Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Letak Kerajaan Kalingga (Holing)

Dimana sebenarnya letak kerajaan Kalingga? Untuk mengetahui jawabannya, simak pembahasan pada artikel kali ini. Berdasarkan sumber dari Tiongook (China), kerajaan ini dikenal dengan sebutan Holing. Dikutip dari wikipedia, keberadaan kerajaan Kalingga berlangsung dari abad ke 6 hingga 7 masehi. Sumber sejarah terkait dengan kerajaan ini sangat terbatas, masih belum jelas dan kabur, sehingga referensi yang diperoleh kurang lengkap.

Salah satu cara untuk mengetahui lokasi keberadaan letak kerajaan Kalingga yaitu dengan mengetahui sumber sejarah yang berhasil ditemukan. Kebanyakan sumber sejarah yang sudah di peroleh berasal dari catatan Tiongkok, naskah Cerita Parahyangan dan kisah lokal. Selain itu, ada juga beberapa peninggalan sejarah seperti prasasti dan candi.

Sumber sejarah dari Tiongkok berasal dari catatan Ising dari Dinasti Tang, hal ini sama halnya dengan Kerajaan Sriwijaya salah satu sumber sejarahnya berasal dari catatan tokoh tersebut. Beberapa isi dalam catatannya dijelaskan bahwa sejak tahun 674 M, Holing dipimpin oleh Ratu Hsimo (Shima). Ia ratu yang sangat bijaksana dalam memimpin dan adil terhadap setiap rakyatnya. Penduduk Holing sudah bisa membuat minuman keras, sementara daerah kerajaan Holing menghasilkan emas, kulit penyu, gading gajah, cula badak dan perak.

Beberapa sumber sejarah lain mengenai keberadaan ini bisa anda baca di sini : Sumber Sejarah Kerajaan Kalingga. Kembali ke fokus utama mengenai lokasi kerajaan Kalingga, berikut ini penjelasannya berdasarkan bukti dan fakta yang ada.

Letak Kerajaan Kalingga

Berdasarkan catatan I Tsing, Ho-Ling atau Kerajaan Kalingga terletak di Jawa, lokasi pulau ini berada di Lautan Selatan, sebelah utaranya terdapat Ta Hen La (Kamboja) dan sebelah timur Po Li (Bali) serta di sebelah baratnya Pulau Sumatera. Maka dapat kita analisis, letak kerajaan Kalingga berada di Pulau Jawa. Lalu, disebelah mana? Apa seluruh Pulau Jawa masuk ke dalam wilayah kekuasaan Kalingga?

Untuk lebih jelasnya, lihat peta lokasi kerajaan Kalingga dibawah ini :
Letak Kerajaan Kalingga
 
Letak pusat kerajaan Kalingga belum jelas, namun para ahli sejarah berpendapat bahwa kemungkinan berada di wilayah yang sekarang menjadi Kabupaten Pekalongan dan Jepara. Dapat disimpulkan bahwa lokasi kerajaan Kalingga diperkirakan berada di Pulau Jawa bagian utara. Namun hanya sebagian wilayah Jawa Tengah bagian utara, tidak secara menyeluruh.

Di lokasi tersebut terdapat situs-situs penting yang berhasil ditemukan. Berdasarkan naskah Carita Parahyangan, pada abad ke 5 muncul kerajaan Holing (Kalingga) yang diperkirakan letaknya berada di utara Jawa Tengah. Pada perkembangan selanjutnya, kerajaan ini menjadi taklukan Kerajaan Sriwijaya pada tahun 752 Masehi.

Kemudian berdasarkan kisah lokal yang berkembang di wilayah Jawa Tengah bagian utara, yaitu kisah Ratu Shima yang selalu menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran/kejujuran tanpa memandang siapapun itu. Suatu ketika ada seorang raja dari lautan seberang ingin membuktikan/menguji kejujuran rakyat Kalingga dengan menaruh se-kantung berisi emas.

Kantung emas tersebut ia taruh di persimpangan jalan dekat pasar, hingga tiga tahun kemudian tidak ada satu orang pun yang menyentuh apalagi mengambil kantung tersebut. Namun putra mahkota kerajaan tanpa sengaja menyentuh kantung dengan menggunakan kakinya. 

Dengan menerapkan hukum tanpa pandang bulu, Ratu Shima kemudian menjatuhi hukuman mati kepada putranya. Hukuman tersebut kemudian diringankan setelah dewan menteri memohon kepada Ratu agar mengampuni kesalahannya. Sang pangeran dijatuhi hukuman dipotong kakinya, karena kaki pangeran menyentuh barang yang bukan miliknya.
Baca Juga :
Demikian pembahasan mengenai Letak Kerajaan Kalingga (Holing), semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Terimakasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Letak Kerajaan Kalingga (Holing)