Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Rangkuman Materi Bendera, Lambang Negara dan Pancasila Belajar di TVRI

Rangkuman materi tentang Bendera, Lambang Negara dan Pancasila belajar di rumah dari TVRI (Televisi Republik Indonesia) untuk siswa siswi SMA SMK Sederajat yang tantang hari ini jumat 17 April 2020. Dengan membaca ringkasan materi dibawah ini diharapkan kamu dapat memahami sejarah dan fakta-fakta menarik yang belum diketahui.

Beberapa soal pertanyaan yang perlu kalian jawab seperti 1) Tahukah Anda siapa yang menjahit bendera merah putih? Bagaimana tanggapan Anda terhadap tokoh tersebut? 2) Tuliskan tokoh-tokoh serta peran mereka sehingga negara Indonesia memiliki lambang negara! 3) Bagaimana sejarah lahirnya Pancasila? Tuliskan dengan bahasa sendiri!

Itulah beberapa contoh soal pertanyaan terkait dengan materi Bendera, Lambang negara dan Pancasila. Silahkan baca rangkuman materi singkat dibawah ini dan cari jawaban yang tepat dari 3 pertanyaan tersebut.

Rangkuman Materi Bendera Lambang Negara dan Pancasila
Sumber : https://kompas.com/

Sejarah Bendera Merah Putih

Menurut M Yamin yang merupakan tokoh pergerakan dan pahlawan nasional Indonesia, bendera merah putih sudah digunakan oleh masyarakat nusantara sejak 6 ribu tahun lalu. Seperti suku bangsa rumpun Austronesia yang mendiami nusantara. Mereka telah menggunakan warna merah putih. Merah melambangkan matahari dan putih bulan.

Muhammad Yamin juga berpendapat bawah jejak perlambangan merah putih sudah ada pada masa Hindu Budha yakni di relief candi-candi seperti Prambanan dan Borobudur. Kemudian di zaman VOC, pasukan Pangeran Diponegoro dan Sisingamangaraja 12 telah memakai umbul-umbul merah putih.

Kisah merah putih kemudian berlanjut pada awal abad ke 20 pada masa pergerakan kebangsaan. Para Perhimpunan Pelajar Indonesia di Belanda mereka memiliki bendera berwarna merah putih dengan kepala kerbau di tengahnya. Kemudian pada tahun 1939, Organisasi GPPI menghilangkan gambar kepala kerbau di bendera, dan jadilah bendera merah putih seperti yang kita kenal sekarang ini. 

Menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia, Ibu Fatmawati menjahit bendera Pusaka Merah Putih yang akan dikibarkan pada saat proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945. Pada tanggal 18 Agustus 1945, bendera merah putih kemudian disahkan oleh PPKI sebagai bendera negara Indonesia.

2. Sejarah Lambang Negara

Empat tahun setelah merdeka, Indonesia ternyata belum memiliki lambang negara. Barulah pada tanggal 20 Desember 1949, Presiden Soekarno menunjuk Sultan Hamid II untuk memimpin departemen perancang lambang negara.

Panitia lambang negara pun terbentuk dengan diketuai oleh Muhammad Yamin. Dan anggota-anggotanya meliputi Ki Hajar Dewantara, Muhammad Natsir, MA Pellaupessy dan Purbatjaraka.

Sayembara lambang negara pun diadakan oleh pemerintah dan panitia tersebut bertugas untuk menyeleksi rancangan lambang negara. Nah ternyata rancangan yang terpilih adalah karya dari Sultan Hamid II dan M. Yamin. Namun pemerintah menolak rancangan M Yamin karena dianggap mengandung simbol-simbol Jepang.

Gambar rancangan Sultan Hamid II kemudian diterima oleh pemerintah pada tanggal 10 Februari 1950 dan keesokan harinya Garuda Pancasila ditetapkan sebagai lambang negara Republik Indonesia.

Gambar tersebut kemudian disempurnakan oleh Ir Soekarno dengan menambahkan jambul di kepala garuda, mengubah arah cakar garuda dan mengganti pita merah putih dengan pita bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika.

Jumlah helai bulu pada sayap ekor dan leher Garuda Pancasila melambangkan tanggal proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kemudian terpampang Pancasila sebagai dasar negara di dada Garuda Pancasila.

Nah untuk sejarah tentang Perumusan Pancasila, bisa baca DISINI.

Itulah Rangkuman Materi Bendera, Lambang Negara dan Pancasila Belajar di TVRI untuk siswa siswi SMA SMK Sederajat. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : Rangkuman Materi Bendera, Lambang Negara dan Pancasila Belajar di TVRI