Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Pemimpin Perang Badar

Perang Badar merupakan pertempuran besar pertama yang dilakukan oleh umat Islam untuk melawan pasukan Quraisy. Dikutip dari wikipedia, perang badar berlangsung pada 17 Ramadan 2 Hijriah atau tanggal 13 Maret tahun 634 Masehi. Sebelum pecahnya pertempuran ini, sebenarnya ada beberapa kali konflik bersenjata dalam sekala kecil pada akhir tahun 623 hingga awal tahun 624 Masehi.

Jalannya Perang Badar di pihak Muslim terdapat pasukan berjumlah sekitar 313 orang, sementara itu di pihak kaum Quraisy dengan jumlah 1.000 lebih pasukan tentara. Bagi kaum Muslim, Perang Badar sangatlah berarti karena merupakan bukti pertama mereka sesungguhnya dapat mengalahkan musuhnya di Mekkah.

Perang Badar dimenangkan oleh pihak kaum Muslim setelah bertempur habis-habisan selama kurang lebih 2 jam. Umat islam dapat menghancurkan pertahanan kaum Quraisy, yang kemudian membuat mereka mundur dalam kekacauan. Lalu, siapa dibalik tokoh pemimpin Perang Badar sehingga umat Islam bisa memenangkannya?

Pemimpin Perang Badar

Pemimpin Perang Badar

Seperti namanya, Perang Badar berlangsung di tempat yang bernama lembah Badar dipimpin langsung oleh Rasulullah SAW (https://news.detik.com). Pada perang tersebut, Nabi Muhammad SAW bersama sekitar 300an pasukan Muslim berhasil mengalahkan pasukan Quraisy yang jumlahnya sekitar 1000 pasukan lebih. 

Sebanyak 70 orang kaum Quraisy tewas di medan Perang Badar, diantaranya merupakan tokoh-tokoh seperti Abu Jahal, Syaibah Bin Raibiah, Utbah Bin Rabiah dan Al Ash Bin Hsyam. Sementara itu, di pihak Muslim sebanyak 14 orang mati Syahid.
Baca Juga : Jalannya Perang Badar dan Strateginya
Kekalahan pasukan Quraisy dalam Perang Badar menyebabkan mereka bersumpah akan melakukan serangan balas dendam, dan dibuktikan dengan terjadi pertempuran kembali sekitar setahun kemudian. Pertempuran ini dinamakan Perang Badar.

Rekomendasi Artikel Sejarah Perang Lainnya :
Demikian pembahasan singkat mengenai artikel berjudul Pemimpin Perang Badar, semoga bermanfaat bagi pembaca semua, kurang lebihnya mohon maaf. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya. Sekian, terimakasih.

Sumber Referensi :
  • https://news.detik.com
  • https://id.wikipedia.org
  • Buku "Perang Fenomenal"

Share ke teman kamu:

Related : Pemimpin Perang Badar