Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

12 Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya Dari Dalam dan Luar Negeri Serta Berita Asing

Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya dari dalam dan luar negeri serta berita asing - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Sejarah Kerajaan Sriwijaya mulai dari awal berdiri hingga keruntuhannya. Dalam pembahasan tersebut dijelaskan bahwa Sriwijaya merupakan kerajaan maritim terbesar yang pernah berdiri di Nusantara, tepatnya di Pulau Sumatera. Kerajaan ini berdiri selama kurang lebih 8 abad yakni dari abad ke 7 sampai 15 masehi.

Untuk mengetahui kerajaan ini lebih detail, tentu kita harus mengetahui sumber sejarah kerajaan Sriwijaya. Apa saja sumber sejarah kerajaan Sriwijaya? pertanyaan tersebut mungkin tidak asing kita dengar, karena kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu materi saat pembelajaran sejarah di sekolah. Berikut ini sumber sejarah kerajaan Sriwijaya yang harus kita ketahui.

Sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dibagi menjadi 3. Kategori pertama yaitu sumber dari dalam negeri, kedua sumber dari luar negeri dan yang ketiga yaitu sumber berita dari asing (luar negeri). Dengan mempelajari sumber sejarah kerajaan Sriwijaya tersebut, kita jadi lebih percaya dan paham bahwa kerajaan maritim terbesar yang pernah berdiri di Pulau Sumatera ini benar-benar nyata.

Baca Juga : Kehidupan Politik, Ekonomi dan Agama Kerajaan Sriwijaya
Prasasti Kedukan Bukit Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Prasasti Kedukan Bukit 

Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya Dari Dalam Negeri

Apa itu sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri? sumber sejarah dari dalam negeri maksudnya adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sumber mengenai keberadaan kerajaan Sriwijaya, sumber ini berada di Indonesia. Sumber dari dalam negeri kerajaan Sriwijaya berupa peninggalan-peninggalan yang ada. Berikut ini sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri :

1. Prasasti Kedukan Bukit
Prasasti ini ditemukan di Sumatera Selatan, tepatnya di Kampung Kedukan Bukit, Kelurahan 35 Illir, Kota Palembang. Prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya ini ditemukan di sungai Tatang yang alirannya menuju sungai Musi.


2. Prasasti Kota Kapur
Prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya selanjutnya yaitu prasasti kota kapur. Prasasti ini ditemukan di Dusun bernama Kota Kapur, lokasinya berada di pesisir barat pulau bangka. Tokoh penemu prasasti ini yaitu bernama J.K van der Meulen.

3. Prasasti Talang Tuwo
Prasasti selanjutnya yang merupakan sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri yaitu prasasti talang tuwo. Prasasti ini ditemukan pada tanggal 17 November 1945 di kaki bukit Seguntang. Penemunya bernama Louis Constant Westenek. 

4. Prasasti Karang Birahi
Prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya selanjutnya adalah prasasti karang birahi. Prasasti ini ditemukan oleh L.M Berkhout pada tahun 1904. Lokasinya berada di Dusun Batu, Desa Karang Birahi, Kec. Pemenang, Kab. Merangin, Jambi.

5. Prasasti Palas Pasemah
Prasasti kelima yang merupakan sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri yaitu prasasti palas pasemah. Prasasti ini ditemukan di tepi sungai pisang, Lampung. Baca : Letak Kerajaan Sriwijaya Menurut Para Ahli

6. Prasasti Telaga Batu
Prasasti terakhir yaitu prasasti telaga batu. Prasasti ini ditemukan pada tahun 1935 di sekitar kolam telaga batu, tepatnya di Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, Sumsel.

Itulah 6 prasasti yang merupakan sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri. Prasasti-prasasti tersebut berada di Pulau Sumatera yang merupakan wilayah pusat dari kerajaan Sriwijaya. Mungkin saja masih banyak peninggalan dari dalam negeri yang belum ditemukan, jadi hanya 6 prasasti tersebut yang dapat digunakan untuk sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri.

Sumber Dari Luar Negeri

Apa itu sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari luar negeri? Sumber sejarah dari luar negeri maksudnya segala sumber mengenai kerajaan Sriwijaya yang berhasil di temukan di luar Nusantara (Indonesia saat ini). Setidaknya ada 4 peninggalan sejarah kerajaan Sriwijaya yang dapat dijadikan sumber sejarah kerajaan tersebut. Berikut ini beberapa penemuan sumber dari luar negeri, meliputi 

1. Prasasti Nalanda
Prasasti Nalanda merupakan sebuah prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di India Timur. Prasasti ini berisi mengenai penghargaan kepada raja Balaputradewa yang diberikan oleh raja Dewa Paladewa dari India.

2. Prasasti Ligor
Prasasti selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai sumber sejarah kerajaan Sriwijaya yaitu prasasti ligor. Prasasti ini ditemukan di Thailand, tepatnya daerah Tanah Genting. Isi prasasti ini berisi mengenai keagungan raja Wisnu dan keluarganya.

Baca Juga : Raja Terkenal Kerajaan Sriwijaya

3. Prasasti Leiden
Prasasti ketiga ini merupakan prasasti yang ditemukan di India. Isi prasasti leiden yaitu mengenai peresmian wihara yang merupakan permintaan dari raja Sriwijaya.

4. Prasasti Kanton
Sumber sejarah kerajaan Sriwijaya ke empat yang ditemukan di luar negeri yaitu prasasti kanton. Prasasti ini berangkat tahun 1079 masehi. Ditemukan di Kanton, China. Isinya mengenai bantuan yang diberikan oleh raja Sriwijaya dalam perbaikan kuil di Kanton.
Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya
Prasasti Nalanda

Sumber Dari Berita Asing

Sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari berita asing terdiri dari berita dari Arab dan berita dari China. Berikut ini penjelasannya. 

1. Berita Dari Arab

Sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari berita asing salah satunya berita dari Arab. Berita dari arab merupakan sebuah catatan arab kuno yang ditulis oleh tokoh bernama Al Beruni dan Hordadheh. Dalam catatan tersebut dijelaskan bahwa ditemukan mengenai kemakmuran kerajaan Sriwijaya atau disitu disebut dengan "Zabag". Pada catatan tersebut juga dijelaskan bahwa kerajaan zabag mampu menghasilkan emas yang sangat banyak setiap tahunnya.

Artikel Menarik : 7 Faktor Penyebab Kemunduran Kerajaan Sriwijaya

2. Berita Dari Cina

Sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari berita asing yang ke dua yaitu berita dari China. Informasi mengenai kerajaan Sriwijaya diperoleh dari catatan tokoh pendeta bernama I Tsing. Dalam catatannya, ia menyebutkan bahwa pernah singgah di kerajaan Sriwijaya pada tahun 671 masehi. Ia singgah ke kerajaan Sriwijaya dalam perjalanan menuju India.

Dalam catatan yang dapat dijadikan sumber sejarah kerajaan Sriwijaya tersebut juga dijelaskan mengenai perkembangan kerajaan Sriwijaya yang berkembang pesat menjadi pusat kegiatan agama Budha di Asia Tenggara. Selain menjadi pusat kegiatan agama, kerajaan ini juga maju dalam bidang militer dan pelayarannya.

Baca Juga :
1. Sumber Sejarah Kerajaan Majapahit
2. Sumber Sejarah Kerajaan Tarumanegara
3. Sumber Sejarah Kerajaan Aceh
4. Sumber Sejarah Kerajaan Singasari
5. Sumber Sejarah Kerajaan Pajang

Itulah pembahasan mengenai Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya dari Dalam dan Luar Negeri serta Berita Asing. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa like, share dan baca artikel menarik lainnya mengenai kerajaan-kerajaan di Indonesia. Sekian, kurang lebihnya mohon maaf, terimakasih.

Sumber : Buku Notosusanto, Nugroho, dkk. 1984. Sejarah Nasional Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 12 Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya Dari Dalam dan Luar Negeri Serta Berita Asing