Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Candrasa dalam Sejarah dan Fungsinya

Memahami pengertian candrasa dalam sejarah dan fungsi kegunaannya. Apa itu candrasa? jelaskan fungsinya? Secara umum, candrasa adalah salah satu peninggalan dari zaman logam. Benda peninggalan sejarah ini terbuat dari bahan perunggu dan sering disebut sebagai kapak. Bentuk kapak ini berbeda dengan jenis kapak lainnya yang berhasil ditemukan. Jenis kapak perunggu ini memiliki keindahan bentuk, salah satu diantara peninggalan candrasa berhasil ditemukan di Jawa.
Pengertian Candrasa
Apa yang dimaksud dengan candrasa?

Pengertian Candrasa dan Fungsinya

Pengertian candrasa adalah kapak yang terbuat dari bahan perunggu yang memiliki keindahan bentuk dan ragam rias halus. Sama seperti kapak lonjung, jenis kapak ini merupakan salah satu peninggalan zaman logam.

Kapak ini mempunyai mata kapak melebar ke samping, sementara kedua ujungnya melengkung ke dalam. Di bagian gagang kapak terdapat motif geometris yang dikombinasikan dengan motif lengkung kecil. Kapak candrasa sering digunakan sebagai perlengkapan saat upacara.

Keindahan, keunikan dan kehalusan kapak ini menunjukan tingginya kemampuan manusia pada masa ini dalam membuat benda-benda dengan bahan dasar dari perunggu. Alat-alat yang dihasilkan sudah dihaluskan dan terdapat motif unik dan indah.

Fungsi candrasa digunakan sebagai alat upacara keagamaan. Candrasa dianggap sebagai alat kebesaran dalam upacara adat yang dilangsungkan tersebut. Beberapa ahli orang berpendapat bahwa candrasa juga digunakan sebagai senjata oleh Prabu Dasamuka di Kerajaan Alengka.

Baca Juga : 
1. Pengertian Waruga dan Fungsinya
2. Pengertian Fosil dan Artefak
3. Pengertian Dolmen dan Fungsinya

Itulah sedikit ulasan tentang pengertian candrasa dan fungsinya, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Terimakasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Pengertian Candrasa dalam Sejarah dan Fungsinya