Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Tujuan Jepang Memberi Janji Kemerdekaan Kepada Bangsa Indonesia

Jelaskan apa alasan tujuan Jepang memberi janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia di kemudian hari? Pertanyaan tersebut merupakan fokus utama pada pembahasan kali ini dan akan kami jawab secara jelas. Saat terlibat konflik dengan negara-negara sekutu, Jepang berhasil menghancurkan pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour. Namun dalam perencanaannya, Jepang tidak menyangka bahwa AS dapat bangkit dengan cepat setelah serangan besar-besaran di pangkalan angkatan laut tersebut. 


Dalam usahanya menguasai Australia, Jepang terpukul dalam pertempuran laut Karang pada tanggal 7 Mei 1942. Satu persatu pulau-pulau di Australia dan di Jepang dapat dikuasai kembali oleh pihak sekutu. Pada bulan April 1944 Sekutu telah mendarat di Irian Barat yang kemudian mengakibatkan kedudukan Jepang di Indonesia menjadi terancam.
Tujuan Jepang Memberi Janji Kemerdekaan
Wikipedia : Attack on Pearl Harbor
Nah, inilah alasan mengapa Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Hal ini karena untuk memikat rakyat Indonesia karena keadaan semakin mendesak. Apalagi setelah jatuhnya pulau Saipan dan gugusan pulau di Marina berhasil dikuasai oleh pihak sekutu pada bulan Juli 1944.

Tujuan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan

Agar supaya rakyat Indonesia makin bersedia membantu Jepang dengan segala pengorbanannya, maka Perdana Menteri Koiso pada tanggal 7 September 1944 mengucapkan pidato di muka parlemen Jepang yang antara lain menjanjikan pemberian kemerdekaan kepada India Timur (Indonesia) "di kemudian hari". Pidato inilah yang dikenal sebagai "Koiso Declaration".

Jelas bahwa janji tersebut kabur sekali, dan pelaksanannya pun lambat. Mengapa terjadi kelambatan? jika dibandingkan dengan Filipina dan Burma yang masing-masing pada tanggal 1 Agustus 1943 telah diberi kemerdekaan oleh Jepang. Alasan pertama karena pemimpin-pemimpin Indonesia belum mengadakan perjanjian apapun sebelumnya tentang perumusan pemberian kemerdekaan.


Kedua, berhubungan dengan hal pertama Jepang terpaksa menimbang-nimbang pelaksanannya dalam waktu yang lama. Ketiga, baru pada tanggal 1 Maret 1945 diumumkan rencana pembentukan BPUPKI (Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai) atau singkatan dari Badan Penyelidikan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Namun dalam penyusunannya memakan waktu lama, karena terjadi tawar menawar antara pihak-pihak Indonesia dan Jepang.

Alasan keempat yaitu jatuhnya Kabinet Koiso pada tanggal 5 April yang kemudian digantikan oleh Kabinet Suzuki. Kabinet yang baru ternyata tidak segera mengambil alih tanggungjawab pelaksanaan kabinet Kaiso. BPUPKI diketuai oleh Dr. Rajiman Wedyodiningrat. Tugas-tugas BPUPKI adalah mempelajari dan menyusun rencana pembangunan politik atau pemerintahan Indonesia Merdeka.

Kesimpulan :

Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa tujuan mengapa Jepang memberikan janji kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah untuk memikat atau menarik simpati rakyat agar mau membantu Jepang dalam perang melawan pihak Sekutu. Hal ini karena posisi Jepang saat itu sudah semakin terdesak setelah beberapa pulau penting dapat kuasai oleh sekutu.

Baca Juga :

Demikian pembahasan mengenai Tujuan Jepang Memberi Janji Kemerdekaan Kepada Bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar masa-masa pendudukan Jepang di Indonesia. Terimakasih.

Sumber Referensi :
  • Drs. G. Moedjanto, M.A. 1988. Indonesia Abad ke 20 I : Dari Kebangkitan Nasional Sampai Linggarjati. Yogyakarta : Kanisius

Share ke teman kamu:

Related : Tujuan Jepang Memberi Janji Kemerdekaan Kepada Bangsa Indonesia