Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Zaman Neozoikum dan Ciri-Cirinya [Lengkap]

Apa yang dimaksud dengan zaman neozoikum? sebutkan ciri-cirinya? Kedua pertanyaan tersebut merupakan rumusan masalah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini beserta beberapa materi tambahan seperti pembagian zaman neozoikum. Dengan membaca dan memahami ulasan ini diharapkan kalian dapat menjelaskan pengertian zaman neozoikum dan menyebutkan ciri-ciri zaman neozoikum secara lengkap.

Dalam ilmu geologi, periode kehidupan di bumi dibagi beberapa masa, meliputi masa proterozoikum (kehidupan awal), paleozoikum (perubahan geologi, iklim dan evolusi), mesozoikum (zaman reptil) dan yang terakhir adalah zaman neozoikum, atau sekarang lebih sering disebut oleh ilmuwan sebagai periode kenozoikum (cenozoic dalam bahasa Inggris).

Dari penjelasan tersebut dapat kita analisis bahwasanya zaman neozoikum merupakan masa keempat, berlangsung setelah masa mesozoikum atau lazim disebut sebagai zaman reptil besar seperti dinosaurus. Langsung saja mari kita sama-sama mempelajari tentang pengertian zaman neozoikum dan ciri-cirinya dibawah ini. Simak selengkapnya.

Zaman Neozoikum

Pengertian Zaman Neozoikum 

Pengertian zaman neozoikum secara umum adalah periode geologi saat ini, yang diawali dari punahnya dinosaurus 65 juta tahun yang lalu. Pada saat ini mahluk hidup yang dominan yaitu mamalia dan tanaman bunga. Masa neozoikum diawali dengan dampak pasca jatuhnya meteor pada 65 juta tahun di semenanjung Yucatan, Mexico, tepatnya di tepi laut Karibia. Peristiwa ini menyebabkan punahnya hewan yang dominan pada masa ini, yaitu reptil besar seperti dinosaurus, mosasautus dan pterosaurus.

Punahnya hewan-hewan ini membuka kesempatan berkembangnya hewan baru, yakni mamalia. Tempat di ekosistem yang awal mulanya dihuni dinosaurus pada akhirnya perlahan-lahan didiami mamalia. Hewan mamalia mengalami perkembangan jumlah spesies secara pesat. Mamalia kemudian mendominasi kehidupan di darat, laut dan juga di udara. Jenis-jenis mamalia menjadi beragam dari mulai mamalia laut, kelelawar, hewan memamah biak, karnivora (mamalia pemangsa), dsb. 

Mamalia besar yang sempat hidup di masa ini yaitu badak berbulu, paracetarium, mamoth dan sebagainya. Pada zaman neozoikum ini manusia mulai tumbuh dan berkembang. Tidak hanya mamalia, makhluk hidup yang mulai berkembang pesat di masa ini ialah tanaman bunga dan rerumputan. Sebelumnya, pada masa mesozoikum, tanaman yang dominan merupakan tanaman paku dan tanaman pinus atau cemara. Selanjutnya pada zaman neozoikum, tanaman bunga mulai dominan. 

Zaman Neozoikum disebut juga dengan zaman Kenozoikum atau Senozoikum. Istilah Kenozoikum berasal dari bahasa Yunani, yakni kainos yang artinya "baru" dan zoe yang berarti "kehidupan". Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian zaman neozoikum atau kenozoikum adalah zaman kehidupan baru. Definisi yang lebih lengkap, zaman neozoikum merupakan masa bumi baru di mana keadaan bumi telah lebih baik karena bumi sudah terbentuk secara keseluruhan. 

Di zaman Neozoikum inilah cikal bakal manusia mulai muncul dan mengalami perubahan dan perkembangan secara cepat. Hal inilah sebab kenapa zaman neozoikum dikatakan sebagai zaman kehidupan baru. Berdasarkan ilmu geologi, zaman neozoikum adalah periode paling akhir dari tiga masa klasik geologi yang telah disebutkan di atas. Masa ini berlangsung mulai sejak periode Mesozoikum berakhir yang ditandai dengan kepunahan massal dinosaurus di akhir periode kapur atau kurang lebih sekitar 65 juta tahun silam.

Artikel Terkait :

Pembagian Zaman Neozoikum 

Beberapa pakar geologi seringkali membagi zaman neozoikum ke dalam dua masa, yakni zaman tersier dan zaman kuarter. Kedua zaman ini juga dibagi lagi dalam beberapa masa atau periode yang berbeda. Berikut penjelasannya :

1. Zaman Tersier 

Zaman tersier merupakan masa kehidupan ke-3 yang dialami oleh bumi. Pada periode ini, kehidupan di bumi dihuni oleh hewan-hewan menyusui contohnya seperti kera dan monyet. Di periode ini bintang reptil raksasa telah punah sehingga hewan mamalia dapat berkembang dengan pesat. Zaman tersier terdiri dari empat periode yaitu Eosen, Oligosen, Miosen dan Plioesen. Pada zaman tersier tenaga endogen terjadi di bumi yang kemudian menjadi gunung-gunung api seperti sekarang ini.

2. Zaman Kuarter

Zaman kuarter adalah zaman kehidupan keempat. Di periode ini manusia mulai muncul dan berkembang. Zaman kuarter dibagi menjadi dua periode yaitu Pleistosen dan Holosen. Pada masa pleistosen suhu bumi mengalami penurunan sehingga es di kutub-kutub dan pegunungan semakin meluas. Mengakibatkan permukaan air laut turun, sehingga beberapa pulau terbentuk. Masa ini sering disebut sebagai periode glasial.

Kedua, masa holosen berlangsung 20ribu tahun yang lalu. Periode ini suhu bumi mengalami peningkatan sehingga lapisan es di kutub-kutub dan pegunungan mulai mencair. Kemudian menyebabkan sebagian besar pulau-pulau yang terbentuk pada periode sebelumnya tenggelam dikarenakan naiknya permukaan air laut. Pada periode ini mulai munculnya manusia Homo Sapiens atau manusia cerdas. Baca selengkapnya : Zaman Tersier dan Kuarter [Lengkap]

Ciri-Ciri Zaman Neozoikum

Setelah memahami definisi pengertian zaman neozoikum pada penjelasan diatas, jika kalian belum paham apa saja ciri-ciri zaman neozoikum, berikut ini telah kami rangkum beberapa ciri-cirinya, antara lain :
  1. Punahnya reptil besar dinosaurus akibat jatuhnya meteor dalam sekala besar. 
  2. Masa puncak kehidupan hewan mamalia di bumi 
  3. Dimulai pada 65 juta tahun yang lalu 
  4. Periode di mana manusia memulai kehidupan di bumi 
  5. Migrasi Hewan menyesuaikan dengan kondisi iklim 
  6. Kemunculan hewan menyusui, contohnya giganthropus (gorila berukuran besar) 
  7. Munculnya manusia modern, yaitu Homo Sapiens 
  8. Kondisi alam masih liar dan labil, lantaran seringkali terjadi aktivitas tektonik dan vulkanik 
  9. Terjadinya zaman es pada kala pleistosen
Baca juga :

Tulah penjelasan secara lengkap dan jelas, mengenai pengertian zaman neosoikum dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Baca juga pengertian zaman lainnya. Terimakasih

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Pengertian Zaman Neozoikum dan Ciri-Cirinya [Lengkap]