Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Pengertian Sinkronik dalam Sejarah

Jelaskan pengertian sinkronik dalam sejarah? pertanyaan tersebut sering sekali keluar pada mata pelajaran sejarah, khususnya bidang sejarah peminatan di sekolah menengah atas (SMA). Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan pengertian berfikir sinkronik dalam sejarah beserta beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari / bermasyarakat.

Selain pengertian sinkronik dalam sejarah, pada artikel sebelumnya penulis telah mengulas materi tentang konsep diakronik (kronologis) ruang dan waktu. Jika kalian mencari materi tersebut juga, maka tinggal cari saja melalui kolom pencarian pada blog sumber sejarah ini. Okeh, langsung saja simak pembahasan dibawah ini..

Pengertian Sinkronik dalam Sejarah

Pengertian Sinkronik

Jika konsep berfikir diakronis adalah catatan kejadian dari sebuah peristiwa sejarah yang diurutkan berdasarkan waktu terjadinya peristiwa tersebut, maka berbeda dengan berfikir sinkronik. Pengertian sinkronik dalam sejarah adalah mempelajari peristiwa sejarah dengan mementingkan struktur dari peristiwa tersebut, artinya melebar dalam ruang dan lebih mendetail tanpa membandingkan peristiwa yang terjadi sebelumnya.

Maksud dari pengertian konsep berfikir sinkronik dalam sejarah tersebut harus mencakup 5 W + 1 H. Jadi, dalam mempelajari dan mengkaji peristiwa sejarah harus terdapat pedoman What (apa), When (kapan), Who (siapa), Why (mengapa), where (dimana) dan How (bagaimana).

Itulah pedoman konsep berfikir sejarah, jadi tanpa harus mengurutkan peristiwa sejarah berdasarkan waktu saja. Namun harus mengetahui pedoman 5 W + 1 H tersebut. Sampai disini sudah paham? Jika sudah, berikut ini contoh berfikir sinkronik dalam sejarah :

Mempelajari peristiwa bersejarah "Bandung Lautan Api", hal-hal yang harus dipahami dan dikuasai pada topik pembahasan tersebut antara lain :
  1. Apa pengertian peristiwa Bandung Lautan Api?
  2. Kapan terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api?
  3. Siapa saja tokoh yang terlibat dalam peristiwa Bandung Lautan Api?
  4. Mengapa peristiwa Bandung Lautan Api bisa terjadi?
  5. Dimana peristiwa Bandung Lautan Api berlangsung?
  6. Bagaimana jalannya peristiwa Bandung Lautan Api?
Itulah pertanyaan yang harus anda kuasai dalam menerapkan konsep berfikir Sinkronik. Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, bisa anda cari disini : Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Lengkap (klik link tersebut).

Baca Juga :
Demikian pembahasan singkat mengenai materi Pengertian Sinkronik dalam Sejarah, semoga segala hal terkait topik tersebut dapat anda temukan jawabannya pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan berguna, kurang lebihnya mohon maaf. Sekian, terimakasih. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya.

Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Sinkronik dalam Sejarah