Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

40 Tempat Wisata di Banyumas Purwokerto Paling Bagus dan Hits

Daftar Tempat Wisata di Banyumas dan Purwokerto - Kabupaten Banyumas merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang wajib di kunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun luar negeri. Obyek wisata yang terdapat di kabupaten ini meliputi wisata keluarga, alam dan juga wisata sejarah. Secara geografis Banyumas merupakan kabupaten dengan lokasi yang strategis, karena dikelilingi oleh beberapa kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

Lokasi yang strategis dan ketersediaan tempat wisata yang begitu banyak, harusnya dapat dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Banyumas untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di beberapa daerah yang dekat dengan tempat wisata di Kabupaten Banyumas.

Obyek wisata unggulan di Kabupaten Banyumas yaitu berupa wisata alam. Banyak sekali tempat wisata berupa "Curug" atau air terjun yang terdapat di Kabupaten Banyumas. Selain itu, Kabupaten Banyumas juga memiliki sejarah yang panjang, yakni dari masa perkembangan Islam sampai penjajahan Belanda. Sehingga Banyumas memiliki beberapa peninggalan sejarah yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata sejarah. Berikut ini 40 daftar tempat wisata di Banyumas yang wajib kita ketahui dan kunjungi saat liburan.

Tempat Wisata di Banyumas dan Sekitarnya

1. Obyek Wisata Baturraden

Obyek Wisata BaturradenBaturraden merupakan tempat wisata di Banyumas yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi saat hari liburan. Apa saja obyek wisata di Baturraden? di lokasi ini terdapat beragam obyek wisata, antara lain : kolam renang, air terjun, sepeda air, pemandian air panas, air mancur tinggi, dll. Fasilitas berupa hotel dan penginapan di Baturraden sudah sangat banyak. Jadi apabila kalian yang datang dari luar kota, jangan khawatir untuk masalah penginapan, dll.

Jika tertarik untuk mengunjungi tempat wisata paling terkenal di Banyumas ini, berikut rincian lokasinya : Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Lokasinya dekat dari Kota Purwokerto, sekitar 15 km atau 15 menit perjalanan dari kota tersebut.

2. Telaga Sunyi

Telaga SunyiTelaga sunyi merupakan tempat wisata di Banyumas yang cocok untuk menyepi atau menenangkan pikiran saat liburan. Dari namanya sudah bisa ditebak, tempat ini menyajikan keindahan pemandangan alam. Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini meliputi : tempat ganti, mushola dan beberapa penjual makanan.

Lokasi tempat wisata di Banyumas ini berada di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Lokasinya tidak jauh dari Wisata Baturraden.

3. Goa Maria

Goa MariaGoa Maria merupakan tempat wisata religi yang ada di Banyumas. Goa ini biasanya digunakan untuk ziarah bagi umat agama yang menganutnya. Selain menjadi tempat ziarah, banyak juga pengunjung yang datang untuk sekedar berwisata. Hal ini karena lokasinya menawarkan pemandangan alam yang segar dan indah.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini. Berikut rincian lokasinya :
Lokasi Goa Maria berada diDesa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas.

4. Baturraden Adventure Forest

Baturraden Adventure ForestApabila kalian hobi berpetualang, jangan lupa untuk mengunjungi Baturraden Adventure Forest. Tempat wisata di Banyumas ini memiliki 4 paket wisata yang harus kalian coba. 4 paket wisata itu antara lain : gunung, sungai, hutan dan kabut. Keempat paket wisata tersebut mengandung unsur petualangan fisik, petualangan pendidikan dan tentu akan menambah wawasan kita.

Tempat wisata ini sangat cocok anda kunjungi bersama teman-teman sekolah maupun bersama keluarga. Dimana lokasinya? Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Karanglasem, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas.

5. Air Hangat Belerang Pancuran Pitu

Air Hangat Belerang Pancuran Pitu
Tempat wisata di Banyumas ini merupakan salah satu tujuan utama para wisatawan saat mengunjungi Baturraden. Untuk sampai ke air hangat belerang di Pancuran Pitu, anda harus melewati jalanan yang cukup mengasikan dengan suasana alam yang sepi dengan angin sepoi-sepoi serta udara yang sejuk. Tapi untuk sampai ke lokasi tempat pemandian ini kalian harus berhati-hati karena jalanan licin. Tempat wisata di Banyumas ini sangat cocok untuk liburan di akhir pekan bersama keluarga maupun teman.

Lokasi :
Lokasinya berada di bagian atas perbukitan atau lereng Gunung Slamet (termasuk ke dalam Wisata Baturraden).

6. Pemandian Kali Bacin

Pemandian Kali Bacin
Pemandian Kalibacin adalah tempat wisata di Banyumas yang menawarkan pemandian air berbau kurang sedap tapi bisa untuk mengobati penyakit kulit. Lokasi obyek wisata yang satu ini berada di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. Tepatnya sekitar 12 KM dari kota Purwokerto. Tempat wisata di Banyumas ini sangat cocok bagi anak-anak, selain untuk berolahraga juga untuk mengobati penyakit kulit. Menurut sejarahnya, Pemandian Kalibacin dibangun pada tahun 1980.

7. Wisata di Depo Bay Depo Pelita Purwokerto

Wisata di Depo Bay Depo Pelita Purwokerto
Depo Bay Depo merupakan salah satu tempat wisata di kota Purwokerto yang paling bagus untuk dikunjungi bersama anak-anak. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Kalikidang, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tenagh. Tempat wisata di Banyumas ini menawarkan permainan air,  wisata kuliner dan juga wisata belanja.

Permainan air yang ada di obyek wisata ini meliputi seluncur dan ombak buatan. Berapa harga tiket masuk Depo Bay Pelita? Jika anda berniat untuk liburan ke tempat ini, maka harus merogoh kocek 30 ribu, tidak termasuk biaya lain-lain. Tempat wisata dilengkapi beberapa fasilitas pendukung seperti mushola, toilet dan tempat parkir kendaraan.

8. Telaga Pucung

Telaga Pucung
Telaga Pucung adalah salah satu tempat wisata di Banyumas yang dekat dengan dengan Curug Cipendok. Tempat wisata ini bisa kalian kunjungi sesudah atau sebelum ke wisata Curug Cipendok karena lokasinya tidak berjauhan. Lokasi telaga Pucung hanya sekitar beberapa ratus meter dari plang masuk wisata Curug Cipendok.

Telaga Pucung memiliki pemandangan yang indah, tidak kalah menarik dengan  keindahan telaga warna di Baturaden. Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, maka harus mengeluarkan biaya masuk sebesar 4 ribu rupiah saja tiap orangnya.

9. Dreamland Park

Dreamland Park
Dreamland Park adalah tempat wisata di Banyumas yang paling hits, lokasinya berada di Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas atau sekitar 10 km dari kota Purwokerto.

Dream Land Park merupakan tempat wisata yang menawarkan wahana air terbesar di Banyumas. Letaknya pun sangat strategis, dipinggir jalan raya Ajibarang-Cilongok. Selain itu, lokasi tempat wisata memiliki pemandangan alam yang begitu luar biasa.

Ada total kurang lebih 8 kolam renang di tempat wisata yang satu ini, tentunya dengan berbagai jenis dan kedalaman. Setiap kolam renang dilengkapi oleh beberapa wahana, seperti kolam arus, wahana air tumpah raksasa, dan wather slide.

Tiket harga masuk ke Dream Land Park pun sangat menarik bagi para wisatawan, pengunjung yang dapat pada hari bisa dikenakan tarif 20 ribu, sementara pada hari libur sebanyak 25 ribu rupiah.

10. Crossworld Paintball

Crossworld Paintball
Crosworld Paintball adalah tempat wisata di Banyumas yang menawarkan sensasi adu tembak, sangat cocok bagi kalian yang suka permainan. Fasilitas pendukung lain di tempat ini meliputi Pro Shop Paintball, Projector, Music, Biliard dan Food Court. Jika berminat untuk mengunjungi tempat wisata seru ini, lokasinya berada di Jl Ringin Tirto no. 69 Purwokerto atau berada di belakang perumahan Permata Hijau PWT.

11. Miniatur Dunia atau Small World Purwokerto

Miniatur Dunia atau Small World PurwokertoSmall World merupakan sebuah taman miniatur dunia yang terdapat di kota Purwokerto. Tempat wisata hits di Purwokerto ini menawarkan keunikan berbagai bangunan Landmark di seluruh dunia, contohnya Menara Petronas ikon Malaysia, kemudian patung Singa Laut (Merlion) dari Singapura. Ada juga Landmark dari negara-negara di Eropa, contohnya menara Eiffel dari Perancis.

Tempat wisata di Banyumas ini merupakan sebuah wahana rekreasi sekaligus bisa menambah edukasi pagi yang mengunjunginya. Lokasi Small World ini berada di Jl. raya Barat Baturraden, Ketenger. Jika anda berniat untuk mengunjungi wisata hits di Purwokerto ini maka harus membayar tiket masuk sekitar 20 sampai 25 ribu rupiah.

12. Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja
Bukit Watu Meja juga merupakan salah satu tempat wisata hits di Kabupaten Banyumas. Obyek wisata ini menawarkan keindahan pemandangan Sungai Serayu dari atas bukit. Pemandangan sungai disini begitu mengagumkan, anda yang mengunjunginya pasti akan terkagum-kagum.

Lokasi Bukit Watu meja berada di Desa Tumiyang, Kec. Kebasen, Kabupaten Banyumas. Lokasi tempat wisata ini kurang lebih 10 menit dari Bendungan Gerak Serayu. Tempat wisata ini pernah menggemparkan Banyumas karena kepopuleranya, semua orang berdatangan ke obyek wisata yang satu ini. Pengunjung yang datang dikenakan tarif masuk sukarela (2016).

13. Wisata Bendungan Gerak Serayu

Tempat wisata ini menawarkan keindahan sebuah bendungan. Lokasinya berada di Desa Gambasari Kebasen, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Wisata Bendungan Gerak Serayu

14. Bukit Tranggulasih

Tempat wisata di Baturraden Purwokerto ini sangat cocok bagi anda yang suka ngecamp bersama teman-teman kalian. Disini anda bisa menikmati sejuknya udara diatas bukit sekaligus menikmati pemandangan gemerlap lampu cahaya kota Purwokerto pada malam hari. Lokasinya berada di Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Bukit Tranggulasih

15. Batur Agung Mount Of Fun Purwokerto

Tempat wisata yang cocok saat membawa keluarga maupun teman-teman. Lokasinya berada di Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 


Batur Agung Mount Of Fun Purwokerto

16. Bukit Bintang Baturraden

Selain di Bukit Tranggulasih, anda juga bisa menikmati pemandangan kota Purwokerto dari Baturraden, tepatnya dari pintu gerbang obyek wisata naik lagi sampai menjumpai tempat seperti setengah stadion.


Bukit Bintang Baturraden

Wisata Sejarah di Kabupaten Banyumas

1. Museum Bank BRI 

Tempat wisata edukasi yang ada di Purwokerto ini merupakan museum Bank BRI, di dalamnya terdapat berbagai koleksi uang, baik kertas maupun logam. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 57, Kedungwuluh, Kabupaten Banyumas.


2. Monumen dan Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman

Tempat wisata sejarah di Banyumas selanjutnya yaitu Museum dan Monumen Jenderal Soedirman.  Jika tertarik untuk mengunjunginya, lokasi museum ini berada di Jalan Patimuira, Karanglewas Lor, Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas (Tepat di Pinggir jalan raya).


3. Museum Wayang Sendang Mas

Lokasinya berada di Jalan Gatot Subroto No. 1 Banyumas, Kecamatan Banyumas, Jawa Tengah.


4. Masjid Saka Tunggal Cikakak

Lokasinya berada di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.



Wisata Curug / Air Terjun di Kabupaten Banyumas

1. Curug Bayan

Lokasinya berada di Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Bayan

2. Curug Bidadari


Lokasinya berada  di Desa Melung, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Bidadari

3. Curug Carang

Lokasinya berada di Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


4. Curug Cidadap

Lokasinya berada di Desa Baseh, Kecamatan Keduangbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


curug cidadap

5. Curug Ceheng

Lokasinya berada di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Curug Ceheng

6. Curug Cipendok

Lokasinya berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Cipendok

7. Curug Gomblang

Lokasinya berada di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Gomblang

8. Curug Wanasuta

Lokasinya berada di Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Wanasuta

9. Curug Jenggala

Lokasinya berada di Dusun Kalipagu,  Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Jenggala

10. Curug Jumeneng

Lokasinya berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Jumeneng

11. Curug Kembar

Lokasinya berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Kembar

12. Curug Lawa

Lokasinya berada di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Lawa

13. Curug Lawang

Lokasinya berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Lawang

14. Curug Lima Kedung Banteng

Lokasinya berada di Desa Baseh, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Lima Kedung

15. Curug Nangga

Lokasinya berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen , Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Nangga

16. Curug Penganten

Lokasinya di Melung, Desa Kedung Banteng, Kecamatan Windujaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Penganten
17. Curug Sebrangan

Lokasinya berada di Desa Baseh, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Sebrangan

18. Curug Tebela

Lokasinya berada di Jl. Karang Salam, Desa Krangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Tebala

19. Curug Telu

Lokasinya berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Telu

20. Curug Urang


Lokasinya berada di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

 Curug Urang

Itulah informasi mengenai 40 Tempat Wisata di Banyumas : Terkenal, Terbaru dan Hits (Wajib di Kunjungi). Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat digunakan untuk mencari tempat wisata di Banyumas saat hari liburan. Sekian, terimakasih.

Share ke teman kamu:

Related : 40 Tempat Wisata di Banyumas Purwokerto Paling Bagus dan Hits