Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

Letak Geografis Kerajaan Singasari

Dimana letak kerajaan Singasari? Fokus pembahasan pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai keberadaan lokasi kerajaan Singosari. Dikutip dari wikipedia, kerajaan ini diperkirakan berdiri pada tahun 1222 masehi hingga runtuh pada 1292 masehi (70 tahun). Fakta sejarah yang perlu kalian ketahui adalah kerajaan ini sebenarnya memiliki nama resmi Tumapel, sementara Singasari merupakan salah satu Ibu Kota kerajaan setelah sebelumnya berpusat di Kutaraja.

Namun yang mengherankan nama kerajaan ini lebih terkenal dengan sebutan kerajaan Singasari. Bukti mengenai kerajaan ini bernama "Tumapel" bersumber dari sebuah prasasti yang berhasil ditemukan, yaitu bernama Kudadu. Prasasti ini berangka tahun 1294 masehi, dikeluarkan/dibuat oleh Raden Wijaya dengan menggunakan aksara Kawi, ditemukan di lereng Gunung Butak, sekitar wilayah Kabupaten Malang dan Blitar.

Untuk mengetahui letak kerajaan Singasari secara lebih detail dan jelas, kalian harus mempelajari beberapa peninggalan kerajaan ini berupa candi, prasasti dan arca yang berhasil ditemukan. Lokasi peninggalan-peninggalan kerajaan ini bisa saja menjadi kode bahwasanya keberadaan lokasi kerajaan Singasari berada di wilayah tersebut. 

Selain itu, peninggalan khususnya berupa prasasti biasanya mengandung sebuah isi/tulisan yang menceritakan atau menjelaskan kerajaan tersebut, baik itu pemerintahannya, masa kejayaan, raja-raja yang berkuasa, peristiwa penting, atau sebagai penanda daerah kekuasaannya. Oke langsung saja, berikut ini penjelasan mengenai letak kerajaan Singasari secara singkat dan jelas.

Letak Kerajaan Singasari 

Letak Kerajaan Singasari
Letak Kerajaan Singasari berada di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pada awal pendirian tahun 1222 Masehi, berdasarkan sumber dari kitab Negarakertagama lokasi ibu kota kerajaan berada di Kutaraja. Namun setelah Kertanegara menjadi raja pada tahun 1253, ibu kota kerajaan di pindah di daerah yang sekarang bernama Singasari, Malang.

Singosari merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Malang, terletak di sebelah utara (salah satu kecamatan termaju di Malang). Letak kerajaan Singasari dibuktikan dengan beberapa peninggalan yang berhasil ditemukan di daerah ini seperti Candi Singosari dan patung/arca Dwarapala.

Mengenai wilayah kekuasaan, bisa kalian lihat pada gambar diatas. Wilayah laut yang masuk dalam kekuasaan kerajaan Singasari (berwarna biru tua), tanda merah merupakan pusat ibu kota Singasari. Sementara wilayah berwarna oranye tua merupakan daerah inti, oranye muda wilayah taklukan di mana kerajaan ini berhasil menguasai sebagian wilayah Sumatera setelah melakukan ekspedisi Pamalayu pada tahun 1275-1293.

Berdasarkan sumber dari kitab Pararaton, Tumapel (Singosari) pada awalnya merupakan wilayah bawahan dari Kerajaan Kediri. Saat terjadi perseturuan antara kaum brahmana dan Raja Kediri bernama Kertajaya, pihak brahmana kemudian meminta bantuan kepada Ken Arok. Dari sinilah awal mula berdirinya kerajaan Singasari setelah Ken Arok berhasil memenangkan perang melawan Kediri.
Baca Selengkapnya disini : Rangkuman Sejarah Kerajaan Singasari
Demikian pembahasan terkait dengan Letak Geografis Kerajaan Singasari, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik berikut ini.

Rekomendasi Artikel :
Sumber Referensi :
1. Buku : Notosusanto, Nugroho, dkk. 1984. Sejarah Nasional Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka
2. Wikipedia Indonesia

Share ke teman kamu:

Related : Letak Geografis Kerajaan Singasari