Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Hasil Sidang PPKI 1, 2, 3 (Lengkap dan Singkat)

Apa saja hasil sidang PPKI pada tanggal 18, 19 dan 22 Agustus 1945 secara lengkap beserta sejarah berdirinya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia merupakan tema yang akan kita bahas pada artikel kali ini secara singkat dan jelas. Dari namanya tersebut sudah jelas bahwa tugas PPKI adalah untuk menyiapkan kemerdekaan Indonesia. Sejarah berdirinya PPKI atau dalam bahasa jepang disebut Dokuritsu Junbi Inkai berhasil mengadakan sidang sebanyak 3 kali. Sidang pertama PPKI berlangsung pada tanggal 18 Agustus 1945, sidang ke dua pada 19 Agustus 1945 dan sidang ke tiga dilaksanakan tanggal 22 Agustus 1945.

Nah mungkin kalian sedang mencari jawaban atas beberapa pertanyaan seperti kapan PPKI didirikan? Siapa saja anggota PPKI? Apa tujuan berdirinya PPKI? Sebutkan hasil sidang PPKI tanggal 18, 19, 22 Agustus 1945 secara lengkap? berikut akan kami ulas, secara ringkas.

Hasil Sidang PPKI 18 Agustus 1945

Apa saja hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945? Pada sidang pertama ini, menghasilkan 3 keputusan penting, antara lain :
  • Keputusan pertama :  Mengesahkan UUD (Undang-Undang Dasar) 1945
  • Keputusan kedua : Memilih presiden dan wakil presiden. Jabatan presiden dipilih Ir Soekarno, sementara wakilnya yakni Drs. Mohammad Hatta. Pemilihan kedua tokoh ini merupakan usulan dari Otto Iskandardinata.
  • Keputusan ketiga : Pembentukan Komite Nasional. Tugas komite ini yaitu untuk membantu Presiden sebelum DPR dan MPR terbentuk.
Dari hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 dapat disimpulkan bahwa, sidang tersebut hanya menghasilkan keputusan-keputusan antara lain mengesahkan UUD 45, memilih Presiden dan Wakil Presiden dan pembentukan Komite Nasional untuk membantu Presiden.

Sidang PPKI 19 Agustus 1945

Apa saja hasil sidang PPKI pada tanggal 19 Agustus 1945? Berikut ini hasil keputusan-keputusan sidang ke dua PPKI, meliputi :
  • Keputusan pertama : Pembagian wilayah di Indonesia. Wilayah Indonesia terdiri dari delapan provinsi, yaitu : Sumatera, Jawatim, Jateng, Jabar Sunda Kecil, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan.
  • Keputusan kedua : Pembentukan Komite Nasional di tingkat daerah-daerah.
  • Keputusan ketiga : Membentuk dan menetapkan 12 departemen dan menetapkan menterinyaDepartemen Kesehatan, Departemen Luar Negeri, Departemen Dalam Negeri, Departemen Kemakmuran, Departemen Keuangan, Departemen Kehakiman, Departemen Pengajaran, Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Perhubungan, Departemen Sosial, Departemen Keamanan Rakyat, Departemen Penerangan.
Dari hasil sidang PPKI pada tanggal 19 Agustus 1945 atau sidang kedua, dapat disimpulkan bahwa menghasilkan 3 keputusan meliputi pembagian wilayah Indonesia yang baru merdeka, pembentukan komite di tingkat daerah, dan membentuk departemen-departemen berjumlah 16.

Sidang PPKI ke-3 22 Agustus 1945

Apa saja hasil sidang PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945? Berikut ini keputusan atau hasil sidang ke 3 PPKI, meliputi :
  • Keputusan pertama : Pembentukan Komite Nasional 
  • Keputusan kedua : Membentuk PNI (Partai Nasionalis Indonesia) yang diketuai oleh Ir.Soekarno. Pembentukan PNI pada awalnya ditujukan sebagai satu-satunya partai di Indonesia dengan tujuan untuk mewujudkan negara Republik Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan kedaulatan rakyat.
  • Keputusan ketiga : Pembentukan BKR atau singkatan dari Badan Keamanan Rakyat.

Sejarah Berdirinya PPKI

Berdirinya PPKI merupakan lanjutan dari badan yang sebelumnya telah terbentuk yakni BPUPKI atau singkatan dari (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Artinya BPUPKI berdiri sebelum PPKI, tepatnya didirikan pada 1 Maret 1945. Tanggal berdirinya BPUPKI tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Jepang bernama Hirohito.

Mengapa BPUPKI dibubarkan dan diganti PPKI? Kapan BPUPKI dibubarkan? BPUPKI dibubarkan karena dianggap telah menyelesaikan tugasnya dengan baik, tugas yang telah dilakukan yaitu menyusun rancangan UUD (Undang-Undang Dasar) bagi Indonesia merdeka. Ada juga yang berpendapat bahwa pembubaran BPUPKI karena alasan terlalu cepat dalam keputusan terkait dengan kemerdekaan Republik Indonesia. BPUPKI akhirnya dibubarkan pada tanggal 7 Agustus, kemudian Jepang membentuk badan baru bernama PPKI.

Berdirinya PPKI diresmikan pada tanggal 9 Agustus 1945 di Dalat, Saigon oleh Jendral Terauchi selaku panglima armada Jepang untuk Asia Tenggara. Ir. Soekarno kemudian dipercaya untuk menjadi ketuanya.

Anggota Badan PPKI

Pada awal pembentukan, PPKI memiliki anggota berjumlah 21 orang meliputi 12 dari Jawa, 3 dari Sumatera 2 Sulawesi, 1 Kalimantan, 1 Nusa Tenggara, 1 orang golongan Tionghoa dan 1 orang dari Maluku. Tetapi kemudian susunan keanggotaan PPKI ditambah 6 orang tanpa diketahui oleh pemerintah Jepang. Anggota yang ditambahkan antara lain bernama Sayuti Melik (anggota), Iwa Kusumasumantri  (anggota), Kasman Singodimejo (anggota), Ki Hajar Dewantara (anggota) dan Achmad Soebardjo sebagai penasehat.

Hasil Sidang PPKI dan Sejarah Berdirinya Lengkap
Hasil Sidang PPKI
Setelah beberapa hari dibentuk, PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) langsung mengadakan sidang. Seperti penjelasan di atas, PPKI berhasil mengadakan sidang sebanyak 3 kali. Sidang PPKI dilangsungkan pada tanggal 18,19 dan 20 Agustus 1945.

Tujuan dibentuknya PPKI

Secara umum, tujuan dibentuknya PPKI adalah untuk melanjutkan tugas yang telah dilakukan oleh bada sebelumnya, yakni BPUPKI dalam upaya untuk mempersiapkan kemerdekaan Republik Indonesia. Selain masalah tentang kemerdekaan, pembentukan PKI juga bertujuan untuk membentuk tatanan atau struktur sebuah negara.

Itulah pembahasan Hasil Sidang PPKI pada Tanggal 18, 19 dan 22 Agustus 1945 beserta sejarah berdirinya PPKI secara lengkap dan singkat. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Baca juga artikel terkait dengan sejarah kemerdekaan Indonesia berikut ini. Terimakasih

Artikel Terkait Sejarah Kemerdekaan Indonesia :

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Hasil Sidang PPKI 1, 2, 3 (Lengkap dan Singkat)