Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Sumber Daya Alam di Kawasan Asia Tenggara dan Potensinya

Jelaskan potensi sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara? Wilayah Asia Tenggara mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya setra kepulauan yang tersebar di sekitarnya. Di kutip dari wikipedia, Asia Tenggara memiliki luas wilayah sekitar 4.500.000 km2 sementara jumlah penduduknya mencapai lebih dari 600 juta jiwa. Dengan luas tersebut, kawasan Asia Tenggara memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah.

Terdapat 11 negara di kawasan Asia Tenggara, sebagian besar negara-negara tersebut tergabung dalam organisasi ASEAN. Bentang alam di Asia Tenggara sangat bervariasi, yaitu meliputi gunung, pegunungan, dataran rendah, dataran tinggi, lembah dan bukit. Adapun kawasan Asia Tenggara mempunyai berbagai sumber daya alam yang berupa letak yang strategis, barang tambang, hutan, dan tanah. Berikut ini penjelasannya.
Sumber Daya Alam Asia Tenggara
Baca Juga :
1. Profil Negara-Negara di Asia Tenggara
2. Letak Astronomis dan Geografis Asia Tenggara

Sumber Daya Alam Asia Tenggara

1. Potensi Letak Asia Tenggara yang Strategis
Asia Tenggara terletak diantara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia sehingga merupakan jalur pelayaran yang ramai melalui Selat Malaka, Selat Sunda, Selat Bali, dan Selat Lombok. Kawasan Asia Tenggara juga menjadi penghubung antara negara di Asia Barat, Afrika dan Asia Selatan, dengan negara-negara Asia Timur, Australia, dan Selandia Baru.

Singapura merupakan negara transit terpenting bagi kegiatan ekspor impor dan merupakan tempat persinggahan kapal-kapal besar untuk mengisi bahan bakar, bahan makanan, perbengkelan dan sebagai tempat perbaikan (docking) kapal yang rusak.

2. Potensi Besar Penghasil Barang Tambang
Negara-negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai potensi besar sebagai penghasil barang tambang, antara lain : timah,, bouksit (Indonesia dan Malaysia), minyak bumi dan gas alam (Brunei Darussalam), emas dan perak (filipina), timah (Thailand), batu bara (Vietnam), gas alam (Myanmar), dan biji besi (Kamboja).

Sebagian besar bangan tambang yang dihasilkan di kawasan Asia Tenggara digunakan sebagai bahan baku industri-industri besar di Asia Tenggara.


3. Potensi Sumber Daya Hutan
Sumber daya hutan hampir tersebar merata di kawasan Asia Tenggara, seperti di Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, kecuali Singapura. Hutan-hutan di kawasan Asia Tenggara diambil hasil hutannya.

Contohnya seperti kayu, rotan, getah kayu, bambu, fauna, selain itu dimanfaatkan untuk suaka alam, cagar alam, rekreasi dan berfungsi sebagai paru-paru dunia, serta berperan sebagai penyimpan air (reservoir).

4. Potensi Laut di Asia Tenggara
Laut di kawasan Asia Tenggara mempunyai potensi sebagai sumber daya alam yaitu sebagai sumber utama air hujan, sumber barang tambang, bahan baku pembuatan garam, transportasi yang murah dan diambil hasil lautnya seperti : ikan, rumput laut, kerang, kepiting dan lain-lain.

5. Sumber Daya Tanah
Sumber daya tanah yang terdapat di kawasan Asia Tenggara adalah bentukan dari proses endogen dan eksogen, sekaligus melalui proses erosi, pelapukan, dan sedimentasi. Sebagian besar tanah yang terdapat di kawasan Asia Tenggara merupakan tanah-tanah subur karena berasal dari batuan vulkanik yang berasal dari gunung berapi, sehingga dimanfaatkan untuk pertanian, sedangkan tanah-tanah yang kurang subur antara lain : tanah kapur dan tanah gambut.


6. Sumber Daya Iklim
Sumber daya iklim di kawasan Asia Tenggara mendukung berkembangnya tanaman padi, sehingga negara-negara di kawasan Asia Tenggara dikenal sebagai penghasil padi, antara lain : Vietnam, Thailand, dan Myanmar.

Selain itu, di kawasan Asia Tenggara juga terkenal dengan lahan perkebunannya, antara lain kelapa sawit (Malaysia dan Indonesia), karet (Thailand, Malaysia dan Indonesia).

Berikut ini persebaran sumber daya mineral di kawasan Asia Tenggara :
  1. Biji Besi : Myanmar, Thailand, Filipina
  2. Emas : Filipina, Malaysia
  3. Bouksit : Malaysia
  4. Nikel : Indonesia, Filipina
  5. Batu Permata : Myanmar'
  6. Wolfrom : Myanmar, Thailand
  7. Kuprum : Malaysia, Indonesia, Filipina
  8. Kromium : Filipina
  9. Garam Batu : Thailand
  10. Timah : Malaysia, Indonesia.
Artikel Terkait :
Demikian pembahasan singkat mengenai Sumber Daya Alam di Kawasan Asia Tenggara dan Potensinya, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif seputar benua-benua atau negara-negara di dunia. Terima kasih.

Share ke teman kamu:

Related : Sumber Daya Alam di Kawasan Asia Tenggara dan Potensinya