Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia Rangkuman Lengkap

Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia - Berdasarkan referensi yang ada, Belanda datang ke Indonesia atau Nusantara dimulai pada bulan April 1595. Latar belakang kedatangan ini disebabkan karena putusnya hubungan dagang rempah-rempah Belanda dengan Portugis, sehingga harus mencari daerah rempah-rempah baru. Belanda memulai pelayaran dengan 4 buah kapal yang dipimpin oleh Cornelis De Houtman. Setelah 1 tahun perjalanan kapal-kapal Belanda ini berhasil berlabuh di Nusantara, tepatnya di Banten. Masuknya Belanda ke Nusantara tentunya memiliki tujuan tertentu. Nah, dalam pembahasan kali ini Sumber Sejarah akan mengulas mengenai Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia.

Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia

Berdasarkan sumber yang diperoleh, penulis menyimpulkan beberapa tujuan kedatangan Belanda di Indonesia. Tujuan tersebut meliputi :
  1. Untuk mencari daerah rempah-rempah baru. 
  2. Tujuan atau misi 3G (Gold, Glory, Gospel).
  3. Menguasai Indonesia karena memiliki wilayah yang strategis.
  4. Memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dalam perdagangan (khususnya rempah-rempah).
Tujuan Kedatangan Belanda ke Indonesia
Tujuan utama kedatangan Belanda ke Indonesia adalah untuk mencari rempah-rempah. Sejak masa kerajaan-kerajaan baik Hindu-Budha maupun Islam, Nusantara terkenal dengan daerah penghasil rempah-rempah. Rempah yang dihasilkan antara lain lada, cengkeh, kunyit dan pala. Hasil rempah-rempah ini merupakan komoditas yang sangat dibutuhkan bangsa barat khususnya Belanda. Rempah-rempah tersebut digunakan untuk ramuan penghangat badan maupun sebagai obat-obatan. 

Selanjutnya, Tujuan Kedatangan Belanda yang ke dua adalah misi 3G (Gold, Glory, Gospel). Gold sendiri berarti emas, tetapi maksud dari gold disini adalah untuk mencari kekayaan. Setelah itu tujuan Glory berarti kejayaan, setelah merampas kekayaan Nusantara mereka memperoleh kejayaan. Kemudian Gospel, selain mencari kekayaan dan kejayaan mereka melakukan penyebaran agama terutama nasrani ke daerah kekuasaannya.

Tujuan lain mengenai kedatangan Belanda di Indonesia adalah karena Indonesia memiliki wilayah yang strategis, yakni sebagai jalur perdagangan Internasional antara pedagang-pedagang dari Asia maupun Eropa yang melewati selat malaka maupun pesisir pantai utara Pulau Jawa. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya monopoli perdagangan di Indonesia.

Baca Juga :
Demikian rangkuman mengenai Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Baca juga artikel menarik lainnya, terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia Rangkuman Lengkap

0 Boleh Komentar asal tidak Spam.:

Post a Comment