Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

Bahasa Negara Thailand

Apa sebenarnya nama bahasa negara Thailand yang digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya? Kalian mungkin pernah mendengar bahasa Thailand saat menonton film Thailand, jika kita dengar logatnya sangat cepat dan gaya bahasanya bisa dibilang lucu, terlebih lagi jika melihat ekspresi polos orang Thailand yang sedang berbicara. Nah jika kita analisis baik-baik, bahasa merupakan ciri khas suatu negara. Demikian pula ciri khas bahasa Thailand yang begitu kental dan unik, tentu berbeda dari bahasa lainnya.

Bahasa merupakan salah satu alat pemersatu bangsa, seperti di Indonesia dengan banyaknya bahasa kemudian dipersatukan menggunakan bahasa Indonesia yang merupakan bahasa resmi ditetapkan oleh pemerintah. Bahasa Indonesia digunakan saat kita berada di daerah yang bukan asal kita tinggal, karena setiap suku, wilayah memiliki bahasa sendiri-sendiri. Bahasa Indonesia juga digunakan di instansi resmi pemerintah dari pusat hingga ke daerah-daerah. Lalu apa bahasa resmi negara Thailand? Berikut ini penjelasannya..
Rekomendasi Artikel7 Tempat Wisata Terkenal di Pattaya, Thailand 

Bahasa Negara Thailand

Bahasa Negara Thailand
Bahasa resmi negara Thailand adalah bahasa Thai (ภาษาไทย).  Berdasarkan sejarahnya, bahasa Thai berasal dari daerah Tiongkok bagian selatan. Dikutip dari wikipedia, bahasa Thai merupakan bahasa analitik dan bahasa nada, kombinasi antara nada yang begitu kompleks sehingga bahasa ini dapat dikategorikan sulit untuk dipelajari.

Selain pelafalannya begitu sulit untuk dipelajari, tulisan tertulis bahasa Thai juga sangat sulit untuk ditulis bagi kita yang akan mempelajarinya. Tulisan vokal bahasa Thai juga sangat unik, mirip-mirip dengan aksara jawa yang kita pelajari di sekolahan, khususnya di Jawa Tengah (lihat gambar diatas).

Namun jika anda mempunyai niat dan keseriusan tinggi untuk mempelajari bahasa negara Thailand ini, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya. Mungkin saja tingkat kemampuan belajar bahasa anda cukup tinggi, atau mungkin demi kepentingan tertentu seperti akan tinggal menetap atau study di Thailand, belajar bahasa Thai wajib anda coba.

Berikut ini contoh beberapa bahasa Thailand dan artinya :
  1. Aku Cinta Kamu (kepada wanita) : Phom rak khun
  2. Aku Cinta Kamu (kepada pria) : Can rak khun
  3. Aku Cinta Kamu : ฉันรักคุณ
Beberapa kosakata sehari-hari, contohnya :
  1. Apa kabar : Sabai di mai
  2. Halo : Sawadee (krab/kah)
  3. Terima kasih : Khob khun (krab/kah)
  4. Saya minta maaf : Khor thot khrap
  5. Selamat pagi : Arun sawad
  6. Selamat malam : Ratree sawad
  7. Kamu cantik sekali : Khun na rak maak
Itulah beberapa contoh bahasa negara Thailand beserta artinya. Kemudian mengenai bilangan dalam  bahasa Thai, meliputi Sun : 0, Nueng : 1, Song : 2, Sam : 3, Si : 4, Ha : 5, Hok : 6, Chet : 7, Paet : 8, Kao : 9, Sip : 10, Yi Sip : 20, Sam Sip : 30 dan seterusnya.

Nah itulah penjelasan mengenai bahasa negara di Thailand beserta beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari dan contoh bilangan angka beserta artinya. Jika anda tertarik baca artikel tentang negara Thailand, berikut ini beberapa artikel menarik yang wajib kamu baca :
Terima kasih telah membaca artikel dengan judul Bahasa Negara Thailand, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya, kurang lebihnya mohon maaf. BacaProfil Negara Thailand Lengkap atau negara lain di Asia Tenggara Klik Disini.

Share ke teman kamu:

Related : Bahasa Negara Thailand