Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

3 Contoh Interaksi Keruangan di Wilayah Indonesia

Sebutkan atau buatkan contoh interaksi keruangan di wilayah Indonesia? Pertanyaan tersebut merupakan salah satu soal materi ruang dan interaksi ruang pada mata pelajaran IPS Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII. Jika Anda sedang mencari contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia, berikut ini akan kita bahas secara singkat dan jelas.

Contoh Interaksi Keruangan di Wilayah Indonesia

Contoh Interaksi Keruangan di Wilayah Indonesia

Ruang, sudahkan kalian membaca materi pada bab pertama berkaitan dengan pengertian ruang? Jika belum silahkan baca terlebih dahulu disini (Pengertian Ruang). Secara umum, ruang merupakan tempat di permukaan bumi yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal.

Setiap ruang di permukaan bumi memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda antara wilayah satu dengan yang lainnya. Akibat adanya perbedaan tersebut, maka terjadilah interaksi antarruang.

Nah, berikut ini telah kami rangkum beberapa contoh keruangan yang terjadi di wilayah Indonesia. Diantaranya meliputi :
  1. Wilayah Pantai di selatan Pulau Jawa merupakan daerah penghasil ikan, sedangkan wilayah Pegunungan di Pulau Jawa Merupakan penghasil sayur-sayuran. Wilayah Pantai membutuhkan sayur-sayuran, sedangkan wilayah Pegunungan membutuhkan ikan. Maka terjadilah interaksi wilayah Pantai dan Pegunungan di Pulau Jawa melalui perdagangan.
  2. Wilayah perkebunan di Sumatera merupakan penghasil buah-buahan, sedangkan wilayah pedesaan di Sumatera merupakan penghasil bahan makanan terutama padi. Wilayah perkebunan membutuhkan padi, sedangkan wilayah pedesaan membutuhkan buah-buahan. Maka terjadilah interaksi antara wilayah perkebunan buah dan pedesaan penghasil padi melalui aktivitas perdagangan.
  3. Interaksi dalam bentuk pergerakan manusia seperti seorang anak muda dari desa pergi ke kota untuk bekerja demi memenuhi kehidupannya dan kehidupan keluarga.
Nah itulah beberapa contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayah Indonesia. Semoga rangkuman materi secara singkat diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Kurang lebihnya kami mohon maaf, dan baca juga materi-materi lainnya. Terimakasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 3 Contoh Interaksi Keruangan di Wilayah Indonesia