Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia Rangkuman Lengkap

Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia - Apa yang terlintas dipikiran kalian tentang negara Belanda? Pasti akan mengarah ke masa penjajahan yang dilakukan oleh negara tersebut pada masa itu. Benar kan? sebenarnya ada beberapa hal yang menarik dari negara Belanda, pertama banyak sekali orang keturunan Indonesia yang berasal dari Belanda, hal ini tidak lepas dari sejarah panjang antara kedua bangsa. Hal menarik lain dari Belanda adalah tempat wisatanya. Banyak tempat wisata di Belanda yang terkenal sampai ke penjuru dunia, salah satunya Desa Kinderdjik yang terkenal dengan 1000 kincir anginnya.

Bagi kalian yang suka wisata atau liburan maka berkunjung ke negeri yang pernah menjajah Indonesia selama berpuluh tahun mungkin sangat menarik dan seru. Perlu anda ketahui, Belanda merupakan negara dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional. Lokasi negara ini dikelilingi oleh laut dan dua negara. Bagian barat dan utara berbatasan langsung dengan laut, sementara bagian selatan berbatasan dengan Belgia, sebelah timur dengan Jerman. Kembali pembahasan mengenai apa sebenarnya tujuan kedatangan Belanda ke Indonesia?

Berdasarkan referensi dari buku-buku masa penjajahan Belanda contohnya Buku SNI (Sejarah Nasional Indonesia Jilid 4, disitu dijelaskan bahwa Belanda datang ke Indonesia atau Nusantara ternyata dimulai pada bulan April 1595. Latar belakang kedatangan Belanda disebabkan karena putusnya hubungan dagang rempah-rempah Belanda dengan bangsa Portugis, sehingga harus mencari daerah rempah-rempah baru, maka nusantara lah yang menjadi target utama. Baca Selengkapnya..
Punya rencana liburan ke luar negeri? Baca artikel berikut ini :
Belanda memulai pelayaran dengan 4 buah kapal yang dipimpin oleh Cornelis De Houtman. Setelah 1 tahun perjalanan, kapal-kapal Belanda kemudian berhasil berlabuh di Nusantara, mereka berhasil mendarat di tepi pantai di Banten. Masuknya Belanda ke Nusantara tentunya memiliki tujuan tertentu. Nah, untuk itu pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia.
Tujuan Kedatangan Belanda ke Indonesia
Apa manfaat kita untuk mengetahui tujuan kedatangan Belanda ke Indonesia? Selain untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang sejarah kelam Indonesia di masa lalu. Disisi lain kita bisa mengetahui daya tarik Indonesia atau Nusantara di masa lalu ternyata sudah diketahui oleh bangsa-bangsa Eropa. Khususnya mengenai keberadaan rempah-rempah yang begitu melimpah.

Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber yang diperoleh, penulis menyimpulkan beberapa tujuan kedatangan Belanda di Indonesia. Berikut ini tujuan tersebut :

Tujuan utama kedatangan Belanda ke Indonesia adalah untuk mencari rempah-rempah. Sejak masa kerajaan-kerajaan baik Hindu-Budha maupun Islam, Nusantara terkenal dengan daerah penghasil rempah-rempah. Rempah yang dihasilkan antara lain lada, cengkeh, kunyit dan pala. Hasil rempah-rempah ini merupakan komoditas yang sangat dibutuhkan bangsa barat khususnya Belanda. Rempah-rempah tersebut digunakan untuk ramuan penghangat badan maupun sebagai obat-obatan. 

Selanjutnya, Tujuan Kedatangan Belanda yang ke dua adalah misi 3G (Gold, Glory, Gospel). Gold sendiri berarti emas, tetapi maksud dari gold disini adalah untuk mencari kekayaan. Setelah itu tujuan Glory berarti kejayaan, setelah merampas kekayaan Nusantara mereka memperoleh kejayaan. Kemudian Gospel, selain mencari kekayaan dan kejayaan mereka melakukan penyebaran agama terutama nasrani ke daerah kekuasaannya.

Berikut ini tujuan lain kedatangan Belanda ke Indonesia...

Tujuan lain mengenai kedatangan Belanda di Indonesia adalah karena Indonesia memiliki wilayah yang strategis, yakni sebagai jalur perdagangan Internasional antara pedagang-pedagang dari Asia maupun Eropa yang melewati selat malaka maupun pesisir pantai utara Pulau Jawa. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya monopoli perdagangan di Indonesia.

Masuknya Belanda ke Indonesia

Jalur laut masuknya kapal Belanda ke Indonesia atau Nusantara (dulu) yang dipimpin oleh Cornelis De Houtman yaitu melewati rute Belanda-Pantai Barat Afrika-Tanjung Harapan-Samudra Hindia-Selat Sunda-Banten. Itulah jalur laut kedatangan Belanda ke Nusantara yang harus dilewati oleh 4 Kapal Belanda tersebut.

Perlu kalian pahami bahwa pada abad ke 17 sampai abad ke 18, penjajahan yang berlangsung di Nusantara dilakukan oleh VOC (kongsi dagang Belanda), bukan penjajahan secara langsung oleh pemerintah Belanda terhadap wilayah Nusantara. Penjajahan yang dilakukan oleh VOC sangat merugikan kerajaan-kerajaan besar saat itu, hal ini karena VOC melakukan monopoli perdagangan.

Baca Juga, biar lebih paham :

Dimasa kini, Indonesia masih menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang berasal dari Belanda. Masa lalu yang begitu kelam ternyata tidak mempengaruhi kedatangan turis-turis tersebut untuk berlibur di Indonesia, khususnya di Pulau Bali. Seperti yang kita ketahui, Pulau Bali merupakan tujuan utama turis asing yang berlibur di Indonesia. Di Bali, para wisatawan bisa menikmati berbagai tempat wisata yang tidak akan pernah ditemukan di daerah lain di Dunia. Penasaran apa saja tempat wisata di Bali yang sering dikunjungi oleh orang-orang Belanda di Bali?

Berdasarkan informasi yang didapat penulis, jumlah wisatawan dari Belanda yang datang ke Indonesia untuk berlibur yaitu sebanyak 153.000 orang. Jumlah wisatawan tersebut cukup banyak  dibanding negara-negara Eropa lainnya. Faktor lainnya adalah jumlah penduduk Belanda sangat sedikit bila dibandingkan dengan Indonesia, jumlahnya hanya 16,9 juta.

Kesimpulan :

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan kedatangan Belanda ke Indonesia meliputi :
  1. Untuk mencari daerah rempah-rempah baru. 
  2. Tujuan atau misi 3G (Gold, Glory, Gospel).
  3. Menguasai Indonesia karena memiliki wilayah yang strategis.
  4. Memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dalam perdagangan (khususnya rempah-rempah).
Baca Juga Artikel Terkait:
Demikian rangkuman mengenai Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa like dan share pembahasan ini supaya teman kalian bisa membacanya juga. Baca juga artikel menarik lainnya, terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia Rangkuman Lengkap