Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Bentuk Pemerintahan Thailand

Bentuk Pemerintahan Thailand - Negeri Gajah Putih dan Negara 1000 kuil merupakan julukan yang disandang oleh Thailand. Salah satu negara berkembang di Asia Tenggara dan anggota organisasi ASEAN (Association of Southheast Asia Nation) sama seperti Republik Indonesia. Negara Thailand memiliki obyek wisata menarik, sehingga banyak dikunjungi oleh turis-turis asal Indonesia. Contoh tempat wisata favorit di Thailand seperti Taman Suan Nong Nooch, peninggalan sejarah The Grand Palace, daerah resort Koh Phi Phi, Taman Nasional Khao Yai, Kota Bersejarah Ayutthaya, Kota Tua Sukhothai dan masih banyak lagi.
Bentuk Pemerintahan Thailand
Raja Thailand : Vajiralongkorn
Negara Thailand memiliki luas wilayah sekitar 513.120 km2, jumlah penduduknya mencapai sekitar 67 juta jiwa. Bahasa resmi yang digunakan yaitu "Thai", mata uang resmi yang digunakan bernama Bath. Negara berkembang ini memiliki PDB total sekitar $712 triliun (2015). Thailand pernah memiliki rata-rata pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia yakni sebesar 9% dari tahun 1985 hingga 1995.
Rekomendasi Artikel : Profil Lengkap Negara Thailand
Bentuk pemerintahan Thailand berbeda dengan Indonesia yang menganut sistem pemerintahan Republik Konstitusional dengan Presiden sebagai kepala pemerintahan (negara). Nah, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bentuk pemerintahan negara Thailand. Berikut ini penjelasannya.

Bentuk Pemerintahan Thailand

Setiap negara merdeka tentu memiliki bentuk pemerintahan yang dianut dan diterapkan di negaranya. Bentuk pemerintahan Thailand adalah Monarki Konstitusional, sementara sistem pemerintahannya parlementer. Kepala negara dipegang oleh kekuasaan raja, sementara kepala pemerintahannya dipegang oleh Perdana Menteri. Ada pembagian kewenangan yang jelas antara legislatif, eksekutif dan yudikatif dalam sistem monarki konstitusional di Thailand.

Fungsi legislatif melalui parlemen, eksekutif kabinet, dan yudukatif melalui peradilan. Menteri yang dibentuk dalam kabinet dilantik dan diangkat oleh Monarki. Raja Thailand sekarang ini bernama raja Vajiralongkorn (Rama X), ia secara resmi menggantikan raja sebelumnya pada tanggal 13 Oktober 2016. Vajiralongkorn merupakan putra raja sebelumnya bernama raja Bhumibol Adulyadej Agung (Rama IX).
Baca Juga :
Beberapa raja lain yang pernah berkuasa di Thailand yaitu Ananda Mahidol (Rama VIII), Prajadjipok (Rama VII), Vajiravudh (Rama VI), Chilalongkorn yang Agung (Rama IV), Mongkut (Rama IV), Nangklao (Rama III) dan masih banyak lagi. 

Mayoritas penduduk Thailand beragama Budha dengan aliran Theravada, sementara agama minoritas lainnya yaitu agama Islam, Kristen dan Hindu. Kemudian dibidang ekonomi, sektor pariwisata merupakan andalan dari negara ini selain dibidang industri dan pertanian.


Dikutip dari wikipedia, Thailand merupakan negara pengekspor produk pertanian terbesar di dunia. Perlu anda ketahui, 60% PDB (Produk Domestik Bruto) Thailand berasal dari ekspor dibidang komoditas pertanian.
Artikel Terkait :
Demikian pembahasan mengenai Bentuk Pemerintahan Thailand, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Bentuk Pemerintahan Thailand