Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Keadaan Iklim Negara Thailand dan Penjelasannya

Bagaimana kondisi iklim negara Thailand? Bagi kalian yang mempunyai rencana berlibur atau menetap di Thailand, tentu harus mengetahui kondisi cuaca dan beberapa hal wajib yang harus anda ketahui. Contohnya seperti adat istiadat, kondisi sosial dan budaya. Sebagai tamu/pendatang, kita tentunya harus sopan dan santun kepada masyarakat disana. Faktor adaptasi iklim juga mempengaruhi kenyamanan kita saat tinggal di negeri orang. 

Keadaan iklim negara Thailand apakah sama dengan di Indonesia? Iklim tentu berkaitan dengan cuaca. Berdasarkan letak wilayah, Indonesia dan Thailand masih sama-sama berada di kawasan Asia Tenggara. Namun, kondisi iklim tidak hanya ditentukan berdasarkan letaknya saja. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.
iklim negara Thailand

Iklim Negara Thailand

Iklim negara Thailand adalah  tropis dan subtropis. Musim di Thailand dibagi menjadi tiga, yaitu musim panas, dingin dan hujan. Cuaca di Thailand umumnya lembab dan panas di setiap tahun. Umumnya, wilayah Thailand sebelah Utara lebih dingin dari sebelah Selatan.

Berikut ini musim (cuaca) di negara Thailand berdasarkan periode musimnya :
  • Musim Panas : Terjadi pada bulan Maret hingga Mei
  • Musim Dingin : Terjadi pada bulan November hingga Februari
  • Musim Hujan : Terjadi di wilayah pedalaman Thailand antara bulan Mei hingga November.
Jika melihat keadaan alamnya, di wilayah Thailand terdapat pegunungan luas yang terletak di bagian utara. Terdapat juga daerah tandus di timur laut. Sementara itu, dataran subur berada di wilayah tengah yang dialiri oleh sungai Caho Phraya.

Baca Juga Artikel Terkait :
Demikian pembahasan singkat terkait dengan Keadaan Iklim Negara Thailand dan Penjelasannya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca. Sekian, terimakasih dan jangan lupa baca artikel informatif dan menarik lainnya.

Share ke teman kamu:

Related : Keadaan Iklim Negara Thailand dan Penjelasannya