Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Iklim Benua Amerika Berdasarkan Letak Astronomis Lengkap

Memahami kondisi iklim benua Amerika secara lengkap berdasarkan letak astronomisnya, meliputi bagian utara, tengah dan selatan. Secara geografis, benua Amerika terletak di antara tiga samudra, yakni Samudra Pasifik, Atlantik dan Arktik. Luas benua Amerika kurang lebih sekitar 42.549.000 km2, sementara total jumlah penduduknya mencapai lebih dari 1 miliar juta jiwa di tahun 2019.

Batas wilayah Benua Amerika di bagian utara yaitu Laut Es dan Selat Davis, di sebelah selatan dengan kutub selatan, di barat dengan Laut Bering dan Samudra Pasifik, sementara di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Laut Karibia. Lalu bagaimana keadaan iklim di benua Amerika? Pertanyaan tersebut merupakan fokus masalah pada pembahasan kali ini.

Iklim Benua Amerika

Untuk mengetahui iklim Benua Amerika, kita harus memahami bagaimana letak astronomisnya. Sama seperti benua-benua lain di bumi, Benua Amerika dibagi menjadi beberapa kawasan. Masing-masing kawasan memiliki iklim yang berbeda-beda, sebab letak astronomisnya juga berbeda. Dari keterangan tersebut, dapat kita ketahui bahwa untuk mengetahui iklim di suatu wilayah maka kita harus mempelajarai letak astronomis wilayah tersebut.

Iklim Benua Amerika

Secara umum, letak astronomis Benua Amerika yaitu berada di 72° LU-59° LS dan 36° BB-136° BB. Kawasan di Benua Amerika dibagi menjadi 3, yaitu Amerika Utara, Tengah dan Selatan. Salah satu negara super power di dunia, yaitu Amerika Serikat berada di kawasan benua Amerika bagian utara. Sementara negara Brazil yang terkenal dengan olah raga sepak bolanya berada di benua Amerika bagian selatan.

Langsung saja, berikut ini ulasan iklim benua Amerika yang telah kami rangkum menjadi 3 sub pembahasan, meliputi masing-masing kawasan yang sudah disebutkan diatas. Simak selengkapnya. Baca : Iklim Kawasan Asia Tenggara

Iklim Benua Amerika Bagian Utara

Jika dilihat dari peta, Benua Amerika bagian Utara terletak di paling ujung (atas). Kemudian apabila kita analisis, lokasi kawasan ini berdekatan dengan kutub penuh dengan salju. Nah, dari sini dapat kita ketahui bahwa iklim Benua Amerika bagian utara adalah iklim kutub, dengan ciri-ciri utama cuaca dingin sepanjang tahun.

Iklim kutub, khusus untuk negara-negara di Amerika Utara bagian utara, contohnya seperti Kanada dan daerah Alaska. Sementara di negara Amerika Serikat dan sekitarnya beriklim subtropis dengan ciri-ciri utama memiliki 4 musim (panas, semi, gugur dan dingin).

Jadi dapat disimpulkan bahwa iklim di kawasan Benua Amerika bagian utara meliputi iklim kutib (dibagian paling utara) dan iklim subtropis (wilayah yang lebih menjauhi kutub). Baca: Daftar Benua di Dunia dan Penjelasannya

Iklim Benua Amerika Bagian Tengah

Kawasan benua Amerika Tengah merupakan penghubung antara Amerika Selatan dan Amerika Utara. Di wilayah ini, terdapat banyak sekali negara-negara kecil, salah satu yang paling populer yaitu Meksiko dan Suriname (negara dengan penduduk keturunan Jawa).

Iklim di Benua Amerika bagian tengah adalah sebagian besar beriklim tropis (yang lebih mendekati garis katulistiwa) dan sebagian kecil beriklim subtropis dengan empat musim (wilayah yang berdekatan dengan kawasan Amerika Utara).

Iklim Benua Amerika Bagian Selatan

Kawasan ketiga di benua Amerika beriklim tropis dan iklim gurun. Negara-negara yang berada di garis katulistiwa memiliki iklim tropis, sementara negara-negara di bagian paling selatan beriklim gurun, sebab wilayah ini terdapat banyak pegunungan dengan curah hujan rendah. Contoh beberapa negara di kawasan ini seperti Argentina, Brazil, Chili, Peru dan Bolivia.

Kesimpulan :
  • Iklim Kutub : Kawasan Amerika Utara
  • Iklim Subtropis : Kawasan Amerika Utara dan Tengah
  • Iklim Tropis : Kawasan Amerika Tengah dan Selatan
  • Iklim Gurun : Kawasan Amerika Selatan
Demikian pembahasan singkat mengenai Iklim Benua Amerika secara lengkap berdasarkan letak astronomisnya, meliputi kawasan bagian Utara, Selatan dan Tengah. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan berguna bagi kalian. Baca juga artikel menarik tentang benua-benua lain di dunia. Terimakasih.

Baca Juga : Iklim Benua Asia | Iklim Benua Afrika | Iklim Benua Eropa

Share ke teman kamu:

Related : Iklim Benua Amerika Berdasarkan Letak Astronomis Lengkap