Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Soal dan Kunci Jawaban Makhluk Hidup dan Lingkungannya di TVRI

Soal pembahasan dan kunci jawaban materi makhluk hidup dan lingkungannya, belajar dari rumah di TVRI untuk siswa siswi SD kelas 4 5 dan 6 yang tayang pada hari selasa 21 April 2020. Jika kamu belum melihat video pembelajaran ini, bisa cek link streaming x-sains tentang makhluk hidup dan lingkungannya.

Pada rangkuman materi tvri belajar dari rumah kali ini, sub pembahasan materi yang ditayangkan meliputi pengertian rantai makanan, hubungan interaksi dalam jaring-jaring makanan, dan hubungan antara makhluk hidup dalam suatu ekosistem.

Ada satu soal pertanyaan pada tiap sub materi tersebut, apakah kamu sudah mencoba untuk menjawabnya? Atau bahkan tidak tau soalnya? Berikut ini soal dan kunci jawaban materi SD kelas 4-6 di TVRI hari selasa 21 April 2020. Simak selengkapnya :

1. Jumlah organisme A, B, C, D dan E yang membentuk rantai makanan di suatu komunitas ditunjukkan oleh grafik berikut!

Soal dan Kunci Jawaban Makhluk Hidup dan Lingkungannya SD Kelas 4-6 di TVRI

Gambarlah rantai makanan dengan urutan yang tepat berdasarkan data yang ditampilkan grafik diatas! Jelaskan bagaimana membentuk rantai makanan tersebut!

Pembahasan :

Dalam keadaan seimbang, jumlah produsen tentunya harus paling banyak dibandingkan dengan yang lainnya. Kemudian diikuti oleh konsumen tingkat I, II, III dan seterusnya. Sehingga untuk menjawab pertanyaan tersebut urutan yang tepat untuk membentuk suatu rantai makanan adalah sebagai berikut :

kunci jawaban soal tvri rantai makanan

Mulai dari jumlah dan jenis organisme terbanyak : B, A, D, E dan C

2. Fatir sedang mengerjakan soal pekerjaan rumah tentang rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Berikut ini adalah bagan dari jaring makanan yang ditampilkan salah satu soalnya :

soal jumlah organisme omnivora tvri

Pada jaring-jaring makanan tersebut, berapakah jumlah organisme omnivora?

Berikut ini pembahasan jawabannya :

Jika dimulai dari produsen F, maka jumlah omnivora adalah 2. Yaitu H dan L. Karena H memakan F dan G, L mekakan F, H dan M.

3. Di suatu ekosistem, ada berapa ekor hewan A yang suka memangsa hewan B. Sementara hewan D menjadi mangsa hewan C. Daun sawi berlubang-lubang karena dimakan hewan D. Pada saat tertentu, seekor hewan E mengitari tempat tersebut untuk memangsa A. Hewan C juga adalah makanan favorit hewan A. Hewan B menjadi pemakan produsen.

Berikut ini yang merupakan bagan jaring-jaring makanan berdasarkan ilustrasi diatas adalah...

soal bagan jaring-jaring makanan di tvri

Jawaban :

Produsen : Daun Sawi = Daun Sawi dimakan B dan D, sedangkan D dimakan oleh C, kemudian C dan D dimakan oleh A, namun A bukan konsumen tingkat akhir karena A dimakan oleh E.

Dari penjelasan tersebut kita dapat mencocokkan dengan pilihan yang sesuai yaitu pilihan C. Dan dapat disimpulkan terbentuklah jaring-jaring makanan dengan dua rantai makanan pada ekosistem tersebut.

Itulah soal beserta pembahasan dan kunci jawaban x-sains Makhluk Hidup dan Lingkunganya, rangkuman materi SD kelas 4-6 belajar dari rumah di TVRI (Televisi Republik Indonesia). Selain tiga soal tersebut, masih banyak contoh soal lainnya.

Seperti apa yang dimaksud rantai makanan dan jaring-jaring makanan? bagaimana hubungan interaksi yang terjadi dalam jaring-jaring makanan? Apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan? sebutkan hubungan interaksi makhluk hidup dalam suatu habitat yang mendiami ekosistem? buka kunci jawabannya disini : Rangkuman Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya.

Share ke teman kamu:

Related : Soal dan Kunci Jawaban Makhluk Hidup dan Lingkungannya di TVRI