Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Iklim Benua Asia Secara Umum dan Karakteristik Keadaan Alamnya

Jelaskan karakteristik iklim Benua Asia secara umum? Pertanyaan tersebut merupakan rumusan masalah yang akan kita bahas pada artikel kali ini secara singkat dan jelas beserta keadaan alamnya. Benua Asia merupakan benua terluas dan terbanyak jumlah penduduknya dibandingkan dengan benua-benua lain di dunia.

Luas Benua Asia tercatat kurang lebih sekitar 44.579.000 km2, atau setara dengan 8,7% dari total luas permukaan bumi. Bahkan luas daratannya mencapai 30% dari total daratan di bumi. Jumlah penduduk di Benua Asia tercatat lebih dari 4 miliar jiwa atau setara dengan 60% total penduduk di dunia. Lalu bagaimana dengan keadaan iklim di benua Asia?

Iklim Benua Asia dan Karakteristiknya

Iklim benua Asia  dipengaruhi oleh letak astronomisnya. Letak astronomis merupakan letak sebuah wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Secara astronomis, letak benua Asia berada di antara 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Sementara secara geografis, letak benua ini berada diantara Benua Eropa dan Australia serta diantara Samudra Pasifik, Hindia dan Arktic.

Iklim Benua Asia

Iklim di benua Asia sangat bervariasi, hal ini disebabkan karena benua ini sangat luas, terbentang dari utara hingga selatan. Seperti yang kita ketahui, pembagian kawasan benua Asia sendiri dibagi menjadi 5, meliputi asia barat, tengah, selatan, timur dan tenggara. Masing-masing kawasan memiliki iklim yang berbeda-beda, sebab letak astrnomisnya berbeda.

Secara umum, iklim benua Asia dibagi menjadi 5, meliputi iklim tropis, subtropis basah, sedang, kutub (dingin) dan gurun. Sebagai contoh, negara-negara di kawasan Asia tenggara sebagian besar wilayahnya beriklim tropis. Hal ini disebabkan karena kawasan dilewati oleh jalur katulistiwa.

Iklim Benua Asia Berdasarkan Kawasannya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, iklim di benua Asia dipengaruhi oleh garis lintangnya. Dibawah ini telah kami rangkum iklim Asia berdasarkan kawasannya.

1. Iklim Tropis

Kawasan yang beriklim tropis yaitu di wilayah Asia Tenggara dan pantai barat India. Iklim tropis secara umum adalah wilayah yang terletak di antara 23,5° LU dan 23,5° LS. Darah ini berada diantara garis isotherm bumi bagian utara dan selatan.

Iklim tropis dibagi menjadi dua, yaitu tropis basah dan kering. Ciri-ciri iklim tropis basah yakni kelembaban udara tinggi (lebih dari 90%). Selain kelambaban yang tinggi, curah hujan juga tinggi. Sementara itu, ciri iklim tropis basah yaitu kelembaban udara rendah (kurang dari 50%), dan curah hujan rendah. Baca Juga : Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara

2. Iklim Subtropis Basah

Iklim subtropis basah di Benua Asia terdapat di kawasan Asia Timur dan Asia Tengah. Wilayah yang terpengaruh iklim ini terletak di antara garis lintang 25 ° dan 40 ° utara dan selatan. Ciri utama iklim subtropis basah yaitu apabila terjadi musim panas maka akan sangat panah, dan jika dingin akan sangat dingin. Curah hujan tinggi disebabkan karena angin musim tenggara dari Samudra Pasifik, sementara musim kemarau disebabkan karena angin musim dari wilayah Asia Tengah.

3. Iklim Gurun

Iklim ini terjadi di kawasan Asia Tengah dan Asia Barat. Beberapa daerah yang berikim gurun seperti di Tibet, Jazirah Arab, Mongolia, Gurun Gobi dan Taklamakan. Ciri utama iklim gurun adalah curah hujan yang sangat rendah. Iklim ini disebabkan karena angin yang berasal dari daerah kering.

4. Iklim Kutub (dingin)

Iklim kutub adalah iklim dingin disepanjang tahun. Wilayah di Benua Asia yang terkena pengaruh iklim ini yaitu Siberia Utara. Ciri utama iklim kutub yaitu suhu udara sangat rendah, disebabkan karena pengaruh kutub. Bahkan suhu udara bisa mencapai titik beku. Daerah yang terkena iklim kutub berada di antara 66,5° LU – 90° LU.

Karakteristik Benua Asia

Kerakteristik bentang alam di Benua Asia dibagi menjadi 4, meliputi dataran rendah, daerah lipatan pegunungan, plato-plato dan lembah-lembah sungai. Wilayah atau tempat tertinggi berada di Gunung Everest (8.848 m), terendah berada di Laut Mati (394 mdpl) dan palung laut terdalam berada di Palung Mindanao (10.830 m). Baca selengkapnya : Profil Benua Asia

Demikian pembahasan secara singkat mengenai iklim Benua Asia beserta karakteristik keadaan alamnya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua dan jangan lupa baca artikel menarik tentang benua-benua lain di dunia. Kurang lebih kami mohon maaf, share dan like artikel jika dirasa bermanfaat. Terimakasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Iklim Benua Asia Secara Umum dan Karakteristik Keadaan Alamnya