Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

12 Tempat Wisata Terkenal di London Yang Wajib Dikunjungi

London merupakan salah satu kota modern paling maju di dunia yang dilengkapi dengan berbagai jenis obyek wisata menarik, unik dan tidak ada duanya. Salah satu tempat wisata di London paling terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Menara Jam Big Ban. Daya tarik lain London sehingga menjadi magnet turis asing untuk datang yaitu adanya klub populer yang memiliki basis fans besar seperti Chelsea, Arsenal, Tottenham dan West Ham Uneted.

Para fans klub sepak bola tersebut rela berdatangan ke London untuk menonton pertandingan langsung, namun dari sisi lain tujuan mereka datang tentunya tidak hanya sekedar menyaksikan laga, tetapi sekaligus mengunjungi berbagai tempat wisata di London yang memang sangat menarik dan mudah diakses.

Tempat Wisata di LondonAda beberapa faktor yang menyebabkan tempat wisata di London bisa terkenal dan populer dikalangan masyarakat dunia. Pertama, kualitas dari obyek wisata itu sendiri, apakah memang menarik atau tidak, dan kekhasan (terdapat di kota ini saja). Kedua, adanya promosi baik yang sudah direncanakan matang-matang melalui konsep (mengeluarkan modal terlebih dahulu) dan promosi alami datang dari mulut ke mulut.

Ketiga, faktor internal kota memiliki alat transportasi modern sebagai penunjang pariwisata. Setidaknya ada 6 transportasi sebagai pendukung tempat wisata di London, seperti bus, taksi, tube atau kereta listrik, national rail, riverboat dan tram. Lengkap sekali bukan? Keempat, pelayanan dan keamanan. Kualitas layanan kepuasan pelanggan tentu membuat pengunjung betah berlibur. Keamanan kota London juga bisa dikatakan aman-aman saja, tidak ada sesuatu yang mengancam.

Faktor kelima banyaknya promo-promo murah berlibur ke tempat wisata di London. Namanya juga promo, tentu harganya lebih murah. Promo wisata ke London kebanyakan berasal dari maskapai penerbangan tertentu dengan diskon murah dan menarik. Itulah 5 faktor dari sekian banyak yang membuat tempat wisata di London terkenal dan populer sampai ke dunia internasional.

Apakah anda berencana berlibur ke London? Sudah tahu budget yang harus dikeluarkan?  Liburan ke London ternyata tidak terlalu mahal, tidak sampai berpuluh-puluh juta. Berikut ini beberapa promo liburan ke London yang wajib anda ketahui, biayanya kurang lebih 12 jutaan.

Promo wisata ke London
Setidaknya ada sekitar 15 juta wisatawan setiap tahun yang datang berlibur di London. Angka fantastis bila dilihat dari sudut pandang sebuah kota, bukan keseluruhan wisatawan di negara Inggris. Di London anda bisa menjumpai berbagai tempat wisata, mulai dari wisata keluarga, alam, bangunan unik, keren, langka, sejarah, wisata romantis dan lain sebagainya, lengkap pokoknya.

Baca juga : 8 Tempat Romantis di London
Jika anda berniat liburan di London dan baru pertama kali datang ke kota ini atau bahkan hanya sekedar membaca untuk menambah wawasan, tapi awas jangan ngiler lohh. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di London terkenal (populer) yang menarik dan wajib dikunjungi.

Tempat Wisata di London

1. London Tower Bridge

London Tower Bridge
Tower Bridge di kota London adalah sebuah jembatan keren paling populer di dunia dan merupakan salah satu tempat wisata terkenal di London yang wajib dikunjungi saat kita berada di London. Tower Bridge membentang melintasi Sungai Thames, menghubungkan antara City of London dan Soutwark. Panjangnya mencapai 244 meter, terdapat 2 menara setinggi sekitar 65 meter.

Yang menarik dari Tower Bridge adalah ada sebuah walkway (tempat berjalan) penghubung dua menara, tingginya 44 meter. Jika Anda berkunjung ke tempat wisata di London ini, kalian bisa melihat pameran di kedua menara diatas jembatan, menikmati pemandangan indah sungai paling cantik dan bersih di London,  berduaan bersama pasangan maupun berkumpul bersama keluarga baik pada siang, sore dan malam hari.

2. Menara Jam Big Ben, London

Menara Jam Big Ben
Tempat wisata di London kedua yang harus anda coba yaitu menara jam Big Ben atau nama aslinya "Elizabeth Tower" (salah satu Landmark). Lokasinya di ujung Istana Westminster, bangunan tua berusia lebih dair 150 tahun. Dijuluki Big Ben karena ukuran loncengnya sangat besar, beratnya mencapai 13 ton. Wow fantastis!!!

Menara Jam Big Ben memiliki desain unik dan klasik, sehingga banyak sekali wisatawan sengaja datang untuk sekedar berfoto di tempat wisata terkenal di London ini. Tak heran jika selalu ramai dipadati pengunjung terutama saat perayaan tahun baru tiba. Sebagai pusat panggung hiburan memperingati pergantian tahun dengan atraksi kembang api yang begitu meriah.

3. London Eye

London Eye
Terletak di jantung kota London, tepatnya di tepu Sungai Tames, Jubilee Gardens membuat tempat wisata di London yang satu ini ramai dikunjungi oleh turis-turis asing, maupun warga lokal Inggris dari berbagai daerah. London Eye merupakan Kincir Ria (Ferris Wheel) atau lebih familiar dengan nama Gondala terbesar di Inggris, pernah menyandang status terbesar di dunia sebelum disalip oleh Dainkanransha di Palette Town Odaiba, Jepang, Tempozan Ferris, Osaka, Jepang dan Cosmo Clock, Yokohama, Jepang.

Dengan lokasi di pusat kota menjadikan London Eye sebagai salah satu tempat wisata di London paling banyak diminati, terutama para remaja dan anak-anak atau pasangan yang sedang romantis-romantisnya. Beberapa obyek lain di dekat London Eye juga banyak, seperti Big Ban dan Westminster Palace. Kincir ria setinggi 135 meter ini memiliki nama resmi "Energy London Eye (EDF)", total pengunjung tiap tahun mencapai 3.5 juta orang. Tempat wisata ini bisa menjadi tujuan utama anda saat singgah di kota dengan julukan "The Big Smoke".

4. Westminster Palace, London

Westminster Palace
Tempat wisata di London keempat yang laris manis disinggahi wisatawan adalah Westminster Palace (Houses of Parliament). Bangunan bersejarah sekaligus pusat pemerintahan United Kingdom (UK), tempat bertemunya 2 majelis pemerintahan kerajaan Inggris yakni Dewan Bangsawan Majelis Tinggi (Hous of Lords) dan Dewan Rakyat Majelis Rendah (Hous of Comon).

Posisinya berada di Jalan Westminster Brigde Road, City of Westminster, London. Gedung eksotis ini dulunya merupakan Istana tempat tinggal keluarga kerajaan Inggris yang dibangun pada abad ke 11, arsitekturnya pun bergaya abad pertengahan. Pada tahun 1512 dan 1834 pernah mengalami kebakaran, sehingga rusak parah. Setelah renovasi dilakukan, fungsi bangunan ini kemudian digunakan sebagai gedung Parlemen.

Bangunan unik dan megah ini menjadi daya tarik sendiri bagi turis asing, selain mengenal sejarah Inggris, pengunjung berdatangan hanya sekedar berfoto maupun masuk ke dalamnya untuk menikmati tempat wisata di London ini.

5. Madame Tussauds, London

Madame Tussauds London
Tempat wisata terkenal di London selanjutnya yaitu Museum Lilin atau terkenal dengan nama Madame Tussauds. Fakta menariknya adalah museum lilin pertama di dunia. Madame Tussauds dibangun pada tahun 1884 oleh Marie Tussaud, kemudian beberapa museum lilin selanjutnya didirikan di kota-kota besar seperti Amsterdam, Berlin, Hongkong, Bangkok, dll. Seluruhnya merupakan cabang dari museum lilin yang pertama dibangun ini.

Koleksi yang terdapat di dalam Madame Tssauds merupakan patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal di dunia dengan kualitasnya tentu sangat mirip seperti aslinya. Patung tokoh terkenal meliputi para pemimpin dunia, ilmuwan, atlet, musisi, seniman, artis, dan tentunya keluarga kerajaan Inggris bisa anda jumpai. Banyak pengunjung berdatangan untuk berfoto ria bersama patung-patung unik dan mirip tersebut.

6. Buckingham Palace, London

Buckingham Palace
Buckingham Palace merupakan istana kediaman resmi dari Ratu Inggris di kota London. Selain sebagai kediaman Ratu, Istana ini juga adalah kantor pusat administrasi kerajaan. Lokasi Buckingham Palace berada di antara Green Park dan St James Park, lebih tepatnya di ujung jalan The Mall, City of Westminster, London.

Istana Buckingham sendiri merupakan salah satu tempat wisata terkenal di London yang wajib kalian kunjungi saat bersinggah di kota ini. Kalian bisa masuk untuk melihat ruangan-ruangan mewah yang ada di dalam istana ini. Untuk masuk ke dalam istana, kalian akan dikenakan tiket masuk. Istana ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional.

7. Natural History Museum London

Natural History Museum London
Tempat wisata terkenal di London ketujuh yang wajib kalian kunjungi adalah Natural History Museum atau bisa disebut dengan museum sejarah alam. Museum ini memiliki lebih dari 70 juta koleksi spesimen, hal inilah yang membuat museum ini menjadi pusat penelitian terkenal dan museum sejarah alam terbesar di dunia.

Bangunan gedung yang digunakan menjadi Natural History Museum sangat unik, yakni bergaya arsitektur Romanesque. Pada bagian dindingnya pun sangat unik dengan interior batu bata. Fasilitas yang ada di sekitar Natural History Museum sangat lengkap, mulai dari restaurant, cafe dan toko-toko penjual souvenir semuanya ada disini.

Natural History Museum menjadi tempat wisata terkenal dan populer di kota London karena pengunjung yang datang sama sekali tidak  dipungut biaya, alis gratis. Selain banyaknya koleksi yang bermanfaat untuk penelitian, faktor-faktor tersebut membuat museum banyak sekali dikunjungi oleh turis-turis mancanegara.

8. Trafalgar Square, London

Tempat Wisata di London Trafalgar Square
Trafalgar Square adalah salah satu tempat berkumpulnya orang atau bisa disebut sebagai tempat nongkrong di kota London yang terkenal dan populer sehingga banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara berkumpul disini. Area tempat nongkrong ini sangat luas, sehingga bisa menampung banyaknya kerumunan orang. Apa yang menarik dari tempat wisata di London ini? Pengunjung bisa melihat beberapa air mancur yang dapat menyegarkan mata.

Menurut sejarahnya, tempat wisata ini sudah ada sejak tahun 1800. Selain bersih, lokasi Trafalgar Square sangat mudah untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Wisatawan bisa menaiki angkutan publik berupa bus untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini.

9. Portobello Road Makket, London

Tempat Wisata di London : Portobello Road Makket

Portobello Road Makket adalah pusatnya para penjual barang-barang kuno atau barang antik yang ada di Kota London. Jika anda bukan penghobi barang antik, maka anda bisa melihat lihat saja koleksi barang antik yang ada disini. Bagi yang tertarik untuk mengunjunginya, lokasi tempat ini berada di area Nothing Hill, London.

10. Hamton Court Palace

tempat wisata di Llondon ; Hamton Court Palace
Istana Hamton Court adalah salah satu tempat wisata di London berupa bangunan bersejarah yang berlokasi di Hampton Court, Geater London, Inggris. Berdasarkan sejarahnya, bangunan ini dibangun pada tahun 1515 (sumber;wikipedia). Apa yang menarik dari bangunan ini? Pengunjung dapat melihat-lihat kemegahan bangunan tua klasik dan bersejarah ini. Biaya yang dikeluarkan untuk masuk ke dalam Istana yaitu sebesar 14 Euro, kalau dirupihkan sekitar Rp.190.000. Selain melihat kemegahan bangunan ini, pengunjung juga bisa berkeliling ke kebun yang ada disekitar Istana.

11. Convent Garden, London

Tempat Wisata di London : Convent Garden
Butuh tempat belanja? maka silahkan mengunjungi Covent Garden. Salah satu tempat wisata belanja di London yang wajib anda kunjungi adalah Covent Garden. Apa yang bisa anda beli di tempat ini? barang-barang yang diperjualbelikan disini merupakan barang yang bermerek alis kelas atas, mulai dari perhiasan, sepatu, tas, parfum dan pakaian bisa anda jumpai di Convent Garden.

Selain sebagai tempat wisata belanja di London, Convent Garden juga terkenal akan wisata kulinernya. Anda bisa menikmati makanan yang dipesan di Restoran atau pun kafe pada bagian Hall. Disitu juga anda bisa menikmati hiburan dari para musisi jalanan yang memainkan alat musik klasiknya.

12. Queen Mary's Garden, London

Tempat Wisata di London : Queen Mary's Garden
Tempat wisata terkenal di London selanjutnya adalah taman bunga mawar atau nama aslinya adalah Queen Mary's Garden. Salah satu wisata romantis di London ini lokasinya berada di kawasan Regent Park. Yang menarik dari taman ini adalah anda bisa melihat lebih dari 12 ribu jenis dan bentuk bunga mawar dan salah satu jenis mawar yang istimewa bernama Royal Park Rose.

Butuh waktu yang tepat untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di London ini. Anda bisa melihat mawar yang bermekaran pada saat awal bulan Juni. Salah satu yang membuat pengunjung betah saat berada di tempat menarik wisata di London ini adalah adanya beberapa fasilitas pendukung seperti kafe. Anda bisa menikmati pemandangan indah bunga mawar sambil duduk bersama pasangan anda dari kafe tersebut.
Baca Juga :
  1. 8 Tempat Wisata Terkenal di Belgia
  2. 10 Tempat Wisata Populer di Munich, Jerman
  3. 11 Tempat Wisata Seru di Dubai
  4. 7 Tempat Wisata di Hongkong Wajib Dikunjungi
Demikian informasi mengenai Tempat Wisata Terkenal di London Yang Wajib Dikunjungi. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Share ke teman kamu:

Related : 12 Tempat Wisata Terkenal di London Yang Wajib Dikunjungi