Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Ruang Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Jelaskan apa yang dimaksud dengan ruang? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari materi IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) kelas VII, yakni berkaitan dengan pengertian ruang dan interaksi antar ruang. Selain pengertian secara umum, beberapa pendapat para ahli terkait dengan apa itu "ruang" akan kami bahas secara singkat pada ulasan berikut ini. Langsung saja simak selengkapnya. Baca: Contoh Interaksi Keruangan di Wilayah Indonesia

Pengertian Ruang Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Ruang

Setiap makhluk hidup di bumi sudah barang tentu memerlukan ruang untuk melangsungkan kehidupannya. Artinya, jika tidak ada ruang maka makhluk hidup tidak dapat melangsungkan kehidupannya.

Secara umum, pengertian ruang adalah tempat di permukaan bumi. Baik itu secara keseluruhan ataupun hanya sebagian yang digunakan untuk melangsungkan kehidupan atau untuk tinggal. Tidak hanya sebatas udara, ruang mencakup lapisan atmosfer terbawah bumi.

Selain lapisan atmosfer, ruang juga mencakup perairan dan lapisan tanah serta batuan yang ada di permukaan bumi. Intinya, yang dapat dijadikan sumber daya kehidupan makhluk hidup.

Setiap ruang di permukaan bumi memiliki ciri khas tertentu berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Dapat dikatakan tidak ada satu wilayah yang memiliki karakteristik ruang yang sama. 

Perbedaan karakteristik tersebut kemudian memunculkan apa yang namanya "interaksi antar ruang". Setiap ruang menciptakan keterkaitan antarruang di permukaan bumi.

Pengertian Ruang Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian ruang secara umum, berikut ini beberapa pendapat para ahli terkait dengan pengertian ruang. Antara lain :

1. Menurut Newton

Ruang adalah suatu kuantitas mutlak yang ada tanpa memperhatikan keberadaan dan distribusi matei dalam semesta.

2. Menurut Samidi

Pengertian ruang adalah tempat bagi komponen-komponen lingkungan hidup dalam melakukan setiap proses, yakni saling mempengaruhi, saling ketergantungan, dan saling berhubungan.

3. Menurut Ayadinata (1992)

Ruang merupakan seluruh permukaan bumi yang terdiri dari lapisan biosfer, tempat hidup tumbuh-tumbuhan, manusia dan hewan.

Nah demikianlah rangkuman materi tentang Pengertian Ruang Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Semoga pembahasan singkat diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Sekian, terimakasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Pengertian Ruang Secara Umum dan Menurut Para Ahli