Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

7 Tempat Wisata di Hongkong yang Wajib Dikunjungi

Punya rencana liburan ke Hongkong? Jika iya, berikut ini informasi mengenai "7 Tempat Wisata di Hongkong yang Wajib Dikunjungi". Hongkong adalah daerah administrasi khusus terletak di sebelah tenggara Tiongkok, terkenal dengan pelabuhan laut, perkembangan ekspansif, kepadatan penduduk tinggi dan tujuan utama wisatawan dunia.

Bidang Pariwisata merupakan salah satu kunci utama kemajuan perekonomian Hongkong. Menurut informasi dari wikipedia, jumlah turis asing yang mengunjungi tempat wisata di Hongkong berjumlah 22 juta tiap tahunnya. Hongkong Disneyland bisa dibilang paling terkenal.

Langsung saja tanpa basa-basi, berikut ini 7 rekomendasi tempat wisata di Hongkong, simak selengkapnya..

Tempat Wisata di Hongkong

1. Hongkong Disneyland

Hongkong DisneylandDisneyland adalah tempat wisata di Hongkong yang wajib dikunjungi, cocok untuk liburan bersama keluarga apalagi jika membawa anak-anak. Lokasinya berada di Hongkong Disneyland Resort, Penny's Bay, Pulau Lantau (tanah reklamasi). Taman bertema ini dikelola dan dimiliki oleh OPHK (Ocean Park Hongkong) dan merupakan tempat tujuan wisata yang populer di Hongkong.

Hongkong Disneyland mulai dibuka pada tanggal 12 September 2005. Taman hiburan seluas 68 Hektar ini memiliki 7 tema, antara lain : Adventurland, Fantasyland, Main Street, Toy Story Land, Mystic Point, Tomorrowland, dan Amerika Seikat. Menurut kabar yang beredar, akan ada 2 tema tambahan meliputi Marvel Area (seperti di film Iron Man) dan Forzan Land (mirip film Forzan).

Jika Anda berkunjung ke Hongkong, maka jangan lupa mampir ke tempat wisata populer yang satu ini. Obyek hiburan menarik, bisa dibilang salah satu Disneyland terkenal di Dunia setelah yang ada di Amerika dan Jepang, tiap tahun setidaknya kurang lebih 8 juta pengunjung berdatangan, baik dari turis Asia, Eropa dan Benua Amerika.

Di dalam Hongkong Disneyland pengunjung bisa menikmati keseruan dari pagi hingga malam hari. Pokoknya dipuas-puasin saat berada disini. Ada pertunjukan yang tidak boleh dilewatkan pada siang hari, yaitu parade bertema 'Fligts of Fantasy'.  Sementara itu, di malam hari ada dua pertunjukan lagi yang bisa menambah kepuasan anda, apa itu? Anda bisa melihat pertunjukan 'Disney in the Start' (kembang api) dan parade yang tidak kalah menarik dengan siang hari bertema "Pain the Night".

Cara ke Hongkong Disneyland dan Biaya Tiket Masuk

Cara menuju ke Hongkong Disneyland sangat mudah. Bisa menggunakan kendaraan umum berupa MTR dan Bus Umum khusus melayani perjalanan ke Disneyland. Jika menggunakan MRT, naik saja gerbong MTR dengan tujuan Disneyland Resort Station. Saya sarankan datang lebih awal, jam buka tempat wisata ini dari pukul 10 pagi sampai 9 malam.

Berbagai fasilitas lengkap hiburan di tempat wisata ini tentu tidak gratis. Anda perlu membayar biaya tiket masuk. Tarif masuk yang dipakai yaitu berdasarkan usia, umur 12-64 tahun: HK$619 (Rp.1.090.000), untuk anak-anak berumur 3-11 tahun HK$458 (Rp.806.000), kurs Rupiah terhadap Dollar Hongkong per tanggal 1 Maret 2018. Harga tiket masuk tersebut berlaku untuk satu hari, jika membeli tiket untuk 2 hari tentu harganya akan lebih murah dan dapat menghemat. (Update tiket tanggal 15 Desember 2017).

2. Ocean Park Hongkong

Ocean Park Hong KongAlternatif tempat tujuan wisata yang populer di Hongkong selain Disneyland adalah Ocean Park, taman hiburan seru seluas 17 hektar, terletak di Distrik Selatan Hongkong, tepatnya di Wong Chuk Hang, Nam Long Shan. Destinasi wisata yang ditawarkan meliputi taman mamalia laut, hewan langka, wahana permainan dan oceanarium. Ocean Park merupakan salah satu dari dua taman hiburan terbesar di Hongkong.

Ocean Park Hongkong mulai beroperasi pada tahun 1977. Sebelum adanya Disneyland yang dibuka pada tahun 2005, Ocean Park merupakan primadona tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh turis-turis asing untuk liburan, setengah pengunjung berasal dari China (Tiongkok). Pada tahun 2014 wisatawan yang berlibur di Ocean Park mencapai 7,4 juta, jumlah tersebut menjadikannya sebagai obyek wisata ke 13 yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Kegiatan yang sering dilakukan pengunjung saat berada di Ocean Park adalah melihat koleksi  spesies ikan di Grand Aquariumn (lebih dari 400 spesies ikan dan kubahnya paling besar di dunia), mencoba wahana menantang Roller Coaster sepanjang 842 meter (paling panjang di Hongkong) dan melihat satwa langka, seperti panda merah dan panda raksasa berasal dari China .

Cara ke Ocean Park Hongkong

Akses menuju ke Ocean Park sangat mudah. Anda bisa menggunakan transportasi Citybus Ocean Park Express yang langsung menuju ke obyek wisata ini. Bisa juga menggunakan taksi dan MTR, kemudian turun di Ocean Park Station. Lebih mudah lagi, gunakan saja kendaraan pribadi pasti akan lebih cepat sampai. Jika bingung rutenya, buka HP lalu cari di google map.

Tiket Masuk Ocean Park Hong Kong

Dewasa (12 sampai 64 tahun) : HK$280, jika dalam rupiah maka sekitar -/+ Rp.500.000
Anak-anak (3 sampai 11 tahun) : HK$140, atau sekitar -/+ Rp.250.000.

Informasi mengenai jam buka dan tutup. Pada hari bisa, senin - jumat, Ocean Park Hongkong buka dari jam 10 pagi hingga 6 malam. Sementara itu, apabila hari libur dan akhir pekan buka pada pukul 10 pagi sampai jam 7 malam.

3. Victoria Peak 

Victoria Peak Melihat pemandangan indah Hongkong dari atas ketinggian bisa Anda nikmati saat berada di Victoria Paek atau masyarakat lokal menyebutnya The Peak. Lebih dari 7 juta pengunjung tiap tahun datang ke puncak Victoria Peak, menjadikannya salah satu tempat wisata di Hongkong paling banyak dikunjungi wisatawan, salah satunya turis Indonesia.

Kapan waktu yang tepat mengunjungi Victoria Paek? jika anda ingin melihat pemandangan deretan gedung pencakar langit dan aktivitas Hongkong secara jelas, maka datanglah pada siang hari. Apabila ingin melihat keindahan Sunset (matahari terbenam) yang memancarkan cahaya berwarna orange berkilauan di gedung-gedung pencakar langit sambil menikmati suasana romantis bersama pasangan maka datang sore hari.

Apakah bisa mengunjungi Victoria Paek pada malam hari? Tentu saja bisa, Anda dapat menikmati keindahan gemerlap lampu cahaya dari gedung pencakar langit, disertai cahaya bintang yang bertebaran diatas langit saat malam hari.

Ada dua pusat liburan dan perbelanjaan di Victoria Peak yaitu Peak Galleria dan Peak Tower (396 mdpl). Peak Galleria sebagai penghubung wisatawan yang datang menggunakan bus umum dan bus mini hijau. Sementara Peak Tower menggabungkan stasiun trem yang digunakan untuk menuju ke atas puncak dari St. Johns.

Ada juga beberapa restoran di Victoria Paek, salah satu yang paling terkenal adalah Peak Lookout Restaurant yang dibuka sejak tahun 1947. Restoran tersebut bisanya digunakan sebagai tempat beristirahat sejenak sambil menikmati hidangan dengan pemandangan indah, background Hongkong dari atas ketinggian.

Akses Menuju ke Victoria Peak?

Cara menuju ke obyek wisata ini bisa menggunakan transportasi umum berupa The Peak Tram (kereta kebel di pertama di Asia) dengan tarif dewasa HK$40 (Rp.70.000) pulang-pergi, anak-anak sekitar HK$40 (Rp.50.000). Transportasi lain yang bisa digunakan yaitu bus umum dan bus mini berwarna hijau. Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dan taksi. Lebih menantang lagi bisa berjalan kaki melalui Old Peak Road.

4. Avenue of Starts

Avenue of StartsAvenue of Starts adalah kawasan pejalan kaki yang dibuat pada tahun 1982 untuk penghargaan industri film di Hongkong, terletak di sepanjang jalan Victoria Harbour, Tsim Sha Tsui, Kowlon. Jika mengunjungi tempat wisata di Hongkong ini, Anda akan melihat beberapa  patung unik dan keren tokoh terkenal seperti Bruce Lee.

Avenue of Starts banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur di Hongkong. Selain sebagai salah satu obyek wisata populer, beberapa kegiatan seperti lari-lari santai, menikmati keindahan Hongkong Island, nongkrong bersama teman, keluarga, pacar, bisa pengunjung lakukan disini. Salah satu daya tarik Avenue of Start adalah pengunjung bisa menonton Symphony of Light, pertunjukan gemerlap lampu diiringi musik khas Hongkong.

5. Wong Tai Shin Temple

Wong Tai Shin TempleWong Tai Shin Temple adalah sebuah kuil terkenal, paling banyak dikunjungi di Hongkong. Kuil bersejarah dan menarik ini dibangun pada tahun 1920, kemudian direnovasi kembali pada tahun 1968. Pembangunan kuil Wong Tai Shin bertujuan untuk menghormati dewa yang dianggap pembawa keberuntungan oleh penduduk sekitar. Dewa yang dimaksud bernama Tao Wong Tai Sin.

Tempat wisata di Hongkong yang selalu ramai di kunjungi ini lokasinya berada di sebelah utara Kowloon. Dua daya tarik Wong Tai Shin Temple sebagai obyek wisata yaitu pada bagian Good Wish Garden dan Hall of Three Saint. Ada juga festival menarik saat musim gugur yang dapat menarik perhatian lebih dari wisatawan.

6. Tsim Sha Tsui

Tsim Sha TsuiKurang lengkap rasanya liburan ke Hongkong tanpa mengunjungi tempat wisata Belanja dan hiburan bernama Tsim Sha Tsui. Pusat perdagangan sekaligus tempat meleburnya berbagai macam kebudayaan, terletak di daerah perkotaan Kowloon selatan, Distrik Mong Yau Tsim. Obyek wisata ini sering disebut sebagai tanjung di ujung semenanjung Kowloon.

Tsim Sha Tsui merupakan tempat wisata di Hongkong yang wajib dikunjungi. Pusat wisata utama di kota Metropolitan ini terdapat banyak toko-toko besar, tempat belanja, hotel, taman dan restoran mewah yang siap sedia melayani wisatawan. Terdapat juga wisata sejarah berupa museum di distrik ini.

7. SKY100 Hongking Observation Deck

SKY100 Hongking Observation DeckTempat wisata di Hongkong yang terkenal dan wajib dikunjungi selanjutnya adalah SKY100 Hongking Observation Deck. Melihat pemandangan indah kota Hongkong di siang, sore dan malam hari bisa pengunjung lakukan di gedung pencakar langit setinggi 484 meter ini. Obyek liburan yang satu ini bisa dibilang destinasi wisata di Hongkong anti mainstrim

Gedung Sky100 tower secara resmi dibuka pada tahun 2011 dan menjadi salah satu spot terbaik melihat pemandangan indah Hongkong dari atas ketinggian selain di Victoria Paek. Menikmati tempat wisata terkenal dan terbaik di Hongkong ini tentu tidak gratis. Wisatawan dikenakan biaya sebesar $151 (Dewasa) dan HK$106 (anak-anak).

Itulah 7 rekomendasi tempat wisata di Hongkong yang wajib dikunjungi, semoga artikel ini bermanfaat, selamat liburan. Baca juga tempat wisata menarik lainnya berikut ini :

Tempat Wisata di Bali
Tempat Wisata di Kuala Lumpur
Tempat Wisata di Australia
Tempat Wisata di London
Tempat Wisata di Dubai

Share ke teman kamu:

Related : 7 Tempat Wisata di Hongkong yang Wajib Dikunjungi