Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Motivasi Belajar Secara Umum Menurut Para Ahli

Memahami pengertian motivasi belajar secara umum dan menurut para ahli. Sebelum kita bahas definisi motivasi belajar, sudahkah kalian mengetahui arti dari motivasi dan belajar?. Hal ini penting kalian pahami sebelum lebih jauh memahami pengertian motivasi belajar. Berdasarkan katanya, motivasi belajar terdiri dari dua kata, yaitu motivasi dan belajar.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), motivasi ialah dorongan yang muncul pada diri seorang dengan sadar ataukah tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan (perbuatan) dengan tujuan dan maksud tertentu. Dapat dikatakan motivasi merupakan suatu daya penggerak, pengarah dan memperkuat perilaku.

Pengertian Motivasi Belajar Secara Umum Menurut Para Ahli


Menurut Siti Sumarni (2005), ia berpendapat bahwa motivasi menjadi satu kekuatan penggerak dan pengarah, yang bisa menguatkan dan mendorong seseorang untuk bertingkah laku. Ini bermakna perbuatan seseorang tergantung motivasi yang mendasarinya.

Pengertian Motivasi Belajar Secara Umum Menurut Para Ahli

Motivasi akan mengakibatkan terjadinya satu perubahan daya yang ada pada diri manusia. Sehingga akan bergelut dengan persoalan tanda-tanda kejiwaan, perasaan dan emosi, untuk selanjutnya melakukan tindakan atau melakukan sesuatu.

Dari beberapa opini diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa pengertian motivasi adalah seluruh daya penggerak baik dari dalam diri atau pun dari luar. Motivasi menciptakan rangkaian usaha untuk menyiapkan beberapa kondisi tertentu yang menjamin keberlangsungan dan memberi arah pada aktivitas sehingga tujuan yang diinginkan oleh subyek itu bisa terwujud.

Lalu, apa pengertian belajar? Definisi belajar merupakan setiap perubahan yang relatif menetap dalam perilaku yang berlangsung sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman (Wisnubrata,983:3). Sementara itu, Surya (1981:32) memiliki pendapat bahwa belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk mendapatkan suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhannya. Perubahan tersebut sebagai hasil pengalaman individu tersebut dalam interaksinya dengan lingkungan.

Kesimpulan yang dapat diambil dari ke-2 pemahaman diatas, bahwa pada prinsipnya, belajar merupakan perubahan dari diri seseorang. Setelah mengetahui pengertian motivasi dan pengertian belajar, berikut ini kesimpulan mengenai pengertian motivasi belajar secara umum beserta menurut para ahli tentang definisi motivasi belajar.

PENGERTIAN MOTIVASI BELAJAR

Pengertian motivasi belajar secara umum adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri ataupun di luar siswa (dengan membuat rangkaian usaha untuk menyiapkan kondisi-kondisi tertentu) yang menjamin keberlangsungan dan memberi arah pada aktivitas belajar, sehingga tujuan yang diinginkan oleh subjek belajar itu bisa tercapai.

Motivasi belajar bisa dilihat dari ciri-ciri perilaku siswa yang menyangkut minat, konsentrasi, ketajaman perhatian, dan tekun demi menggapai tujuan. Contoh bentuk motivasi belajar antara lain yaitu memberi pujian, memberikan angka, hadiah, memberikan tugas, memberikan ulangan, mengetahui hasil, dan juga hukuman.

PENGERTIAN MOTIVASI BELAJAR MENURUT PARA AHLI

Dibawah ini telah kami rangkum beberapa pendapat mengenai pengertian motivasi belajar dari tokoh-tokoh dalam negeri maupun luar negeri, meliputi :

1. MENURUT MCCOMBS (1991)

Pengertian motivasi belajar adalah kemampuan internal yang tercipta secara alami yang bisa ditingkatkan atau dipelihara melalui kegiatan yang memberikan dukungan. Selain itu, motivasi memberi peluang untuk memilih kegiatan, memberi tanggung jawab untuk mengatur proses belajar, dan memberi tugas-tugas belajar yang berguna dan bermanfaat sesuai dengan kebutuhan pribadi.

2. DALAM A.M. SARDIMAN (2005:75)

Motivasi belajar diartikan sebagai rangkaian usaha untuk menyiapkan beberapa kondisi tertentu, sehingga seseorang ingin dan mau melakukan sesuatu, apabila dia tidak suka, maka berupaya untuk meniadakan atau mengelak perasaan tidak senang itu.

3. MENURUT WINKEL (2003) DALAM PUSPITASARI (2012)

Definisi motivasi belajar adalah segala usaha di dalam diri sendiri yang memunculkan kesibukan belajar, dan menjamin keberlangsungan dari kegiatan belajar. Selain itu, motivasi juga memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang diinginkan terwujud. Motivasi belajar adalah aspek psikis yang miliki sifat non intelektual dan berperan dalam hal menumbuhkan semangat belajar untuk individu.

4. MENURUT BOPHY, (1987)

Pengertian atau pemahaman motivasi belajar ialah sebagai a general state dan menjadi a situationspecific state. Sebagai a general state, motivasi belajar yaitu suatu watak yang permanen yang mendorong seseorang untuk menguasai pengetahuan dan ketrampilan pada suatu aktivitas belajar. Kemudian sebagai a situation-specific state, motivasi belajar muncul karena keterkaitan individu pada suatu kegiatan tertentu. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan pengetahuan atau menguasai keterampilan yang diajarkan.

5. MENURUT CLAYTON ALDERFER DALAM HAMDHU (2011)

Pemahaman motivasi belajar adalah kecenderungan siswa dalam melakukan semua aktivitas belajar yang didorong oleh keinginan untuk mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik-baiknya.


Itulah rangkuman materi tentang pengertian motivasi belajar secara umum dan menurut para ahli yang sudah disebutkan diatas. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian. Baca juga pengertian lain yang belum kalian ketahui.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Pengertian Motivasi Belajar Secara Umum Menurut Para Ahli