Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Peta Sumatera Barat Lengkap Beserta Keterangan dan Gambarnya

Peta Sumatera Barat Lengkap Beserta Keterangan dan Gambarnya - Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan peta Provinsi Sumatera Barat lengkap, meliputi peta buta, peta kabupaten, kota, jalan, dan peta langsung melalui satelit google map beserta gambar dan keterangannya. Dengan melihat dan mengamati peta Sumatera Utara dibawah ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai lokasi-lokasi jalan baik yang ada di daerah terpencil maupun di perkotaan. 

Selain itu, beberapa manfaat lain melihat peta Sumatera Barat adalah mengetahui batas-batas wilayah antar kabupaten, kota maupun provinsi lain di sekitarnya. Peta ini sangat bermanfaat bagi Anda yang akan melakukan perjalanan menuju ke Sumatera Barat, baik saat mudik lebaran, keperluan wisata maupun untuk kepentingan kerja. Oke langsung saja simak selengkapnya peta Sumatera Barat lengkap dibawah ini.

Peta Sumatera Barat

Kami akan menampilkan peta Sumatera Barat secara urut meliputi Peta Kabupaten dan Kota, peta langsung melalui satelit google map, dan peta jalan berukuran besar yang dapat anda lihat atau mendownloadnya.

Peta Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat

Peta Sumatera Barat

Dari gambar peta Sumatera Barat diatas, dapat kita ketahui bahwa provinsi ini terletak di sepanjang pesisir barat Pulau Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantainya. Sumatera Barat memiliki total luas wilayah sekitar 42.297,30 km2, berbatasan langsung dengan 4 provinsi meliputi Bengkulu, Jambi, Riau dan Sumatera Utara.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, jumlah penduduk Provinsi Sumatera Barat saat ini mencapai lebih dari 5,2 juta jiwa. Terdapat 12 kabupaten dan 7 kota (bisa dilihat pada gambar peta diatas), sementara ibukota atau pusat pemerintahannya berada di kota Padang. Batas antar kabupaten dan kota tertera dengan jelas, ditandai dengan warna yang berbeda-beda. 

Peta Sumatera Barat Melalui Google Map


Peta Sumatera Barat diatas diambil secara langsung melalui satelit google map. Anda bisa mencari lokasi dimanapun melalui peta tersebut, tinggal klik di kolom pencarian, maka lokasi yang dicari akan ketemu dan dapat menghitung jarak yang ditempuh dari posisi Anda saat ini. Selain itu, melalui peta diatas Anda dapat melihat petunjuk arah jalan, jadi jangan khawatir tersesat, yang penting mempunyai koneksi internet lancar.

Peta Jalan di Sumatera Barat

Peta Jalan di Sumatera Barat

Peta Sumatera Barat diatas merupakan peta jalan, anda bisa melihat jalan-jalan utama di Sumbar yang menghubungkan antara satu daerah tertentu dengan daerah lain baik itu antar kabupaten maupun kota. Peta jalan di Sumatera Barat diatas ditandai dengan garis berwarna merah.

Informasi lebih lanjut, berikut ini daftar 12 Kabupaten dan 7 kota di Provinsi Sumatera Barat, antara lain :

Kabupaten di Sumatera Barat :
  1. Kabupaten Agam, luas wilayah 1.804,3 km2.
  2. Kabupaten Dharmasraya, luas wilayah 2.961,13 km2.
  3. Kabupaten Kepulauan Mentawai, luas wilayah 6.011,35 km2.
  4. Kabupaten Lima Puluh Kota, luas wilayah 3.571 km2 .
  5. Kabupaten Padang Pariaman, luas wilayah 1.332,5 km2.
  6. Kabupaten Pasaman, luas wilayah 3.947,63 km2.
  7. Kabupaten Pasaman Barat, luas wilayah 3.887,77 km2.
  8. Kabupaten Pesisir Selatan, luas wilayah 5,749,89 km2.
  9. Kabupaten Sijunjung, luas wilayah 3.130,4 km2.
  10. Kabupaten Solok, luas wilayah 3,738 km2.
  11. Kabupaten Solok Selatan, luas wilayah 3.346 km2.
  12. Kabupaten Tanah Datar, luas wilayah 1.336,1 km2.
Kota di Sumatera Barat :
  1. Kota Bukittinggi, luas wilayah 25,24 km2.
  2. Kota Padang, luas wilayah 693,66 km3.
  3. Kota Padangpanjang, luas wilayah 23 km2.
  4. Kota Pariaman, luas wilayah 66,13 km2 .
  5. Kota Payakumbuh, luas wilayah 85,22 km2.
  6. Kota Sawahlunto, luas wilayah 231,9 km2.
  7. Kota Solok, luas wilayah 71,29 km2.
Baca Juga Peta Provinsi di Pulau Sumatera lainnya :
Demikian pembahasan mengenai Peta Sumatera Barat Lengkap Beserta Keterangan dan Gambarnya, yang meliputi peta kabupaten dan kota, peta langsung melalui satelit google map dan peta jalan di Sumbar. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian dan terimakasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Peta Sumatera Barat Lengkap Beserta Keterangan dan Gambarnya