Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Rangkuman Materi Tokoh-Tokoh Indonesia | SMP Belajar di TVRI

Rangkuman materi tokoh-tokoh Indonesia, pelajaran SMP (sekolah menengah pertama) yang tayang pada hari senin 20 April 2020 di TVRI (Televisi Republik Indonesia). Pada hari pertama di pekan kedua pembelajaran online belajar di rumah ini, materi edukasi yang disajikan yaitu sejarah tokoh-tokoh besar Indonesia.

Diantaranya meliputi tokoh pendidikan di Indonesia, ulama inspiratif pencetus revolusi jihad, dan pahlawan nasional bapak bahasa Indonesia. Berikut ini ringkasan materi tokoh-tokoh penting di Indonesia.

Rangkuman Materi Tokoh-Tokoh Indonesia, Pelajaran SMP Belajar Dari Rumah di TVRI

1. Hasyim Asy'ari : Ulama Inspiratif Pencetus Resolusi Jihad

2. Tokoh Pendidikan Indonesia : Ki Hajar Dewantara
Rangkuman Materi Tokoh-Tokoh Indonesia | SMP Belajar di TVRI


Setiap tanggal 2 Mei kita memperingati hari pendidikan nasional yang diambil dari hari kelahiran Ki Hajar Dewantara. Melalui pendidikan, Ki Hajar Dewantara berjuang melawan Belanda.

Ki Hajar Dewantara terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat pada tanggal 2 Mei 1889. Ia dibesarkan dalam lingkungan keraton Pakualam di Yogyakarta. Ki Hajar Dewantara sempat kuliah di STOVIA atau sekolah dokter pribumi.

Kemudian ia bekerja sebagai wartawan di koran seperti utusan Hindia dan kaum muda. Sejak muda, Ki Hajar berani menentang pemerintah kolonial Belanda bersama Douwes Dekker dan Cipto Mangunkusumo ia mendirikan Indische Partij pada tahun 1912 yang bertujuan mencapai Indonesia merdeka.

Akibat kritiknya pada pemerintah Belanda dalam tulisan "Seandai Aku Seorang Belanda", Ki Hajar Dewantara diasingkan ke Pulau Bangka.  Douwes Dekker dan Cipto Mangunkusumo membela sahabatnya, sehingga akhirnya tiga serangkai ini diasingkan bersama-sama ke negeri Belanda.

Masa pengasingan di Belanda dimanfaatkan Ki Hajar untuk mendalami dunia pendidikan dan pengajaran. Pada tahun 1919, Ki Hajar kembali ke tanah air dan terus mengkritik pemerintahan Kolonial Belanda lewat tulisan-tulisannya. Akibatnya ia pun sering keluar masuk penjara.

Tanggal 3 Juli 1922, Ki Hajar Mendirikan lembaga pendidikan taman siswa di Yogyakarta. Sejak saat itu, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat memakai nama Ki Hajar Dewantara. Anak-anak dari semua kalangan, baik ningrat maupun rakyat biasa, bisa bersekolah di Taman Siswa.

Perguruan ini memiliki semboyan "Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani". Artinya di depan memberi contoh, di tengah membangun semangat dan di belakang memberi dorongan. Prinsip ini berlaku untuk semua pamong atau guru dan murid di taman siswa.

Setelah Indonesia merdeka, Presiden Soekarno mengangkat Ki Hajar sebagai Menteri Pendidikan pertama. Semboyan ini pun hingga kini tetap dipakai dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Pahlawan Nasional dan Bapak Bapak Bahasa Indonesia : Raja Ali Haji

Raja Ali Haji lahir sekitar tahun 1808 di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau. Ia adalah keturunan bangsawan Kerajaan Riau Lingga. Tahun 1828, Raja Ali menunaikan ibadah Haji dalam usia 19 tahun. Sejak saat itu, gelar haji disematkan dibelakang namanya menjadi Raja Ali Haji.

Sepanjang hidupnya, Raja Ali Haji telah menulis sekitar 15 kitab karangan meliputi bidang bahasa, sastra, sejarah, hukum, serta agama Islam. Karya sastra raja Ali Haji yang paling terkenal adalah Gurindam Dua Belas yang berisi nasehat dan petunjuk bagi manusia agar dirahmati tuhan.

Sedangkan karya Raja Ali Haji pertama dalam bidang tata bahasa adalah Bustan Al Katibin yang menjadi penting karena memberikan dasar pelajaran bahasa Melayu pedoman ejaan dan huruf Arab Melayu. Disamping itu, karya lainnya yaitu Kitab Pengetahuan Bahasa yang terbit tahun 1929 di Singapura dan menjadi kamus Ensiklopedia bahasa Melayu pertama.

Nah itulah rangkuman / ringkasan singkat materi tokoh-tokoh Indonesia, pelajaran SMP belajar dari rumah di TVRI yang tayang hari ini senin 20 April 2020. Semoga bermanfaat. Selengkapnya link : Streaming Materi Tokoh-Tokoh Indonesia dan Kunci Jawaban Soal Tokoh-Tokoh Indonesia

Share ke teman kamu:

Related : Rangkuman Materi Tokoh-Tokoh Indonesia | SMP Belajar di TVRI