Kumpulan Artikel Sejarah & Tempat Wisata di Indonesia + Dunia, Beserta Artikel Menarik dan Informatif Lainnya

Pengertian Perang Dunia 2 Secara Singkat

Jelaskan Pengertian Perang 2? Artikel ini dibuat untuk menjawab pertanyaan tersebut. Secara singkat, pengertian perang dunia 2 adalah pertempuran sekala global yang berlangsung dari tahun 1939 hingga 1945, melibatkan banyak sekali negara yang kemudian membentuk dua aliansi, yakni blok Sekutu dan blok Poros. Sebelum perang dunia 2, tentu saja telah terjadi perang dunia pertama. 

Perang Dunia kedua merupakan perang fenomenal paling besar dalam sejarah pertempuran atau peperangan di dunia. Berdasarkan catatan sejarah, perang ini melibatkan lebih dari 100 juta pasukan militer. Negara yang terlibat memaksimalkan seluruh kekuatannya baik bidang militer, ekonomi, industri dan ilmiah untuk kepentingan perang.
Pasukan Nazi dalam Perang Dunia II
Pasukan Nazi Jerman. Pic : https://id.pinterest.com
Dikutip dari wikipedia, perang ini menewaskan lebih dari 50 juta jiwa dari pasukan militer dan masyarakat sipil (warga umum). Berdasarkan jumlah tersebut, PD II termasuk konflik paling mematikan dalam sejarah perang umat manusia. Lokasi perang menyeluruh sampai ke penjuru dunia, mulai dari wilayah Eropa, Asia (Tenggara, Tengah), Afrika, Amerika (Utara, Selatan), Pasifik, Atlantik dan Mediterania. 

Lalu, negara mana saja yang terlibat? Berikut ini rinciannya, antara lain :
  • Blok Sekutu : Amerika Serikat, Uni Soviet, Tiongkok (China), Britania Raya (Inggris), Polandia, Perancis, Polandia, Austria, Kanada, Yunani, Yugoslavia, Brasil, Belgia, Norwegia, Afrika Selatan, Cekoslowakia, dan Belanda.
  • Blok Poros : Jerman, Jepang, Bulgaria, Rumania, Hongaria, Italia, Spanyol, finlandia, Irak, Slowakia, dan Kroasia.
Awal berlangsungnya Perang Dunia II dimulai pada tanggal 1 September 1939, ditandai dengan invasi Jerman ke Polandia. Sementara akhir perang setelah kekalahan Jepang dari pihak Sekutu dan Jerman Italia oleh pihak Uni Soviet. Pasca perang, untuk mempertahankan perdamaian dunia maka dibentuk PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) tepat pada tanggal 24 Oktober 1945.

Namun setelah PD II berakhir, terjadi persaingan antara dua negara besar yang saling memperebutkan pengaruh di dunia yakni Amerika Serikat dan Uni Soviet yang kemudian memunculkan perang baru bernama Perang Dingin. Itulah sedikit penjelasan terkait dengan pengertian perang dunia II.
Baca Juga :

Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Perang Dunia 2 Secara Singkat