Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

4 Agama di Negara Thailand

Agama di Thailand - Muang Thai (Kerajaan Thai) atau sering dijuluki negeri Gajah Putih merupakan salah satu negara di Asia Tenggara berbatasan langsung dengan Kamboja, Malaysia, Laos dan Myanmar. Mayoritas agama di Thailand tentu saja berbeda dengan di Indonesia yang merupakan negara dengan penganut agama Islam terbanyak di dunia. Namun perlu anda ketahui, di negara Thailand juga terdapat beberapa orang yang menganut agama Islam, namun bisa dikatakan sangat sedikit.
Agama di Thailand

Setidaknya ada 4 agama di Thailand yang dianut oleh masyarakatnya. Thailand memiliki 76 provinsi, kemudian dikelompokkan menjadi 5 provinsi, dari banyaknya provinsi tersebut terdapat 795 distrik dan 81 sub distrik. Jumlah penduduk Thailand di tahun 2018 diperkirakan mencapai sekitar 67.200.824 jiwa (CIA World Factbook). Sementara itu, mayoritas agama yang dianut oleh masyarakat Thailand adalah Buddha.

Agama di Thailand

Sama seperti di Indonesia, agama di Thailand sangat beragam. Tidak ada peraturan atau ketentuan tertentu, kebebasan beragama diberlakukan bagi seluruh rakyat Thailand.Agama Buddha di Thailand mencapai sekitar 93,95 % dari total jumlah penduduk. Sisanya penganut agama Islam 4,18 %, Kristen 1.68 %, Hindu 0.19 % dan sisanya tanpa agama.

Baca Juga

Dikutip dari wikipedia, penganut agama Buddha mencapai 63.620.298 Jiwa, Islam sebanyak 2.892.614 jiwa, Kristen 787.589 jiwa, Hindu sebanyak 22.111 jiwa dan sisanya tanpa agama. Dari data tersebut dapat kita ketahui bahwa agama di Thailand mayoritas Buddha, sebagian besar beraliran Theravada.

Dengan mayoritas beragama buddha, apabila anda berkunjung ke Thailand maka akan menjumpai banyak sekali Wihara-wihara dengan stupa emas mirip yang ada di Laos dan Kamboja. Baca : Suku Bangsa di Thailand

Thailand merupakan salah satu negara tujuan wisatawan Indonesia sebagai alternatif tempat wisata di Singapura, Malaysia maupun di Australia. Selain itu, banyak juga pelajar-pelajar di Indonesia yang menuntut ilmu di negeri gajah putih tersebut.

Thailand juga terkenal dengan film-filmnya yang menarik, lucu, romantis, dan edukatif. Banyak orang-orang Indonesia yang gemar menonton film Thailand, selain kualitas gambarnya lumayan bagus, bahasa yang digunakan juga cukup unik dan lucu apabila didengar.
Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat mengenai 4 Agama di Negara Thailand, semoga bermanfaat bagi anda. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian terimakasih. 

Share ke teman kamu:

Related : 4 Agama di Negara Thailand