Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Alasan Mata Pencaharian Negara di Asia Tenggara Bidang Pertanian

Jelaskan mengapa mata pencaharian sebagian besar negara Asia Tenggara lebih banyak dalam bidang pertanian? Setelah sebelumnya kita membahas soal mengenai contoh bentang darat dan air di Asia Tenggara, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang alasan penduduk di Asia Tenggara sebagian besar bekerja sebagai petani atau di bidang agraris.

Mata Pencaharian Negara di Asia Tenggara Bidang Pertanian

Mata Pencaharian Negara di Asia Tenggara dalam Bidang Pertanian

Berdasarkan data yang ada, diperkirakan bahwa kurang lebih sekitar 50 % penduduk di negara Asia Tenggara bermata pencaharian sebagai petani. Beberapa faktor penyebabnya antara lain meliputi :
  1. Asia Tenggara memiliki iklim tropis, sehingga selalu disinari oleh matahari sepanjang tahun. Hal ini tentu sangat cocok bagi masyarakat untuk bekerja sebagai petani.
  2. Selain karena iklimnya, sebagian besar negara di Asia Tenggara memiliki kondisi tanah yang subur, sehingga sangat mendukung untuk bertani.
  3. Ketersediaan air sangat melimpah. Kawasan Asia Tenggara dialiri oleh banyak sungai-sungai besar. Sehingga ketersediaan air melimpah dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian.
Nah itulah beberapa alasan mengapa penduduk di negara-negara Asia Tenggara lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani. Semoga ulasan singkat diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Baca juga beberapa informasi seputar Asia Tenggara berikut ini :

Share ke teman kamu:

Related : Alasan Mata Pencaharian Negara di Asia Tenggara Bidang Pertanian