Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Latar Belakang Berdirinya Organisasi Budi Utomo dan Tujuannya

Rangkuman sejarah latar belakang berdirinya Organisasi Budi Utomo  pada tangga 20 Mei 1908 secara singkat, lengkap dan jelas. Boedi Oetomo merupakan salah satu organisasi pemuda yang didirikan oleh tokoh pendiri bernama Dr Soetomo, pria kelahiran Nganjuk Jawa Timur tanggal 30 Juli 1988. Lalu siapa tokoh pelopornya? Tokoh penggagas didirikannya Organisasi Budi Utomo adalah Dr. Wahidin Soedirohoesodo salah satu pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Sleman, Yogyakarta.

Latar Belakang Berdirinya Organisasi Budi Utomo

Latar Belakang Berdirinya Organisasi Budi Utomo

Faktor penyebab yang melatarbelakangi didirikannya Budi Utomo yaitu mulai menyebarnya paham nasionalis di Indonesia yang kemudian memunculkan beberapa organisasi modern dan lembaga pendidikan yang mengadopsi pemikiran modern berasal dari bangsa Barat.

Pemikiran atau paham-paham baru yang masuk ke Indonesia berasal dari Eropa dan Amerika. Selain nasionalis, paham liberalisme dan demokrasi juga mulai diketahui oleh kalangan terpelajar di Indonesia.

Perkembangan organisasi modern di Indonesia tidak terlepas dari mulai bermunculannya kalangan berpendidikan di Indonesia yang disebabkan karena politik etis (politik balas budi Belanda). Baca: Sejarah Politik Etis

Selain karena munculnya paham-paham baru, beberapa faktor eksternal dari luar yang mengakibatkan perkembangan organisasi di Indonesia lebih modern adalah adanya kongres All Indian National tahun 1885 dan kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905 yang membuat bangsa-bangsa Asia bangkit untuk melawan bangsa barat. Baca juga: Tujuan Kedatangan Belanda ke Indonesia

Tujuan Organisasi Budi Utomo

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Organisasi Budi Utomo didirikan pada tanggal 20 Mei 1908. Lalu, apa tujuan didirikannya BU? Tujuan awal organisasi ini adalah kemajuan di bidang pendidikan dan budaya di Indonesia. Kemudian direalisasikan dengan mendirikan Dana Pelajar (Studiefonds) yang diharapkan dapat membantu para pelajar untuk menempuh pendidikan seperti di lembaga pendidikan STOVIA.

Pada perkembangannya, tujuan Organisasi Budi Utomo kemudian berangsur-angsur masuk ke ranah politik. Direalisasikan dengan menempatkan wakilnya di Dewan Rakyat atau Volksraad yang merupakan dewan perwakilan di Hindia Belanda. Tokoh yang mewakili BU yaitu bernama Mas Ngabehi Dwidjosewojo dan Raden Sastrowidjono.

Apa tujuan BU mengirimkan wakilnya ke Volksraad? Tujuannya adalah mengambil jalan kerjasama dengan pemerintah Hindia Belanda (penguasa Indonesia saat itu) demi tercapainya kemerdekaan. Menariknya Budi Utomo mendorong pemerintah saat itu untuk membentuk milisi bumiputera atau diartikan sebagai wajib militer bagi pribumi.

Kemudian sembilan tahun sebelum Indonesia merdeka, Organisasi Budi Utomo bergabung ke Parindo atau singkatan dari Partai Indonesia Raya. Nah itulah secara singkat rangkuman latar belakang berdirinya Organisasi Budi Utomo. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Share ke teman kamu:

Related : Latar Belakang Berdirinya Organisasi Budi Utomo dan Tujuannya