Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

Pengertian Sumber Sejarah dan Jenis Jenisnya

Apa sebenarnya pengertian sumber sejarah? dan apa saja jenis-jenisnya? mempelajari ilmu dan pelajaran sejarah, tentu kita harus paham mengenai makna sumber sejarah. Berikut ini akan kita bahas secara lengkap mengenai pengertian sumber sejarah secara umum dan menurut para ahli serta macam-macam jenisnya. Apa kegunaan sumber sejarah? Salah satu manfaat mengetahui pengertian dan jenis-jenis sumber sejarah adalah untuk kepentingan penelitian sejarah.

Jika kita akan melakukan penelitian mengenai peristiwa sejarah di masa lalu, tentu kita butuh sumber referensi sebagai pedoman kita melakukan penelitian. Jenis sumber sejarah mana yang akan kita gunakan. Contohnya akan melakukan penelitian tentang manusia purba di zaman prasejarah. Tentu kita tidak mungkin menggunakan sumber sejarah lisan, karena pelaku sejarah di masa tersebut sudah tidak ada. Itulah pentingnya mempelajari pengertian sumber sejarah dan jenis-jenisnya.
Pengertian Sumber Sejarah
Sumber sejarah dalam bentuk benda berupa Candi.

Pengertian Sumber Sejarah

Secara umum, pengertian sumber sejarah adalah peninggalan di masa lalu yang dapat dijadikan bukti untuk kepentingan penelitian sejarah di zaman sekarang. Sumber sejarah bisa disebut juga sebagai data sejarah, artinya informasi yang dapat dijadikan dasar untuk merekonstruksi (menyusun kembali) peristiwa sejarah dimasa lalu.

Informasi yang dimaksud berupa keterangan peristiwa meliputi bagaimana peristiwa tersebut terjadi, kapan berlangsungnya, siapa pelakunya, dan dimana tempat terjadinya peristiwa sejarah tersebut. Data yang diperoleh merupakan dasar untuk merekonstruksi peristiwa sejarah di masa lalu. Kenapa dibutuhkan data yang benar-benar akurat?

Karena peristiwa sejarah adalah peristiwa yang benar-benar terjadi, sifatnya nonfiksi. Jadi bukan khayalan belaka. Beda dengan karya sastra seperti novel yang tidak berdasarkan data sumber sejarah. Sampai disini apakah sudah paham terkait dengan pengertian sumber sejarah? jika belum, berikut ini beberapa pendapat terkait sumber sejarah.

Pengertian Sumber Sejarah Menurut Para Ahli

  • Muhammad Yamin : Sumber sejarah adalah kumpulan benda kebudayaan yang dapat membuktikan sejarah.
  • Muhammad Ali : Sumber sejarah merupakan segala sesuatu yang berwujud atau tidak berwujud yang dapat digunakan untuk penelitian sejarah.
  • Menurut Gozalba : Sumber sejarah adalah warisan sejarah berbentuk visual, tertulis dan lisan.

Jenis-Jenis Sumber Sejarah

Jenis-jenis atau macam-macam sumber sejarah dibagi menjadi 3, yakni sumber tertulis, benda dan lisan. Berikut ini penjelasan masing jenis sumber sejarah dan contohnya :

1. Sumber Sejarah Tertulis 

Sumber tertulis artinya data sejarah (keterangan) dalam bentuk tulisan atau menggunakan media tulis berasal dari kertas dan batu. Contoh sumber tertulis kertas : naskah-naskah atau dokumen pada masa penjajahan VOC dan Hindia Belanda di Indonesia. Kemudian contoh sumber tertulis dari bahan batu bisa berupa prasasti yang didalamnya terdapat informasi.

Baca Juga : 7 Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

2. Sumber Benda

Sumber sejarah dalam bentuk benda lazim disebut sumber corporal, sumber ini diperoleh dari peninggalan kebudayaan di masa lalu. Contoh sumber benda : perhiasan, patung, maniak-maniak, kapak, gerabah dan candi.

Baca  Juga : Kebudayaan Zaman Logam di Indonesia

3. Sumber Sejarah Lisan

Tidak semua sumber sejarah berbentuk tulisan dan benda, maka dari itu terdapat sumber lisan. Teknik memperoleh jenis sumber sejarah ini yaitu dengan melakukan wawancara terhadap pelaku sejarah dan saksi sejarah. Contohnya melakukan wawancara dengan pelaku sejarah pada saat peristiwa reformasi 1998.


Kemudian mengenai pembagian, sumber sejarah dibagi menjadi dua, yakni sumber primer dan sekunder. Sumber primer adalah sumber sejarah yang diperoleh langsung dari peristiwa sejarah itu sendiri. Jika sumber ini merupakan manusia, maka orang tersebut melihat langsung kejadian dengan mata dan mendengar langsung menggunakan telinga mereka tanpa dari pihak perantara. Kemudian jika sumber primer berupa benda, maka benda tersebut terlibat langsung dalam peristiwa sejarah yang terjadi, contohnya candi dan prasasti.

Sementara itu, sumber sekunder merupakan sumber kedua, jika sumber ini manusia, maka orang tersebut mendapatkan informasi sejarah dari perantara menggunakan panca indranya. Baik itu penglihatan dan pendengaran. Perantara yang dimaksud bisa dari mulut ke mulut, maupun dari TV dan radio. Buku juga termasuk dalam sumber sekunder jika memang ditulis berdasarkan sumber primer mengenai peristiwa sejarah yang berlangsung.
Rekomendasi Artikel, Baca Juga :
Mungkin itu saja, pembahasan singkat mengenai Pengertian Sumber Sejarah dan Jenis-jenisnya baik secara umum dan menurut beberapa para ahli, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel sejarah menarik dan informatif lainnya. Terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Sumber Sejarah dan Jenis Jenisnya