Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Pendiri Kerajaan Kediri dan Prasasti Peninggalannya

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai siapa pendiri Kerajaan Kediri dan beberapa prasasti peninggalan yang berhasil ditemukan. Pendiri kerajaan Kediri merupakan bukan sosok raja pertama silsilah raja yang pernah berkuasa, kemudian mengenai prasasti kerajaan Kediri adalah sumber sejarah sekaligus bukti bahwasanya dahulu pernah berdiri kerajaan tersebut.

Dikutip dari Wikipedia, Kerajaan Kediri atau bisa disebut juga dengan nama Panjalu adalah kerajaan yang pernah berdiri di Jawa Timur pada tahun 1042 hingga 1222 masehi. Berdasarkan catatan sejarah yang berhasil ditemukan, kerajaan Kediri berpusat di kota Daha atau sekarang merupakan Kabupaten Kediri, Jatim.

Pendiri Kerajaan Kediri

Pendiri kerajaan Kediri yaitu bernama Airlangga (Erlangga) dengan gelar Abhiseka Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa. Sebelum mendirikan kerajaan ini, ia merupakan pendiri Kerajaan Kahuripan. Kemudian pada masa akhir pemerintahannya, ia membagi wilayah kahirupan menjadi dua yakni Kerajaan Kediri dan Janggala.
Pendiri Kerajaan Kediri
Gambar Patung Airlangga sedang Mengendarai Garuda, salah satu koleksi Museum Trowulan di Jawa Timur.
Pembagian ini disebabkan karena terjadi pertikaian perebutan tahta antara kedua putra Erlangga bernama Mapanji Garasakan dan Sri Samarawijaya. Kerajaan Kediri diberikan kepada Sri Samarawijaya, sementara Mapanji Garasakan berkuasa di wilayah Kahuripan dengan nama baru yakni Kerajaan Jenggala.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendiri kerajaan Kediri adalah Airlangga. Sementara raja pertamanya adalah putranya bernama Sri Samarawijaya. Setelah membagi wilayah Kahuripan menjadi dua kerajaan kepada kedua putranya, namun pertikaian masih saja terjadi. Beberapa peperangan terus berlangsung.

Pada perkembangan selanjutnya, wilayah Janggala akhirnya dapat dikuasai oleh Sri Samarawijaya. Kedua kerajaan kemudian bersatu menjadi sebuah kerajaan bernama Kediri.

Prasasti Kerajaan Kediri

Berikut ini beberapa prasasti kerajaan Kediri dan penjelasannya secara singkat, meliputi :

1. Prasasti Sirah Keting
Prasasti ini menceritakan raja-raja yang pernah berkuasa di Kerajaan Kediri saat ibukotanya berada di Daha. Berangka tahun 1104 masehi.


2. Prasasti Ngantang
Prasasti Kerajaan Kediri
Berhasil ditemukan di Kec. Ngantang, Kab. Malang, isinya menceritakan tentang penghargaan kepada masyarakat Ngantang atas jasa-jasanya mendukung raja Jayabaya melawan Kerajaan Jenggala. Prasasti ini berangka tahun 1145 masehi.

3. Prasasti Turun Hyang II
Ditemukan di Desa Truneng, Kec. kemlagi, Kab. Mojokerto, isinya menjelaskan tentang penghargaan masyarakat setempat atas bantuannya kepada kerajaan Jenggala menghadapi Kediri. Tercantum angka tahun 1044 masehi.


Demikian pembahasan singkat mengenai Pendiri Kerajaan Kediri dan Prasasti Peninggalannya, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya. Terimakasih.

Rekomendasi Artikel :

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Pendiri Kerajaan Kediri dan Prasasti Peninggalannya