Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Batuan Pembentuk Kulit Bumi Litosfer dan Contohnya Singkat

Batuan Pembentuk Kulit Bumi Litosfer dan Contohnya Singkat – Tahukah kamu batuan apa saja yang membentuk kulit bumi itu? Kulit bumi yang merupakan bagian teratas dari bumi tersusun atas batuan beku, sedimen, dan metamorf. Salah satu batuan tersebut berasal dari gunung berapi. Batuan yang dihasilkan gunung berapi, baik gunung berapi di daratan maupun di lautan adalah batuan beku yang berasal dari magma. Maksud magma dalam hal ini yang sudah ke luar di permukaan bumi yang kemudian membeku.

Magma yang telah membeku selanjutnya menjadi batuan beku. Batuan beku setelah berada di muka bumi selama beriburibu tahun dapat hancur dan terurai setelah terkena panas, hujan, aktivitas tumbuhan, dan hewan. Hancuran batuan kemudian terangkut oleh air, angin atau hewan ke lain tempat untuk diendapkan. Kemudian batuan yang telah diendapkan disebut batuan sedimen.

Batuan Pembentuk Kulit Bumi Litosfer dan Contohnya


atuan yang berada di permukaan bumi hampir seluruhnya merupakan batuan sedimen. Persentasenya kurang lebih sebanyak 70%. Batuan sedimen dan batuan beku tertentu dapat berubah bentuk dalam waktu yang sangat lama karena adanya pengaruh temperatur dan tekanan. Batuan yang berubah bentuk ini disebut batuan malihan atau batuan metamorf.

BATUAN PEMBENTUK KULIT BUMI

Berikut ini penjelasan 3 batuan pembentuk kulit bumi (litosfer) yang terdiri dari batuan beku, sedimen dan malihan. Simak selengkapnya..

1. BATUAN BEKU

Magma yang telah mengalami pendinginan kemudian membeku, disebut batuan beku. Ada tiga macam batuan beku, yaitu batuan beku dalam, misalnya granit, batuan beku luar, misalnya andesit, dan batuan beku gang atau korok, misalnya batolit. Untuk mengetahui ketepatan jenis batuan harus dilakukan uji laboratorium dengan menggunakan mikroskop untuk melihat bentuk kristal batuannya.

2. BATUAN SEDIMEN

Batuan sedimen dikelompokkan menjadi batuan sedimen klastik, sedimen kimiawi, dan sedimen organik. Batuan sedimen klasik merupakan campuran dari hancuran batuan beku, seperti konglomerat, pasir dan berksi. Sedimen kimiawi berupa endapan dari suatu pelarutan, contohnya batu kapur dan batu gips. Sedimen organik berupa endapan sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut, contohnya batu gamping, koral, dan batubara.

3. BATUAN MALIHAN

Ketiga yaitu batuan malihan. Batuan ini terbentuk setelah batuan sedimen mengalami perubahan bentuk. Batuan ini disebut batuan metamorf atau batuan malihan. Contoh batuan metamorf adalah batu kapur (kalsit) berubah menjadi marmer, atau batuan kuarsa menjadi kuarsit. Di daerah Tulungagung Provinsi Jawa Timur, banyak masyarakat menjadi pengrajin batu marmer.


Nah itulah 3 Batuan Pembentuk Kulit Bumi atau disebut litosfer beserta contohnya. Semoga rangkuman materi singkat diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian dan baca juga artikel menarik lainnya. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian terimakasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Batuan Pembentuk Kulit Bumi Litosfer dan Contohnya Singkat