Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Sumber Sejarah Kerajaan Majapahit Dari Dalam dan Luar Negeri

Sumber sejarah Kerajaan Majapahit dari dalam dan luar negeri dapat memperkuat kita agar lebih percaya bahwasanya kerajaan tersebut benar-benar pernah ada dan nyata. Pada pembahasan sebelumnya dijelaskan bahwa Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang berdiri pada sekitar tahun 1293 sampai dengan tahun 1500 Masehi. Majapahit memiliki wilayah kekuasaan yang luas, tetapi untuk pusat pemerintahan dan ekonomi berada di daerah Jawa Timur (sekarang).

Kembali ke tema pembahasan yakni sumber sejarah Kerajaan Majapahit dari dalam dan luar negeri, apa itu sumber sejarah? Secara umum, sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud maupun tak berwujud (lisan) yang dapat dimanfaatkan untuk penelitian sejarah. Apa gunanya penelitian sejarah? Ya, untuk membuktikan sejarah di masa lalu. Sumber sejarah Kerajaan Majapahit dibagi menjadi 2, yaitu sumber dari dalam negeri dan sumber sejarah dari luar negeri.
Sumber Sejarah Kerajaan Majapahit
Candi Tikus Sumber Sejarah Kerajaan Majapahit
Sumber sejarah Kerajaan Majapahit dari dalam negeri artinya segala sumber terkait dengan sejarah kerajaan ini berasal dari dalam negeri. Sementara itu, sumber dari luar negeri artinya sumber yang berasal dari luar, sumber ini biasanya berupa berita-berita dari pedagang luar. Lantas, apa saja sumber sejarah Kerajaan Majapahit? Berikut penjelasannya,..

Sumber Sejarah Kerajaan Majapahit

Sumber Dari Dalam Negeri

1. Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

Candi merupakan salah satu sumber sejarah Kerajaan Majapahit yang berwujud dan bisa dibuktikan. Beberapa candi peninggalan Majapahit berhasil ditemukan dan sangat bermanfaat sekali untuk menelusuri lebih dalam terkait dengan sejarah kerajaan tersebut. Candi-candi peninggalan kerajaan Majapahit yaitu : Candi Tikus, Cetho, Sukuh, Bajang Ratu, Wringin Lawang, Jabung, Brahu, Pari, Surawana, Wiringin Branjang.  Untuk lebih jelasnya,,,

Baca : 10 Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit beserta Gambarnya....

2. Prasasti Peninggalan Kerajaan Majapahit

Selain Candi, Prasasti juga merupakan sumber sejarah Kerajaan Majapahit. Beberapa prasasti yang berhasil di temukan yaitu Prasasti Sukamerta, Kudadu, Butok, Balawi, Waringin Pitu, Canggu, Karang Bogem, Biluluk dan Marahi Manuk. Apa itu pengertian Prasasti? Baca disini... Prasasti peninggalan Kerajaan Majapahit berisi mengenai kehidupan kerajaan, raja dan penanda suatu daerah. Sumber sejarah berupa prasasti sangat bermanfaat apabila digunakan dalam penelitian sejarah.

3. Kitab Kerajaan Majapahit

Apa banyak kitab yang dapat dijadikan sebagai sumber sejarah Kerajaan Majapahit. Kitab-kitab peninggalan kerajaan ini merupakan karya para empu pada zaman Majapahit. Kita-kitab tersebut meliputi : Kitab Negarakertagama, Sutasoma, Kunjarakarna, Arjunawiwaha, Prapanca, Sundayana, Panjiwijayakrama, Usana Jawa, Usana Bali, dan Ranggalawe.

4. Babat Majapahit

Apa itu Babat? Secara umum babat merupakan sebuah kisah sejarah yang dibukukan. Beberapa babat yang bisa dijadikan sebagai sumber sejarah kerajaan Majapahit meliputi : Babat Tanah Jawi, Babat Parahyangan dan Serat Sunda. 

5. Kidung 

Sumber sejarah Kerajaan Majapahit dari dalam negeri selanjutnya yaitu Kidung atau syair yang memiliki pesan / makna pada liriknya. Salah satu kidung yang isinya menceritakan kerajaan Majapahit adalah Kidung Harsawijaya. Kidung ini berisi mengenai keruntuhan Kerajaan Singasari, kemudian berdirinya Kerajaan Majapahit yang dipelopori oleh Raden WIjaya. Kidung lain yang dapat dijadikan sumber sejarah kerajaan Majapahit yakni Kidung Sundawana dan Panjiwijayakarma.

Sumber Sejarah Kerajaan Majapahit Dari Luar Negeri

Sumber sejarah Kerajaan Majapahit dari luar negeri yaitu berasal dari berita luar berupa catatan-catatan para pedagang, maupun catatan hubungan diplomasi dengan kerajaan luar. Seperti yang kita ketahui, Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan besar, luasnya sampai ke beberapa wilayah Asia Tenggara (sekarang). Oleh sebab itu, ada beberapa sumber sejarah kerajaan ini berasal dari luar negeri. Sumber-sumber tersebut meliputi :
  • Catatan dari Dinasti Ming (China) tahun 1268 Masehi. Catatan ini mengungkap adanya hubungan diplomasi antara Kekaisaran China dan Kerajaan Majapahit.
  • Catatan dari Dinasti Tang (China) tahun 1292 Masehi. Catatan ini berisi mengenai pengiriman tentara yang dilakukan oleh Kekaisaran China yang bertujuan untuk menghukum raja terakhir dari Kerajaan Singasari yang bernama Kertanegara. Pengiriman tentara tersebut dilakukan karena Kertanegara melecehkan salah satu utusan dari kerajaan tersebut. Baca selengkapnya : Sejarah Kerajaan Singasari...
Demikian pembahasan mengenai Sumber Sejarah Kerajaan Majapahit Dari Dalam dan Luar Negeri. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca semua. Jangan lupa baca artikel sejarah lainnya. Terimakasih.

Baca Juga Artikel berikut ini
1. Biografi Patih Gajah Mada dan Misteri Makamnya
2. Silsilah Raja Kerajaan Majapahit Lengkap
3. Masa Kejayaan Kerajaan Majapahit

Sumber : Prof. Dr. Slamet Muljana. 2012. Menuju Puncak Kemegahan: Sejarah Kerajaan Majapahit. LKiS.

Artikel Kerajaan lain di Nusantara :
1. Sejarah Kerajaan Demak
2. Sejarah Kerajaan Kutai
3. Kerajaan Majapahit Lengkap

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Sumber Sejarah Kerajaan Majapahit Dari Dalam dan Luar Negeri