Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Latar Belakang Perang Dunia II Secara Singkat

Latar Belakang Perang Dunia II - Secara singkat, PD II atau Perang Dunia 2 adalah perang global antara negara-negara di dunia yang dimulai pada tahun 1939 sampai selesai pada tahun 1945. Perang Dunia II merupakan lanjutan dari Perang Dunia I yang telah berakhir pada tahun 1918 melalui perjanjian Versailles. Berakhirnya perang dunia pertama ternyata tak lantas membuat peperangan besar di dunia berhenti. Muncullah perang dunia baru atau lanjutan yang lazim disebut sebagai Perang Dunia II.

Artikel ini dibuat untuk menjawab pertanyaan seperti ini : Jelaskan latar belakang Perang Dunia II? Pertanyaan tersebut sering kita dengar saat masih duduk di bangku sekolahan. Sebenarnya apa sebab atau hal yang membuat pecahnya perang dunia II pada tahun 1939? Latar belakang Perang Dunia II disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab pecahnya PD II dibagi menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Berikut penjelasannya.

Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II
Serangan Jepang di Peral Harbor (Pangkalan Angkatan Laut AS)

Latar Belakang Perang Dunia II

Perlu kalian pahami, latar belakang Perang Dunia 2 atau perang yang berlangsung antara kekuatan besar yang membentuk dua aliansi yaitu blok sekutu dan blok poros terbagi menjadi 2 sebab yakni sebab umum dan sebab khusus. Apa itu sebab umum? Sebab umum merupakan latar belakang terjadinya Perang Dunia II yang tidak berwujud dan sifatnya umum, contohnya mengenai perbedaan paham dan kegagalan perundingan. Sementara itu, sebab khusus merupakan latar belakang Perang Dunia II secara khusus yang menjadi penyebab utama perang, contohnya serangan yang dilakukan oleh negara tertentu. 

Sebab Umum Perang Dunia 2

  1. Terjadinya perlombaan senjata antar negara.
  2. Pertentangan Ideologi / Paham (liberalisme, fasisme, komunisme dan totaliterisme).
  3. Negara-negara berlomba mencari sekutu atau bisa disebut politik aliansi.
  4. Kegagalan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dalam mewujudkan perdamaian dunia.
  5. Munculnya pemikiran Revanche Idea atau semangat untuk balas dendam.
  6. Munculnya politik ekspansi (penguasaan) sehingga terjadi perebutan daerah jajahan.

Sebab Khusus Perang Dunia 2

  1. Penyerbuan Jepang terhadap Pearl Harbor yang merupakan markas bagi Angkatan Laut Amerika Serikat. Serangan yang dilakukan oleh jepang berlangsung pada tanggal 7 Desember 1941.
  2. Penyerbuan Jerman ke Polandia. Penyerbuan yang dilakukan oleh Jerman terhadap polandia merupakan serangan kilat yang terjadi pada tanggal 1 September 1939. Tujuan serangan tersebut yaitu untuk merebut kembali kota Danzig. Serangan yang dilakukan Jerman ternyata berhasil, kemudian menguasai sebagian besar wilayah Polandia.
  3. Penyerbuan Uni Soviet terhadap Polandia dari arah Timur.
  4. Pernyataan perang Inggris dan Perancis terhadap Jerman pada tanggal 3 September 1939.
Analisis Latar Belakang Perang Dunia II

Latar belakang Perang Dunia 2 terjadi di beberapa wilayah, yaitu di kawasan Eropa dan di Asia Pasifik. Di Asia Pasifik Jepang memiliki peran yang menjadi penyebab pecahnya PD II yakni serangan yang dilakukan di pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat secara tiba-tiba. Hal ini membuat Amerika Serikat geram, kemudian melakukan serangan balasan dengan mengebom dua kota penting di Jepang, yakni Hirosima dan Nagasaki.

Beberapa penyerbuan yang berlangsung antara negara-negara di Eropa ternyata menjadi salah satu latar belakang Perang Dunia. Serangan yang dilakukan oleh negara-negara dengan kekuatan besar tersebut kemudian menyebar ke seluruh Eropa bahkan Asia Pasifik.

Baca Selanjutnya :
Demikian beberapa sebab yang menjadi Latar Belakang Perang Dunia II secara singkat. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Terimakasih

Share ke teman kamu:

Related : Latar Belakang Perang Dunia II Secara Singkat