Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

10 Isi Dasasila Bandung Lengkap

10 Isi Dasasila Bandung LengkapDasasila Bandung merupakan hasil dari konferensi Asia Afrika yang berlangsung selama 6 hari dari tanggal 18 sampai 24 April 1955. Pertemuan atau perundingan KAA dilakukan di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Dipelopori oleh lima negara meliputi Indonesia (selaku tuan rumah), Myanmar, India, Sri Langka, dan Pakistan. Anggota negara dari Benua Asia dan Afrika yang ikut berpartisipasi dalam konferensi sebanyak 29 negara.

Dalam pertemuan tersebut, dihasilkan kesepakatan berisi 10 poin yang kemudian dinamakan "Dasasila Bandung", isinya membahas tentang kerukunan dan kerjasama dunia. Berkat adanya konferensi Asia Afrika maka terbentuklah Gerakan Non Blok, sebagai respon adanya dua kekuatan besar yang sedang bersaing yakni Blok Barat dan Blok Timur.

Baca Juga : Sejarah Peristiwa Rengasdengkolok 
Isi Dasasila Bandung Lengkap
Pidato Presiden Soekarno saat membuka KAA
Baca selengkapnya : Latar Belakang Konferensi Asia Afrika (KAA)
Berikut ini 10 poin penting isi Dasasila Bandung yang wajib kamu ketahui, antara lain ;
  • Menghormati hak-hak dasar manusia dan tujuan-tujuan serta asas-asas yang termuat di dalam piagam PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).
  • Kedua : Menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua bangsa.
  • Mengakui persamaan semua suku bangsa dan persamaan semua bangsa, besar maupun kecil.
  • Tidak melakukan intervensi atau campur tangan dalam soalan-soalan dalam negeri negara lain.
  • Menghormati hak-hak setiap bangsa untuk mempertahankan diri secara sendirian ataupun kolektif yang sesuai dengan Piagam PBB.
  • Tidak menggunakan peraturan-peraturan dari pertahanan kolektif untuk bertindak bagi kepentingan khusus dari salah satu negara besar dan tidak melakukannya terhadap negara lain.
  • Tidak melakukan tindakan-tindakan ataupun ancaman agresi maupun penggunaan kekerasan terhadap integritas wilayah maupun kemerdekaan politik suatu negara.
  • Menyelesaikan segala perselisihan internasional dengan jalan damai, seperti perundingan, persetujuan, arbitrasi (penyelesaian masalah hukum) , ataupun cara damai lainnya, menurut pilihan pihak-pihak yang bersangkutan sesuai dengan Piagam PBB.
  • Memajukan kepentingan bersama dan kerjasama.
  • Menghormati hukum dan kewajiban–kewajiban internasional.
29 negara yang ikut dalam Konferensi Asia Afrika meliputi : Indonesia, Malaysia, Kamboja, Jepang, Laos, Thailand, Vietnam, Yordania, Suriah, Mesir, Libya, Filipina, Arab Saudi, Afganistan, Myanmar, China (Tiongkok), Sri Langka, India, Ethiopia, Iran, Irak, Lebanon, Yaman, Turki, Pakistan, Sudan, Nepal, Libya dan Siprus.

Tokoh Penting dalam KAA, meliputi :
  1. Ali Sastroamidjojo
  2. Jawaharlal Nehru
  3. Mohammad Ali Borga
  4. U NU
  5. Sir John Kotelawala
Baca Juga :
Nah itulah 10 poin penting Isi Dasasila Bandung yang merupakan hasil KKA Konferensi Asia Afrika yang berlangsung pada tahun 1955. 

Share ke teman kamu:

Related : 10 Isi Dasasila Bandung Lengkap