Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Politik, Ekonomi dan Sosial

Perang Dunia 2 merupakan lanjutan dari PD I, pertempuran besar antara negara-negara di dunia kembali terjadi setelah berakhirnya perang dunia pertama. Perang Dunia 2 berlangsung selama kurang lebih 6 tahun, tepatnya dari tanggal 1 September 1939 hingga tanggal 2 September 1945. Dampak perang dunia 2 tentu saja sangat dirasakan oleh negara yang terlibat, terutama bagi masyarakat atau warga sipil yang tidak ikut dalam perang juga merasakan dampaknya.

Sama seperti PD I, perang dunia II melibatkan dua aliansi yang saling bertentangan, yaitu pihak Sekutu dan blok Poros. PD II bisa dibilang lebih dahsyat dari pada perang dunia pertama, karena melibatkan kurang lebih sekitar 100 juta pasukan militer. Salah satu Dampak Perang Dunia 2 yang begitu sangat disayangkan adalah banyaknya korban tewas, yakni sekitar 70 juta jiwa (dari militer dan warga sipil).

Dampak Perang Dunia 2

Latar belakang perang dunia 2 atau penyebab terjadinya pertempuran dibagi menjadi 2 kategori, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Salah satu sebab umumnya adalah terjadi perlombaan pembuatan senjata antar negara, sementara sebab umumnya adalah penyerbuan Pearl Harbor (Markas AL Amerika Serikat) oleh pasukan Jepang. Jika anda tertarik, baca juga : Rangkuman Latar Belakang Perang Dunia II.

Dampak Perang Dunia 2

Setiap pertempuran pasti mempunyai sebab (masalah) yang mengakibatkan pecahnya pergolakan yang kemudian berkembang ke arah yang lebih nyata dengan saling menyerang, baik itu antar negara maupun diantara kelompok tertentu. Pada artikel kali ini, penulis telah merangkum dampak perang dunia 2 dalam berbagai bidang, yaitu dalam bidang politik, ekonomi dan sosial masyarakat. Berikut ini penjelasannya..

Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Politik

  1. Munculnya negara adidaya sebagai kekuatan besar di dunia yakni Amerika Serikat dan Uni Soviet (sekarang Rusia).
  2. Munculnya dua kekuatan besar tersebut kemudian menyebabkan terjadinya perang lanjutan, dinamakan sebagai Perang Dingin.
  3. Munculnya proxy war (politik pecah belah) yang dibuat oleh dua kekuatan besar tersebut. Negara yang menjadi korban contohnya seperti Korea (utara dan selatan), Jerman (barat dan timur).
  4. Lepasnya negara jajahan yang kemudian berhasil merdeka, contohnya Republik Indonesia, RRC, Malaysia, Mesir, Korea, Singapura dan Pakistan.
  5. Gagalnya LBB (Liga Bangsa-Bangsa) untuk mencegah adanya perang pasca PD I, akhirnya organisasi ini dibubarkan dan digantikan dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
  6. Muncul dan berkembangnya politik mencari aliansi (kawan) dibentuk berdasarkan kepentingan bersama. Contohnya NATO, SEATO dan METO.
  7. Munculnya paham baru bernama Zionisme yang dipelopori oleh orang-orang Yahudi dan paham komunis, ideologi ini juga berkembang sampai ke Indonesia pada awal kemerdekaan.

Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Ekonomi

Dampak ekonomi juga dirasakan oleh negara-negara yang terlibat perang maupun negara jajahan dan negara yang tidak terlibat perang. Hal ini disebabkan karena perang ini melibatkan kekuatan besar yang daerah jajahan tersebar di seluruh dunia. Berikut ini dampak perang dunia 2 dalam bidang ekonomi, meliputi :
  1. Kondisi ekonomi dunia mengalami kekacauan, disebabkan oleh beberapa hal seperti hancurnya sarana prasarana penunjang ekonomi dan biaya untuk keperluan perang.
  2. Pasca perang dunia II, berkembangnya sistem perekonomian liberal, komando dan campuran.
  3. Banyak negara yang bangkrut akibat perang, kecuali Amerika Serikat. Negara ini muncul sebagai penanam modal dengan berbagai programnya, seperti Marshall Plan, Truman Doctrine, Colombo Plan dan Point Four Truman.
  4. Perlombaan industri untuk menciptakan senjata baru dengan teknologi paling maju masih berlanjut, yakni antara AS dan Uni Soviet.
Artikel Terkait :

Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Sosial

  1. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, perang dunia 2 mengakibatkan banyaknya korban tewas baik dari kalangan militer maupun warga sipil.
  2. Akibat banyaknya korban sipil, kemudian memunculkan istilah Lost Generation. Banyak anak yang tidak memiliki orang tua dan banyak juga kebudayaan dunia yang lenyap akibat peperangan.
  3. Berdirinya United Nations Relief Rehabilitation Administration disingkat UNRA, tujuannya untuk mendirikan RS (rumah sakit), memberi makan orang terlantar, dan mengurus segala keperluan pengungsi akibat perang contohnya mencari sanak keluarga yang hilang.
  4. Kedudukan para ilmuan yang merupakan golongan pandai semakin kuat.
Rekomendasi Artikel, Baca Juga :
Itulah penjelasan mengenai Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Politik, Ekonomi dan Sosial. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua, terutama untuk menambah wawasan akan sejarah. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Dampak Perang Dunia 2 di Bidang Politik, Ekonomi dan Sosial