Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Zaman Arkaekum : Ciri-Ciri dan Gambarnya

Apa pengertian zaman Arkaikum? bagaimana ciri-ciri kehidupannya, dan apakah zaman ini sudah ada manusia yang hidup di bumi? Pertanyaan tersebut akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Arkaekum merupakan tahap awal pembabagan zaman berdasarkan geologi, pada perkembangan selanjutnya ada zaman-zaman lain seperti Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum.

Keempat zaman diatas, termasuk zaman Akrkaekum tentu memiliki ciri-ciri dan karakteristik berbeda dari satu dengan yang lainnya. Perbedaan juga dapat kita ketahui dari kapan waktu berlangsungnya zaman tersebut, di mana terjadi pada puluhan bahkan ribuan jutaan tahun yang lalu. Mari kita kupas bersama-sama pembahasan berikut ini.

Pengertian Zaman Arkaekum dan Ciri-Cirinya

Zaman Arkaekum bisa disebut juga Arkaezoikum (masa kehidupan purba) atau Arkaen. Pengertian zaman Arkaekum adalah masa awal pembentukan batuan kerak bumi, berlangsung sekitar 2500 juta tahun lalu, masa ini merupakan zaman tertua. Pembentukan batuan kerak bumi kemudian berkembang menjadi protokontinen.
Zaman Arkaekum
Gambar zaman Arkaekum (Ilustrasi). Sumber : http://deswal.ru
Batuan kerak bumi yang dibentuk disebut dengan perisai benua dan kraton, batuan ini juga ditemukan di beberapa bagian bumi. Terbentuk setelah terjadi pendinginan di tepi balon bumi. Pada masa ini lempeng tektonik dan plate tectonic mulai terbentuk, lempeng-lempeng tersebut merupakan salah satu penyebab adanya gempa bumi.

Keadaan bumi pada zaman Arkaekum masih sangat panas, mirip dengan kehidupan di mata air panas. Hal ini disebabkan karena atmosfer dan indrosfer baru dibentuk. Pada tahap ini, baru ada kehidupan bakteri dan ganggang yang merupakan mikro organisma, hidup di dalam samudra (bisa dibilang kehidupan primitif). Peninggalan zaman Arkaekum yang berhasil ditemukan berupa fosil Cyanobacteria dan Stromatolit, ini adalah fosil tertua. Berdasarkan hasil penelitian dan riset, diketahui berumur kira-kira 3500 juta tahun lalu.

Baca Juga : Contoh Akulturasi Kebudayaan Hindu Budha dan Nusantara

Ciri Ciri Zaman Arkaekum

Jika kalian belum paham terkait dengan penjelasan diatas, berikut ini kesimpulan ciri-ciri zaman Arkaekum, meliputi :
  1. Berlangsung sekitar 2500 juta tahun lalu.
  2. Belum ada kehidupan manusia.
  3. Bentuk bumi masih berupa bola gas dengan suhu sangat panas.
  4. Mahluk yang bisa hidup berupa bakteri dan ganggang.
Nah itulah sedikit gambaran zaman Arkaekum, semoga bermanfaat. Terima kasih.
Rekomendasi Artikel untuk Anda, Baca Juga :

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Zaman Arkaekum : Ciri-Ciri dan Gambarnya