Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Pengertian Sumber Sejarah

Pengertian sumber sejarah secara umum adalah peninggalan yang berasal dari masa lalu yang dapat dijadikan bukti untuk kepentingan penelitian sejarah di masa sekarang. Artinya adanya sumber sejarah sangat dibutuhkan oleh para ahli sejarah untuk membuktikan kebenaran sejarah yang berlangsung di masa lampau. 

Sumber sejarah dibagi menjadi tiga jenis, yakni tertulis, lisan dan dalam bentuk benda. Sumber tertulis bisa berupa catatan/tulisan di dalam sebuah prasasti, naskah, dokumen, babad, piagam dan surat kabar. Sumber lisan merupakan keterangan yang bersumber dari pelaku sejarah di masa lalu atau diperoleh melalui perantara dari pelaku utama. Sementara itu, sumber benda adalah benda-benda peninggalan sejarah seperti candi, prasasti, patung, arca, dan lain-lain.
Pengertian Sumber Sejarah
Sumber sejarah dalam bentuk benda berupa Candi.
Jika pengertian sumber sejarah secara umum diatas sulit dipahami dan dirasa kurang jelas, berikut ini beberapa pengertian menurut beberapa ahli. 

Pengertian Sumber Sejarah

  • Sumber Sejarah Menurut Muhammad Yamin : Sumber sejarah adalah kumpulan benda kebudayaan yang dapat membuktikan sejarah.
  • Sumber sejarah Menurut Muhammad Ali : Sumber sejarah merupakan segala sesuatu yang berwujud atau tidak berwujud yang dapat digunakan untuk penelitian sejarah.
  • Sumber Sejarah Menurut Gozalba : Sumber sejarah adalah warisan sejarah berbentuk visual, tertulis dan lisan.
Itulah beberapa pengertian sumber sejarah, baik secara umum maupun menurut beberapa ahli. Nah, kemudian mengenai pembagian sumber sejarah, yakni dibagi menjadi dua, meliputi sumber primer dan sekunder.

Sumber primer adalah sumber sejarah yang diperoleh dan berkaitan langsung dengan sejarah itu sendiri. Jika sumber ini merupakan manusia, maka orang tersebut melihat langsung kejadian dengan mata dan mendengar langsung menggunakan telinga mereka tanpa dari pihak perantara. Kemudian jika sumber primer berupa benda, maka benda tersebut terlibat langsung dalam peristiwa sejarah yang terjadi, contohnya candi dan prasasti.

Sementara itu, sumber sekunder merupakan sumber kedua, jika sumber ini manusia, maka orang tersebut mendapatkan informasi sejarah dari perantara menggunakan panca indranya. Baik itu penglihatan dan pendengaran. Perantara yang dimaksud bisa dari mulut ke mulut, maupun dari TV dan radio. Buku juga termasuk dalam sumber sekunder jika memang ditulis berdasarkan sumber primer mengenai peristiwa sejarah yang berlangsung.
Rekomendasi Artikel, Baca Juga :
Mungkin itu saja, pembahasan singkat mengenai Pengertian Sumber Sejarah secara umum dan menurut beberapa para ahli, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel sejarah menarik dan informatif lainnya. Terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Sumber Sejarah