Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

Pantai Kerachut Tempat Wisata Populer di Penang

Pantai KerachutWisata ke Pantai Kerachut - Pulau Penang menyimpan banyak sekali tempat wisata, mulai dari wisata alam, sejarah, hiburan menarik, belanja murah dan beberapa pantai indah yang wajib anda kunjungi. Pantai Kerachut atau dalam bahasa Inggris "Kerachut Beach" merupakan salah satu dari 7 Pantai di Pulau Penang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Kerachut terletak di Taman Nasional Penang (Teluk Bahang), cagar alam yang memiliki 143 spesies fauna dan 417 flora. Lebih tepatnya berada di barat laut pulau Penang, menghadap ke Samudra Hindia. Lokasi pantai cukup jauh dari pintu masuk taman nasional tersebut, bisa dibilang butuh perjuangan untuk menuju pantai cantik dan indah dengan pasir putih ini.

Wisata ke Pantai Kerachut

Selain sebagai obyek wisata (salah satu tujuan favorit wisatawan asal Indonesia) , Pantai Kerachut merupakan rumah bagi penyu-penyu untuk bertelur. Ada dua jenis penyu seperti Penyu Blimbing atau dalam bahasa latin Lepidechelys Olivacea dan Penyu Hijau Chelonia Mydas. Jika datang pada siang hari, tentu anda tidak bisa melihat penyu-penyu tersebut. Jangan khawatir, anda bisa melihatnya di rumah penangkaran penyu yang lokasinya disisi lain pantai. 

Daya tarik lain Pantai Kerachut adalah adanya danau meromiktik yang merupakan pertemuan antara air tawar dan air laut. Lokasi danau berada di dekat jembatan penghubung sebelum sampai ke pantai. Perlu anda ketahui jenis danau seperti ini sangat jarang ditemui, bisa dibilang langka di dunia.

Jembatan saat sebelum sampai ke Pantai Kerachut

Cara Menuju ke Pantai Kerachut

Jika anda mempunyai rencana liburan/pelsiran ke Pantai Kerachut, ada dua cara agar bisa sampai ke tempat wisata menarik ini. Pertama, cara praktis dan cepat dengan menggunakan perahu yang disewakan di dekat pintu masuk Taman Nasional. Kapasitas perahu 10 orang, biaya sewanya sekitar 100RM.

Cara kedua yaitu berjalan kaki menyusuri hutan di dalam Taman Nasional Penang, jaraknya 1/2 kilo meter. Kemudian waktu tempuh yang diperlukan sekitar 1/2 sampai 2 jam perjalanan tergantung cuaca. Menuju pantai Kerachut dengan berjalan kaki tentu sebuah tantangan tersendiri, melintasi hutan hujan saat panas terik matahari.

Jika memilih cara kedua, perjalanan seru menyenangkan dan mengesankan akan anda dapatkan. Rasa lelah, letih, berkeringat dan kehujanan saat melewati hutan lebat berbukit-bukit akan hilang setelah sampai di Kerachut Beach.

Atraksi di Pantai Kerachut

Pantai KerachutApa yang bisa anda lakukan saat berada di Pantai Kerachut? Berikut ini beberapa aktivitas atau kegiatan yang bisa dilakukan turis-turis lokal maupun asing saat berada di pantai sejuk dan bersih ini.

1. Berenang dan Bermain Air Ombak Pantai

Kegiatan wajib sebagai tujuan wisata saat berada di Pantai Kerachut, tapi ingat jangan terlalu ke tengah agar tidak terbawa ombak dan tenggelam. 

2. Camping atau Berkemah

Kegiatan berkemah bisa pengunjung lalukan, tetapi tidak persis di tepi pantai. Wisatawan dilarang berkemah di pinggir pantai dan bagian barat laut, hal ini dilakukan agar tidak mengganggu penyu yang akan bertelur. Ada lokasi khusus berkemah di dekat pantai yang bisa anda coba, pasti seru.

3. Membangun Istana Pasir di Pantai

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan adalah membangun Istana pasir di pinggir pantai, memang sedikit aneh dilakukan bagi kita yang sudah dewasa. Jika berlibur bersama keluarga dan membawa anak mungkin sangat cocok dilakukan.

4. Menulis Pesan di Pasir Pantai

Menulis pesan khusus buat seseorang, baik teman atau pacar. Walaupun hanya sekedar pamer atau tulisan ajakan kepada seseorang untuk mengunjungi pantai indah ini.

5. Mencari Kulit Kerang di Pinggir Pantai

Kegiatan seru lain yang bisa anda lakukan di Kerachut Beach adalah mencari kulit kerang atau cangkang tempat wadah kerang bisa anda lakukan.

6. Foto Narsis dan Selfie di Pantai

Kegiatan wajib saat berada di Pantai Kerachut! Berfoto narsis bersama rombongan yang datang atau sendirian dengan background keindahan pasir putih dan biru laut dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Itulah 6 aktivitas kegiatan yang bisa dan biasa dilakukan saat berada di Pantai Kerachut. Di kawasan pantai, wisatawan juga dapat memperoleh pengetahuan umum terkait dengan beberapa jenis pohon yang terdapat di sekitar pantai. Seperti pohon yang berfungsi untuk mengobati batuk yaitu pohon Leban. Tumbuhan obat dengan daun berwarna hijau muda.

Pantai Keracut bisa menjadi alternatif tempat wisata di Pulau Penang, selain beberapa obyek liburan populer yang lokasinya berada di pusat kota Georgetown (kota tua). Bagaimana untuk akses pulangnya? Jika datang berjalan kaki, maka saya sarankan pulang dengan menggunakan kapal speed boat, agar tidak terlalu kelelahan.


Demikian sedikit informasi terkait dengan obyek wisata Pantai Kerachut di Pulau Penang. Baca juga tempat wisata menarik lainnya seperti : 11 Tempat Wisata Populer di Penang atau ingin mencari oleh-oleh khas di 7 Tempat Belanja Murah di Penang. Liburan di kota lain? Baca : Tempat Wisata Wajib di Kuala Lumpur.

Share ke teman kamu:

Related : Pantai Kerachut Tempat Wisata Populer di Penang