Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Contoh Bentang Darat dan Air di Kawasan Asia Tenggara

Berikan contoh bentang darat dan bentang air di kawasan Asia Tenggara! Pertanyaan tersebut merupakan salah satu soal yang sering keluar pada pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) kelas VIII. Nah untuk itu, marilah kita sama-sama mempelajari apa saja contoh bentang darat dan air di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN. 

Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan di Benua Asia. Di kawasan ini terdapat 11 negara, meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar, Laos, Vietnam, dan Timor Leste.
Contoh Bentang Darat dan Air di Kawasan Asia Tenggara
Puncak Jayawijaya (Papua, Indonesia)

Contoh Bentang Darat dan Air di Kawasan Asia Tenggara

Bentang alam di kawasan Asia Tenggara meliputi kenampakan alami berupa bentang darat dan bentang air. Contoh bentang darat di kawasan Asia Tenggara meliputi gunung, pegunungan, dataran rendah dan lembah. Sedangkan contoh bentang air di kawasan Asia Tenggara meliputi sungai, danau, laut, selat, teluk dan samudera.

Bentang alam berkaitan dengan sumber daya alam. Yang termasuk SDM di kawasan Asia Tenggara terdiri dari letak, hutan, tanah, bahan tambang dan juga sumber air. Kemudian unsur-unsur sosial di Asia Tenggara terdiri dari bentang budaya, mata pencaharian dan kependudukan.

Berikan Contoh Bentang Darat dan Bentang Air di Asia Tenggara

Setelah mengetahui contoh bentang darat dan air, berikut ini rincian masing-masing dari yang sudah disebutkan diatas.

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara : Gunung Hkakabo Razi (Myanmar), Gunung Gamlang Razi (Myanmar), Puncak Jayawijaya (Indonesia), Puncak Mandala (Indonesia), Puncak Trikora (Indonesia), Gunung Kinabalu (Malaysia), Gunung Kerinci (Indonesia), dan Gunung Phonnyin Razi (Myanmar).

Lembah di Asia Tenggara : Beberapa lembah di Asia Tenggara contohnya seperti Lembah Sungai Irrawady, Lembah Sungai Chao Phraya, Lembah Sungai Mahakam, dan Lembah Sungai Mekhong.

Pegunungan di Asia Tenggara : Pegunungan yang cukup populer di Asia Tenggara seperti Pegunungan Muller di Indonesia, Pegunungan Bilauktaung di Thailand, Pegunungan Annam di Vietnam, Pegunungan Bintan di Malaysia, dan Pegunungan Gajah di Kamboja.


Sungai Terpanjang di Asia Tenggara : Sungai Mekong, Sungai Thanlwin, Sungai Irrawaddy, Sungai Chindwin, Sungai Kapuas, Sungai Mahakam, Sungai Fly, Sungai Barito, dan Sungai BatangHari.

Danau Terluas di Asia Tenggara : Beberapa danau terbesar dan terluas di Asia Tenggara meliputi Danau Taal, Danau Matano, Danau Toba, Danau Tonle Sap, dan Danau Gunung 7.

Laut di Asia Tenggara : Laut Filipina, Laut Jawa, Laut China Selatan, Laut Sulawesi, Laut Samudra Hindia, Laut Seram, Laut Arafuru, Laut Bali, Laut Timor, Laut Banda dan Laut Jawa.

Nah demikian pembahasan mengenai Contoh Bentang Darat dan Bentang Air di Kawasan Asia Tenggara secara lengkap. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Sekian terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Contoh Bentang Darat dan Air di Kawasan Asia Tenggara