35.000. Cara lain yang lebih menantang adalah dengan berjalan kaki melewati hutan tropis di dalam Taman Nasional, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Tempat wisata di Penang berupa pantai pasir putih indah ini, anda bisa melakukan kegiatan (atraksi) seperti berenang, bermain ombak, camping (berkemah), mencari kulit kerang di pinggir pantai, membangun istana pasir, menulis pesan kepada teman, beromantisria bersama pasangan, sekedar melihat-lihat pemandangan mengagumkan dan jangan lupa berfoto selfie tentunya. Baca Selengkapnya..

7. Cheong Fatt Tze Mansion, Penang

Tempat Wisata Sejarah di Penang : Cheong Fatt Tze Mansion
Tempat wisata di Penang ketujuh adalah Cheong Fatt Tze Mansion atau rumah tua peninggalan imigran China, dibangun pada tahun 1880 oleh Cheong Fatt Tze, salah satu pedagang China yang singgah di Pulau Penang. Selain bersejarah, ternyata juga besar dan luas, kurang labih terdapat sekitar 38 kamar. Menurut berita yang beredar, Cheong Fatt Tze Mansion sempat akan digusur, tetapi kemudian seorang pengusaha keturunan China di Malaysia membeli rumah ini agar tidak dirobohkan. Sampai sekarang  rumah tua ini tetap berdiri kokoh dan menjadi salah satu tempat wisata menarik di Penang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain sebagai tujuan wisata, rumah tua ini biasanya digunakan untuk keperluan pembuatan film.

8. Tropical Spice Garden, Penang

Tempat Wisata di Penang : Tropical Spice Garden
Tropical Spice Garden merupakan tempat wisata di Penang yang wajib dikunjungi saat anda bersama keluarga maupun saat membawa anak-anak. Tropical Spice Garden adalah wisata alam hutan tropis yang bisa anda jelajahi. Selain bersenang-senang, di tempat wisata ini anda bisa belajar mengenai berbagai aneka tumbuhan. Lokasi hutan tropis ini dekat dengan Museum Toy, tepatnya berada di Teluk Bahang. Di dalam hutan tropis ini juga terdapat wahana menarik seperti rumah teh, ayunan raksasa dan area untuk berseluncur. Jika tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Penang ini, anda harus membayar tiket masuk sebesar 26 Ringgit (dewasa) dan 20 Ringgit (pelajar/anak-anak).

9. Penang Toy Museum

Tempat Wisata di Penang : Toy Museum
Setelah mengunjungi Tropical Spice Garden, anda juga harus mengunjungi tempat wisata di Penang lain yang lokasinya tidak jauh yakni Toy Museum atau museum mainan. Seperti namanya, obyek wisata ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan saat membawa anak-anaknya. Lokasi museum berada di Jalan Tanjung Bungah. Di dalamnya terdapat lebih dari 100 ribu koleksi mainan anak-anak. Jumlah ini membuat Toy Museum menjadi museum mainan pertama sekaligus terbesar di Malaysia. Biaya tarif tiket yang harus dikeluarkan untuk masuk kedalam museum sekitar RM30.

10. Penang Peranakan Mansion

Penang Peranakan Mansion
Penang Peranakan Mansion atau dikenal sebagai museum unik yang memiliki berbagai koleksi peninggalan sejarah seperti lukisan, perhiasan, pahatan dan artefak kuno. Berdasarkan informasi dari masyarakat, rumah ini merupakan bekas peninggalan dari orang kaya keturunan Tiongkok. Hal ini dibuktikan dari beberapa peninggalan di dalamnya merupakan perhiasan yang bernilai tinggi. Setelah dijadikan museum dan dibuka untuk umum, banyak wisatawan yang datang untuk melihat koleksi yang ada didalamnya. Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Penang ini harus membayar tiket masuk sebesar 20 Ringgit.

11. Owl Museum, Penang

Owl Museum
Tempat wisata di Penang kesebelas (rekomendasi terakhir) adalah Owl Museum atau bisa disebut dengan Museum Burung Hantu. Namanya juga museum, di tempat wisata ini anda tidak akan menemukan burung hantu asli yang masih hidup. Di dalam museum terdapat berbagai koleksi seni bertema burung hantu. Koleksi karya seni di museum ini sangat bervariasi, mulai dari patung, lukisan maupun suvenir. Bagi yang tertarik untuk mengunjungi Owl Museum, anda akan dikenakan tarif masuk sebesar 10 Ringgit Malaysia.

Itulah rekomendasi 11 Tempat Wisata di Penang yang Wajib Dikunjungi saat liburan tiba. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca tempat wisata menarik lainnya di Malaysia, Asia, Australia, Eropa dan Timur Tengah. Terimakasih.
Rekomendasi Tempat Wisata :
  1. 7 Tempat Wisata Seru di Hongkong 
  2. 8 Tempat Wisata Romantis di London, Inggris
  3. 8 Tempat Wisata Terkenal di Belgia
  4. Tempat Wisata Megah di Dubai, UEA
  5. Sejarah dan Legenda Patung Merilon Singapura

Share ke teman kamu:

Related : 11 Tempat Wisata di Penang yang Wajib Dikunjungi