Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Peta Sumatera Utara Lengkap Beserta Keterangan dan Gambarnya

Peta Sumatera Utara Lengkap : 25 Kabupaten dan 8 Kota + Gambarnya - Seperti namanya Provinsi Sumatera Utara terletak di Pulau Sumatera bagian utara, memiliki total luas wilayah 72.289 km2. Berdasarkan sensus tahun 2018, jumlah populasinya mencapai lebih dari 14 juta jiwa. Ibu kota Sumatera Utara berada di Medan, berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh dan Selat Malaka di sebelah utara, Provinsi Riau dan Sumatera Barat di sebelah selatan, Samudra Hindia di sebelah barat dan Selat Malaka di sebelah timur. Pada artikel kali ini kami akan menyajikan peta Provinsi Sumatera Utara meliputi peta buta, peta jalan, peta kabupaten kota, peta langsung melalui satelit google map.

Provinsi Sumatera Utara terkenal memiliki banyak suku dan budaya. Penduduk asli di wilayah ini yaitu suku Batak, Nias dan Melayu. Beberapa suku lainnya seperti Jawa, Tionghoa, Minang, Aceh, Banjar, Banten, Sunda, dan Papua. Kemudian mayoritas agama yang dianut masyarakat adalah Islam (63%), agama lainnya seperti Kristen Protestan (27%), Katolik (5%), dan Buddha (2.43%). Berikut ini foto peta Sumatera Utara pertama tanpa keterangan :
Peta Sumatra Utara
Peta Buta Sumatera Utara
Gambar diatas adalah peta Sumatera Utara tanpa keterangan atau bisa disebut peta buta. Informasi yang bisa diketahui hanyalah batas-batas wilayah dan akses jalan tanpa penjelasan. 

Peta Sumatera Utara

Jika peta provinsi Sumatera Utara diatas kurang jelas, berikut ini peta kabupaten dan kota beserta batas-batas wilayahnya, meliputi :
Peta Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara
Itulah daftar kabupaten dan kota di Sumatera Utara. Setiap daerah memiliki warna yang berbeda-beda, untuk lebih mudah memahami lokasi dan letak. Dengan melihat peta Sumatera Utara diatas, Anda dapat mengetahui perbatasan-perbatasan antar kabupaten maupun kota. Jika keterangan peta kurang jelas, berikut ini akan kami jelaskan kembali :

Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Utara :
  1. Kabupaten Asahan
  2. Kabupaten Batubara
  3. Kabupaten Dairi
  4. Kabupaten Deli Serdang
  5. Kabupaten Humbang Hasundutan
  6. Kabupaten Karo
  7. Kabupaten Labuhanbatu
  8. Kabupaten Labuhanbatu Selatan
  9. Kabupaten Labuhanbatu Utara
  10. Kabupaten Langat
  11. Kabupaten Mandailing Natal
  12. Kabupaten Nias
  13. Kabupaten Nias Barat
  14. Kabupaten Nias Selatan
  15. Kabupaten Nias Utara
  16. Kabupaten Padang Lawas
  17. Kabupaten Padang Lawas Utara
  18. Kabupaten Pakpak Bharat
  19. Kabupaten Samosir
  20. Kabupaten Serdang Bedagai
  21. Kabupaten Simalungun
  22. Kabupaten Tapanuli Selatan
  23. Kabupaten Tapanuli Tengah
  24. Kabupaten Tapanuli Utara
  25. Kabupaten Toba Samosir
  26. Kota Binjai
  27. Kota Gunung Sitoli
  28. Kota Medan
  29. Kota Padang Sidempuan
  30. Kota Pematang Siantar
  31. Kota Sibolga
  32. Kota Tanjung Balai
  33. Kota Tebing Tinggi Deli

Peta Jalan di Sumatera Utara

Peta Jalan di Sumatera Utara

Keterangan :
  • Warna Merah : Jalan Nasional Lintas Timur
  • Warna Biru : Jalan Nasional Lintas Tengah
  • Warna Coklat : Jalan Nasional Lintas Barat
  • Warna Hijau : Jalan Provinsi
Selain keterangan yang sudah disebutkan diatas, beberapa penjelasan lain yang perlu kalian ketahui yakni ibu kota provinsi dengan titik hitam tebal. Terdapat juga simbol pelabuhan, dan bandar udara yang dapat kalian lihat dalam peta Sumatera Utara tersebut.

Peta Sumatera Utara dari Satelit

Berikut ini akan kami tampilkan peta Provinsi Sumatera Utara melalui satelit google map. Anda bisa mencari lokasi dimanapun, baik di kota atau sampai ke pelosok daerah. Asalkan HP atau PC Anda terhubung ke jaringan internet. Selain melihat lokasi, dengan klik peta dibawah ini Anda bisa mengetahui akses jalan dengan jelas. Berikut ini peta Sumatera Utara via satelit :


Demikian pembahasan terkait dengan Peta Sumatera Utara Lengkap : 25 Kabupaten dan 8 Kota + Gambarnya, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Kurang lebih kami mohon maaf, sekian dan terima kasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Peta Sumatera Utara Lengkap Beserta Keterangan dan Gambarnya