Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

Pengertian, Pembagian dan Sejarah Perkembangan Ilmu Ekonomi

Secara umum pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang secara khusus mempelajari perilaku manusia (human) dalam kegiatannya untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan menciptakan dan memilih kemakmurannya sendiri. Ilmu ekonomi muncul karena masalah ekonomi, yakni adanya ketidakseimbangan antara alat pemuas kebutuhan manusia yang sifatnya terbatas dan kebutuhan manusia yang tidak ada batasannya. Selain mempelajari definisi ilmu ekonomi, pada kesempatan kali ini kita akan kupas beberapa sub pembasahan seperti sejarah dan perkembangan ilmu ekonomi, pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli dan pembagian ilmu ekonomi, yakni mikro dan makro.

Pengertian, Definisi, Pembagian dan Sejarah Perkembangan  Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli : 
  1. Alfred Marshall : Ia berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah study yang mempelajari kehidupan manusia dalam kesehariannya.
  2. Adam Smith : Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia/masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya terbatas dengan tujuan tertentu.
  3. Suherman Rosydi : Ilmu ekonomi adalah salah satu ilmu pengetahuan yang berupaya memberi pengertian berkaitan dengan gejala yang muncul di masyarakat karena perbuatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup menuju kemakmuran.
  4. Menurut Lipsey : Ilmu ekonomi adalah pengetahuan tentang pemanfaatan sumber daya langka untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak ada batasnya.
  5. Khursid Ahmad : Ilmu ekonomi adalah ilmu yang menghubungkan antara perilaku manusia dan permasalahan ekonomi.

Definisi Ilmu Ekonomi

Berdasarkan kategori ilmu, ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial karena berhubungan dengan masyarakat seperti produksi (menghasilkan), distribusi (menyalurkan) dan konsumsi (mengurangi, menghabiskan) barang dan jasa. Kata "ekonomi" berasal dari bahasa Yunan yakni Oikos, artinya keluarga, dan Nomos berarti aturan/hukum. Maka dapat kita analisis, ekonomi adalah aturan/manajemen rumah tangga.

Pembagian Ilmu Ekonomi

Seperti penjelasan singkat diatas, ilmu ekonomi dibagi atau dikelompokkan menjadi dua, yakni mikro dan makro. Berikut penjelasan singkatnya :

1. Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro disebut juga microeconomics (mikroekonomi). Ilmu ekonomi mikro mempelajari tenang perilaku perusahaan, konsumen, penentuan harga dan kualitas barang dan jasa yang diedarkan/jualbelikan di pasar. Cabang ilmu ekonomi ini meneliti perilaku yang mempengaruhi akibat keputusan yang sudah dilakukan, apakah mempengaruhi permintaan dan penawaran barang dan jasa.

2. Ekonomi Makro

Ilmu ekonomi makro atau sering disebut makroekonomi adalah ilmu yang mempelajari ekonomi secara lebih luas, tentunya berbeda dengan mikro. Ekonomi makro mempelajari tentang aktivitas ekonomi, mulai dari pertumbuhan ekonomi, pengangguran, inflasi dan kebijakan ekonomi. Ekonomi makro digunakan untuk menentukan cara terbaik yang harus dilakukan agar pertumbuhan ekonomi dan stabilitas harga dapat dicapai.

Sejarah Ilmu Ekonomi

Tokoh pertama yang mengembangkan ilmu ekonomi adalah Adam Smith, tepatnya pada abad ke 18. Ia membuat ilmu ekonomi sebagai salah satu cabang tersendiri dalam ilmu pengetahuan. Sebagai seorang ekonom, Adam Smith mencari tahu sejarah perkembangan ekonomi di negara-negara ekonom. Penelitian ini kemudian menghasilkan sebuah karya besar yang diberi judul Wealth of Nations.

Perkembangan aliran ilmu ekonomi diawali dengan pemikiran Adam Smith yakni aliran klasik. Aliran ini menekankan adanya mekanisme pasar melalui harga sebagai instrumen utama, invisible hand (tangan tak terlihat) atau terkenal dengan nama teori tangan tuhan,. Dalam teori ini, peran pemerintah dalam ekonomi dibatasi karena dianggap akan mengganggu jalanya proses kegiatan ekonomi.

Demikian pembahasan singkat mengenai Pengertian, Definisi, Pembagian dan Sejarah Perkembangan  Ilmu Ekonomi. Baca juga pembahasan menarik dan bermanfaat berikut ini :

Share ke teman kamu:

Related : Pengertian, Pembagian dan Sejarah Perkembangan Ilmu Ekonomi