Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

10 Tempat Wisata Terkenal di Munich, Jerman Wajib Dikunjungi

Munchen atau Munich merupakan kota terbesar sekaligus ibu kota negara bagian Bayern di Jerman. Terdapat lebih dari 1,3 juta penduduk yang tinggal dan menetap di kota ini. Kota dengan motto "Weltstadt Mit Herz" yang artinya kota dunia dengan hati ini banyak dikunjungi karena keindahan kota Munich sungguh menarik dan tidak ada duanya. Tempat wisata di Munich terdiri dari wisata alam, kuliner, sejarah dan liburan keluarga bisa wisatawan nikmati di kota ini. Tak heran jika kota Munchen merupakan salah satu tujuan utama wisatawan lokal Jerman maupun turis asing.

Seperti halnya Inggris yang memiliki banyak wisata sejarah berupa benteng maupun bekas istana yang sudah berdiri ratusan tahun, ternyata bangunan seperti ini juga bisa dikunjungi saat berlibur di kota Munich. Penasaran apa saja tempat wisata terkenal di Munich (Muchen) yang menarik untuk di kunjungi? Berikut ini 10 tempat wisata terkenal di Munich yang wajib dikunjungi saat liburan.

10 Tempat Wisata Terkenal di Munich

Munich Residenz

Munich Residenz
Munich Residenz. Pic : https://www.bridge4mobility.com
Tempat wisata terkenal di Munich Jerman pertama adalah Munich Residenz yang merupakan bekas istana kerajaan dari masa raja Wittlesbach di Bavaria Residenz, Jerman. The Residenz adalah istana kerajaan terbesar di Jerman, lokasinya berada di pusat kota Munich, bisa dikunjungi oleh semua orang alias terbuka untuk publik. Pembangunan Munich Residenz pertama kali dilakukan pada tahun 1385 oleh pemerintahan kota Munich. Pembangunan terpaksa dilakukan karena Munich terkena sanksi akibat kekalahan atas pemberontakan yang dilakukan melawan Stephen III tahun 1375 sampai 1413.

Setelah beralih fungsi dari istana kerajaan sebagai tempat yang terbuka untuk publik, banyak wisatawan yang berlibur di Jerman mampir ke obyek wisata ini. Apa saja yang ada di dalam Munich Residenz? Bekas istana ini memiliki 10 halaman dan terdapat 130 ruangan. Kompleks istana dibagi menjadi 3 bagian meliputi Alte desidenz, Koningsbau, dan Festaalbau.

Ruangan yang paling terkenal di Munich Residenz adalah Museum Residenz atau bisa disebut Renaissance Antiqurium. Ruangan seperti aula ini memiliki jendela dengan hiasan lukisan karya Antonio Panzano, Peter Candid dan Hans Thonauer. Museum Residenz berisi pahatan unik, permadani, karya perunggu, lukisan, furnitur dan perselon.

Neuschwanstein Castle

Neuschwanstein Castle
Neuschwanstein Castle. Pic : https://www.munichcitytour.com
Tempat wisata terkenal di Munich selanjutnya adalah Kastil Neuschwanstein dengan arsitektur kontemporer yang indah dan mengagumkan. Kastil Neuschwanstein atau dalam bahasa Inggrisnya New Swanstone Castle merupakan istana peninggalan kebangkitan Romawi yang dibangun pada abad ke 19. Lokasi kastil Neuschwanstein begitu unik, yaitu berada di atas bukit terjal, tepatnya di Desa Hohenschwangau, barat daya Bavaria, Munich, Jerman.

Apa yang menarik dari Neuschwanstein Castle?

Dari aspek budaya, seni dan sains, Neuschwanstein adalah simbol global era Romantisisme. Istana ini pernah digunakan untuk beberapa shuting film terkenal, sebut saja Ludwig II tahun 1955 dan film musikal Chitty Chitty Bang Bang tahun 1968.

Kemudian dari aspek pariwisata, Neuschwanstein castle merupakan salah satu tempat wisata populer di Jerman, khususnya di kota Munich. Lebih dari 1,3 juta pengunjung per tahun datang ke istana ini. Setiap pengunjung yang datang diberikan waktu kunjungan selama 35 menit saja demi alasan keamanan. Di dalam ruangan tidak boleh ada aktivitas fotografi, para wisatawan didampingi dengan tour giude. 

Linderhof Palace

Linderhof Palace
Linderhof Palace. Pic : https://commons.wikimedia.org
Linderhof Palace adalah salah satu istana peninggalan raja Lundwig II yang lokasinya berada di Bavaria barat, Munich, Jerman. Bangunan bersejarah berupa istana ini tidak kalah menarik dengan istana-istana lain yang ada di kota Munich. Yang paling terkenal dari istana Linderhof adalah terdapat taman indah dengan air mancur dan beberapa kamar unik di dalamnya.

Air mancur atau lebih dikenal dengan nama Parterre Air yang ada di depan istana memiliki tinggi sekitar 25 meter. Kemudian di dalam istana terdapat 4 ruangan yang terdiri dari Hall of Miror (ruang tamu yang digunakan raja), ruang pemirsa (ruang penonton, terdapat lemari berwarna ungu dan kuning), Tapestry Chambers Timur dan Barat atau bisa diartikan sebagai ruang permadani, terakhir ada ruang makan yang letaknya berada di sebelah timur istana.

Selain masuk ke dalam istana, pengunjung yang datang bisanya melihat-lihat  taman yang ada di sekitar bangunan. Taman di area istana berbentuk lanskap, luasnya mencapai 125 hektar. Terdapat beberapa bangunan di taman  Linderhof Palace, meliputi : Gurnemanz, Hunding's Hut, Rumah Maroko dan Kios Moor.

Neue Rathaus, Marienplatz 

Neue Rathaus, Marienplatz
Neue Rathaus
Neue Rathaus atau dikenal dengan nama New Town Hall adalah salah satu bangunan yang menjadi Landmak kota Munich, lokasinya berada di Marientplatz (pusat kota). Jika berlibur di Munich, maka tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi ke obyek wisata yang satu ini. Anda bisa masuk ke dalam gedung dan melihat-lihat arsitektur mengagumkan Neue Rathaus.

Di dalam Neue Rathaus, pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner sambil melihat-lihat isi bangunan unik ini. Setelah puas menikmati atraksi di dalam gedung, wisatawan bisa melihat hiburan di luar gedung dari seniman jalanan yang membawakan musik-musik klasik yang enak di dengar.

Berdasarkan sejarahnya, Neus Rathaus merupakan gedung pusat pemerintahan kota Munich, dibangun pada sekitar tahun 1867 sampai 1908. Bangunan ini memiliki ukiran yang unik, arsitekturnya bergaya Gothic Revival. Jika tertarik untuk mengunjungi Neus Rathaus, Anda juga bisa naik ke atas bangunan dan melihat keindahan kota Munich.

Englishcher Garten

Englishcher Garten
Englishcher Garten . Pic : http://www.muenchen.de
Englischer Garten adalah salah satu taman populer seluas 370 hektar yang berada di kota Munich, Jerman. Dengan luas tersebut, taman ini merupakan taman terbesar di Eropa, bahkan di Dunia. Apa yang menarik dari Englischer Garten? Di taman ini terdapat tempat bermain untuk anak-anak, danau bernama Kleinhesseloher, sungai Isar, terdapat juga hutan dengan pohon-pohon kecil dan rimbun. Englischer Garten merupakan tempat wisata di Munich yang wajib dikunjungi wisatawan.

Pengunjung yang datang ke Englischer Garten biasanya melakukan aktivitas seperti bersepeda, jogging, piknik bersama keluarga, bersantai di tepi danau, bermain sepak bola dan berkumpul bersama keluarga. Kapan waktu yang tepat mengunjungi Englischer Garten? Saat yang tepat untuk berlibur ke tempat wisata populer di Munich ini adalah pada akhir bulan September atau pada saat pergantian musim panas ke musim gugur dimana daun-daun yang ada di taman berubah warna dari hijau ke ke kuningan.

Frauenkirche, Munich

Frauenkirche, Munich
Frauenkirch. Pic :hettps://alierturk.deviantart.com
Munich Frauenkriche adalah sebuah gereja yang berada di kota Munich sekaligus simbol ibukota Bavaria. Selain untuk beribadah, Munich Frauenkriche merupakan salah satu tempat wisata di Munich yang banyak di kunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing, pengunjung yang datang bisa menikmati panorama indah dan unik kota munich serta pemandangan pegunungan Alopen dari ketinggian.

Perlu anda ketahui, gereja ini memiliki dua menara kembar setinggi 98 meter. Pengunjung yang datang bisa menaiki menara tersebut untuk melihat-lihat pemandangan kota Munich dari sudut atas. Munich Frauenkriche juga bisa disebut gereja bersejarah, karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 1468 dan merupakan gereja terbesar di Jerman Selatan.

Hal unik lain dari gereja ini adalah adanya ruang bawah tanah yang isinya merupakan makam beberapa tokoh penting, mulai dari Uskup Agung Munich sampai anggota dinasti Wittelsbach.

BMW Museum

BMW Museum
BMW Museum. Pic : https://www.e-architect.co.uk
Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Munich (Munchen) selanjutnya adalah Museum BMW, lokasinya berada di Olymipiapark, kota Munich, tepatnya berdekatan dengan Showroom BMW. Museum BMW tercatat sebagai salah satu dari 3 museum yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kurang lebihnya ada sekitar 250 ribu orang pengunjung tiap tahunnya.

Desain BMW Museum sangat unik, berbentuk setengah lingkaran seperti mangkok, warnanya putih mengkilap atau lebih ke silver. Apa saja koleksinya? Namanya juga Museum BMW, salah satu perusahaan besar dan terkenal di dunia, koleksi terdiri dari beragam koleksi mobil antik atau mobil jadul BMW.

Mobil zaman sekarang juga ada. Koleksi paling menarik dalam museum ini adalah mobil yang ditunggangi oleh juara balap dunia Mille Miglia Rancing yakni BMW  328. Tarif / tiket masuk ke dalam BMW Museum tidak gratis, pengunjung dikenakan biaya sekitar 9 euro.

Nymphenburg Palace

Nymphenburg Palace
Nymphenburg Palace. Pic : http://www.theworldisabook.com
Nymphenburg Palace atau Kastil Nyamph adalah bekas istana yang digunakan oleh raja Bavaria, Wittelsbach, dibangun pada tahu 1664, lokasinya berada di sebelah barat kota Munich. Bangunan istana ini memiliki interior dan dekorasi mewah serta terdapat lukisan dinding plafon halus karya Jogann Baptist Zimmermann.

Seperti istana-istana lainnya di Munich (Munchen), Nymphenburg Palace juga memiliki taman yang luas dan museum menarik. Luas taman mencapai 200 hektar, terdapat bangunan paviliun bernama Pagodenburg, Badenbrug, Apollotemple, Amalienburg dan The Magdalenenklause. Sementara itu, koleksi museum di dalam Nymphenburg Palace terdiri dari Museum manusia, alam dan kereta. Lokasi museum tersebut berada di sayap selatan dan sayap utara bangunan.

St Peter's Church

St Peter's Church
St Peter's Church Munich
St Peter's Church atau Gereja Santo Petrus adalah salah satu gereja katolik tertua yang sudah ada sebelum kota munich berdiri pada tahun 1158. Berdasarkan informasi dari Wikipedia, Gereja ini sudah ada sejak abad ke 8, kemudian pada tahun 1327 terjadi kebakaran besar yang menyebabkan gereja harus di renovasi. Baru pada tahun 1368 St Peter's Church di buka kembali.

Berbeda dengan gereja Frauenkriche yang memiliki 2 menara kembar, St Peter's Church hanya mempunyai 1 menara setinggi 91 meter. Gereja ini memiliki julukan "Alter Peter", St Peter's Church menjadi simbol dari kota Munich dengan sejarah panjangnya di masa lalu. Jika singgah di Munich (Munchen), maka jangan lewatkan mampir ke tempat wisata sejarah ini.

Allianz Arena

Allianz Arena
Allianz Arena. Pic : http://www.gunnerstown.com
Allianz Arena mungkin tidak terdengar asing bagi Anda pecinta sepak bola, khususnya liga-liga top eropa. Stadion megah dan unik ini merupakan markas dari Bayern Munchen dan TSV 1860, lokasinya berada di distrik Frottaning, Munich utara, Jerman. Stadion dengan kapasitas 66 ribu penonton ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Baik untuk menonton pertandingan, maupun hanya sekedar masuk ke dalam stadium atau berfoto selfie di depan stadion.

Perlu anda ketahui, warna stadion bisa berubah-ubah tergantung tim yang sedang bermain di dalamnya. Jika berwarna merah maka tim Bayern Munchen sedang bermain, berwarna putih ketika tim nasional Jerman bermain dan berwarna biru ketika TSV 1860 bermain.

Demikian 10 tempat wisata di kota Munich (Munchen), Jerman yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa baca tempat wisata menarik lainnya. Terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : 10 Tempat Wisata Terkenal di Munich, Jerman Wajib Dikunjungi