Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Raja Terkenal Kerajaan Sriwijaya

Siapa Raja Terkenal Kerajaan Sriwijaya? 

Berdasarkan sumber sejarahnya baik dari luar maupun dalam negeri, keberadaan Kerajaan Sriwijaya sudah ada sejak tahun 671 Masehi, diketahui dari catatan pendeta Tiongkok bernama I Tsing pada masa Dinasti Tang. Saat itu, I Tsing mengunjungi Sriwijaya selama 6 bulan. Terdapat juga sebuah peninggalan sejarah berupa prasasti berangka tahun 682, yakni Prasasti Kedukkan Bukit. Isinya menceritakan tentang raja bernama Dapunta Hyang.

Apakah Dapunta Hyang merupakan raja terkenal Kerajaan Sriwijaya? Perlu kalian ketahui, berdasarkan isi Prasasti Kedukkan Bukit, ia adalah pendiri kerajaan sekaligus raja pertama. Perlu anda pahami juga, raja terkenal disini maksudnya populer pada masanya, artinya memiliki pengaruh besar terhadap kerajaan dan kehidupan masyarakat.

Raja Terkenal Kerajaan Sriwijaya
Prasasti Nalanda

Raja Terkenal Kerajaan Sriwijaya

Berdasarkan sumber buku "Sejarah Nasional Indonesia Jilid II", dijelaskan bahwa raja terkenal Kerajaan Sriwijaya adalah Balaputeradewa. Ia berkuasa pada tahun 856 masehi, saat itu ibu kota kerajaan berada di Suwarnadwipa. Terkenalnya Balaputradewa karena berhasil membawa Sriwijaya mencapai puncak kejayaan (keemasan).

Kerajaan Sriwijaya berhasil menjadi penguasa tunggal jalur perdagangan di selat-selat strategis yakni selat Malaka dan Sunda. Dengan kekuatan militer armada laut kuat, kerajaan ini menerapkan sistem bea cukai bagi kapal yang singgah atau melintas. Jalur laut di kedua selat ini pun tidak pernah sepi karena dijaga oleh Sriwijaya, sehingga keamanan kapal terjamin.

Balaputeradewa menjadi raja terkenal Kerajaan Sriwijaya juga karena berhasil mengembangkan agama Budha, dan mendirikan kelompok-kelompok pelajar untuk mempelajari Buddhisme. Beberapa peninggalan bercorak Budha dapat kita temukan di Sumatera, seperti Candi Muara Takus dan Candi Bahal.

Selain itu, terdapat peninggalan berwujud prasasti yang berhasil ditemukan di luar Nusantara, yaitu prasasti Nalanda. Lokasinya berada di India, isinya menjelaskan tentang pendirian asrama untuk pelajar-pelajar Sriwijaya yang sedang menuntut ilmu di Nalanda. Masa keemasan ini kemudian semakin meningkatkan pamor Balaputradewa sebagai raja terkenal di Kerajaan Sriwijaya.

Kejayaan Sriwijaya berlangsung pada abad ke 8 sampai ke 9. Asal usul raja Balaputradewa merupakan anak dari Raja Samarattungga yang berkuasa pada tahun 792. Salah satu peran pentingnya yaitu menyelesaikan pembangunan Candi Borobudur pada tahun 824-825 Masehi (Prasasti Karang Tengah).
Nah itulah informasi mengenai raja terkenal kerajaan Sriwijaya bernama Balaputradewa. Semoga bermanfaat.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Raja Terkenal Kerajaan Sriwijaya