Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Rangkuman Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya | SD di TVRI

Rangkuman materi makhluk hidup dan lingkungannya, belajar dari rumah di TVRI untuk siswa siswi SD kelas 4, 5 dan 6 yang tayang pada hari selasa tanggal 21 April 2020 09.00 - 09.30 lengkap beserta contoh soal pembahasan dan kunci jawabannya.

Materi tentang tayang x-sains tentang makhluk hidup dan lingkungannya ini dapat kamu saksikan di TVRI (Televisi Republik Indonesia). Selain itu, kamu juga bisa melihat video pembelajaran secara online di situs resmi tvri dan vidio.com.

Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Rangkuman Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya SD di TVRI

Rantai dan Jaring-Jaring Makanan : Tikus memakan padi, ular memangsa tikus, Ular dimangsa Elang, Elang mati dan diuraikan oleh organisme pengurai.

Tugas rantai makanan pada suatu ekosistem adalah menempatkan pilihan hewan-hewan kedalam kotak-kotak agar menjadi susunan rantai makanan yang tepat. Komponen apa saja yang terdapat pada rantai makanan?

Simak pembahasan yang disampaikan oleh pak Herman berikut ini.

Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan adalah peristiwa perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya. Dalam rantai makanan ada makhluk yang berperan sebagai produsen, konsumen dan pengurai (dekomposer). Jadi dengan kata lain, rantai makanan adalah proses transfer energi.

Contohnya padi dimakan oleh tikus, tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh elang, elang mati akan diuraikan. Nah dari beberapa rantai makanan itu berkumpul membentuk suatu jaring-jaring makanan. 

Bagaimana? Sudah paham kan? Berikut ini contoh soalnya :

Jumlah organisme A, B, C, D dan E yang membentuk rantai makanan disuatu komunitas ditunjukan oleh grafik berikut!

Gambarlah rantai makanan dengan urutan yang tepat berdasarkan data yang ditampilkan grafik diatas! Jelaskan bagaimana membentuk rantai makanan tersebut!

Cek jawabannya DISINI.

Hubungan Interaksi dalam Jaring-Jaring Makanan

Menjelaskan interaksi dalam jaring-jaring makanan, bagaimana hubungan interaksi yang terjadi dalam jaring-jaring makanan? Berikut ini hubungannya :

1. Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari, prosesnya dinamakan fotosintesis atau makhluk hidup yang mampu mengubah zat anorganik menjadi zat organik (organisme autotrof) / dapat membuat makanannya sendiri. Contoh Produsen adalah hutan

2. Konsumen Tingkat 1

Komponen pada konsumen tingkat satu ini diisi oleh binatang, biasanya adalah binatang herbivora yang memakan organisme autotrof yang tropiknya rendah. Karena termasuk dalam kelas heterotrof, maka konsumen tingkat 1 ini tidak dapat membuat makanannya sendiri dan bergantung pada produsen. Contoh binatang herbivora yang ada di hutan adalah Rusa.

3. Konsumen Tingkat 2 atau tingkat berikutnya

Yaitu adalah organisme yang menduduki tingkat tropik ketiga disebut sebagai konsumen sekunder. Diduduki oleh hewan pemakan daging atau Karnivora. Contoh dari organisme ini adalah Srigala, Harimau, Ular, Elang, dan masih banyak lagi.

Posisi dari konsumen tingkat 2, 3 dan tingkat seterusnya bukanlah akhir dari jaring-jaring makanan. Sebab ketika nanti mati tubuhnya akan diuraikan menjadi mikro organisme yang akhirnya akan diserap oleh tanah

4. Pengurai

Organisme ini bertugas menguraikan tubuh hewan yang sudah mati menjadi zat yang dibutuhkan oleh tanah. Fungsi dari komponen ini sangat berharga bagi kesuburan tanah. Proses rantai makanan akan berulang dimana unsur yang telah diuraikan tersebut akan dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk membuat makanan melalui proses fotosintesis.

Contoh dari pengurai adalah jamur, bakteri, dan hewan kecil seperti cacing tanah atau belatung juga termasuk kedalam pengurai.

Soal dan pembahasannya :

Fatir sedang mengerjakan soal pekerjaan rumah tentang rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Berikut ini adalah bagan dari jaring makanan yang ditampilkan salah satu soalnya. Pada jaring-jaring makanan tersebut, berapakah jumlah organisme omnivora?

Cek kunci jawabannya DISINI.

Hubungan Antara Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan? Rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan, sehingga jaring-jaring makanan akan menimbulkan banyak sekali rantai makanan yang terhubung antara satu sama lain.

Bagaimana hubungan makhluk hidup di dalam ekosistem? Ekosistem adalah hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dan lingkungannya. 

Mari Membuat Miniatur Ekosistem

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan :

1. Kardus/Styrofoam
2. Gunting dan Lem
3. Sepidol Berwarna
4. Miniatur hewan buatan
5. Miniatur tumbuhan buatan
6. Miniatur kayu dan batu buatan

Langkah-Langkah Membuatnya :

1. Pertama, tentukan ekosistem yang akan dibuat
2. Kemudian susun lah sekreatif mungkin
3. Berikutnya susun lah miniatur hewan dan tumbuhan yang mendiami miniatur tersebut

Sebelum kita masuk ke tahapan meletakkan ornamen hewan dan tumbuhannya, kalian harus tahu terlebih dahulu bagaimana hubungan interaksi makhluk hidup dalam suatu habitat yang mendiami ekosistem. Barulah langkah selanjutnya, pastikan disana terjadi hubungan yang seimbang dalam interaksi yang kita buat.

Berikut ini hubungannya :

1. Hubungan Mutualisme

Hubungan mutualisme adalah bentuk hubungan antar makhluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain. Contohnya adalah bunga dengan kupu-kupu. Mengapa bunga dan kupu-kupu disebut saling menguntungkan? Karena kupu-kupu membantu penyerbukan bunga, sedangkan bunga menyediakan nektar dan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh kupu-kupu.

2. Hubungan Parasitisme

Parasitisme adalah bentuk hubungan yang merugikan yang dialami oleh salah satu organisme makhluk hidup, sedangkan yang lain diuntungkan. Contohnya adalah benalu dan tumbuhan inangnya. 

Benalu dapat mengganggu keberlangsungan hidup inangnya, bahkan dapat mengakibatkan inangnya mati. Hal ini disebabkan karena benalu tumbuh dan berkembang dengan mengambil zat-zat makanan yang bersumber pada inang. Sehingga tumbuhan inang tersebut akan kekurangan nutrisi pada pertumbuhannya.

3. Hubungan Komensalisme

Komenalisme merupakan hubungan antar organisme, salah satu diuntungkan namun yang lainnya tidak dirugikan dan tidak pula diuntungkan. Contohnya ikan remora kecil yang menempel pada ikan hiu.

Bagaimana sih hubungan antara remora kecil dan ikan hiu? Ikan remora akan selalu mengikuti dan berlindung dibawah tubuh ikan hiu. Sehingga ia akan mendapatkan keuntungan berupa perlindungan dan makanan yang berasal dari sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Sedangkan dari pihak ikan hiu tidak mendapatkan kerugian dan keuntungan apapun dari perilaku ikan remora tersebut.

Soal dan pembahasannya :

Di suatu ekosistem, ada berapa ekor hewan A yang suka memangsa hewan B. Sementara hewan D menjadi mangsa hewan C. Daun sawi berlubang-lubang karena dimakan hewan D. Pada saat tertentu, seekor hewan E mengitari tempat tersebut untuk memangsa A. Hewan C juga adalah makanan favorit hewan A. Hewan B menjadi pemakan produsen. Berikut ini yang merupakan bagan jaring-jaring makanan berdasarkan ilustrasi diatas adalah...

Cek gambar soal dan kunci jawabannya disini : Kunci Jawaban Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Nah itulah rangkuman lengkap materi makhluk hidup dan lingkungannya, untuk SD kelas 4, 5 dan 6 belajar dari rumah di TVRI yang tayang pada hari selasa 21 April 2020. Belum lihat video pembelajarannya? Selengkapnya : Link Streaming TVRI Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Share ke teman kamu:

Related : Rangkuman Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya | SD di TVRI