8 Peninggalan Sejarah di Kabupaten Banyumas dan Gambarnya

Peninggalan Sejarah di Banyumas dan Gambarnya - Seperti kabupaten-kabupaten lainnya, Kabupaten Banyumas juga memiliki beberapa peninggalan sejarah berupa bangunan tua atau pun museum yang di dalamnya terdapat benda dan peninggalan yang bermanfaat untuk kita ketahui, pelajari dan kita lestarikan. Lantas apa sajakah peninggalan sejarah di Kabupaten Banyumas?

Adanya peninggalan sejarah di Kabupaten Banyumas tidak terlepas dari masa lalu yang terjadi di daerah ini, beberapa peninggalan yang terdapat di Banyumas ada juga yang terkait dengan sejarah nasional. Peninggalan sejarah yang ada di Banyumas tentu sangat banyak, ada yang sudah diketahui oleh masyarakat dan juga peninggalan yang belum diketahui oleh masyarakat. Berikut ini 8 peninggalan sejarah di Kabupaten Banyumas yang harus kita ketahui.

8 Peninggalan Sejarah di Kabupaten Banyumas

1. Pabrik Gula Kalibagor

Pabrik Gula Kalibagor

Peninggalan sejarah di Kabupaten Banyumas yang pertama yaitu bangunan Pabrik Gula Kalibagor. Pabrik gula ini merupakan pabrik gula yang pernah beroperasi pada masa penjajahan Belanda, lebih tepatnya pada masa sistem tanam paksa yang terjadi di Karesidenan Banyumas. Pabrik Gula kalibagor dibangun pada tahun 1839, nama pabrik itu pada saat itu yaitu Suikerfabriek Kalibagor. Lokasi pabrik ini berada di Jalan Kalibogor, Sokaraja Kidul, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah 53191.

2. Pemandian Kalibacin

Pemandian Kalibacin

Pemandian kali bacin merupakan pemandian yang dibuat pada zaman pasirluhur, tepatnya pada abad ke 15, sehingga bisa dikatakan sebagai peninggalan sejarah di Kabupaten Banyumas. Pemandian ini merupakan pemandian yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dll. Pada perkembangan selanjutnya saat masa penjajahan Belanda, pemandian ini pun digunakan oleh pejabat-pejabat saat itu. Lokasi pemandian kali bacin yaitu berada di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo atau 17 km dari kota Purwokerto.

3. Masjid Saka Tunggal Cikakak

Masjid Saka Tunggal
Masjid Saka Tunggal merupakan salah satu masjid yang tertua di Banyumas. Masjid ini berlokasi di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Masjid memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, di dalam masjid terdapat satu tiang dan pada tiang tersebut terdapat angka arab yang menyatakan bahwa masjid ini dibangun pada tahun 1288. Angka tahun dalam tiang tersebut mengacu pada tahun Masehi. Masjid Saka Tunggal dapat dikatakan sebagai salah satu peninggalan sejarah yang terdapat di Kabupaten Banyumas.

4. Pendopo Si Panji

Pendopo Si Panji

Peninggalan sejarah di Banyumas yang ke empat adalah Pendopo Si Panji. Pendopo ini merupakan pendopo kabupaten Banyumas yang didirikan pada tahun 1706 oleh Tumenggung Yudanegara 11. Ia merupakan bupati banyumas ke 7. Nama pendopo si panji di ambil dari nama putranya (Panji Gandasubrata). Pendopo ini memiliki sejarah yang panjang khususnya di Banyumas, sempat dipindahkan dari lokasi yang semula berada di kecamatan Banyumas (sekarang) ke kota purwokerto. Pemindahan tersebut dilakukan karena penggabungan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purwokerto. Untuk sekarang ini Pendopo Si Panji berada di dekat alun-alun kota Purwokerto.

5. Klenteng Hok Tek Bio Sokaraja

Klenteng Hok Tek Bio Sokaraja

Peninggalan sejarah di Kabupaten Banyumas selanjutnya adalah Klenteng Hok Tek Bio Sokaraja. Klenteng ini berlokasi di Jalan Supardjo Rustam nomor 4, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Selain dijadikan sebagai tempat ibadah, klenteng ini juga sering dijadikan tempat wisata sejarah. 

6. Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto

Klenteng Hok tek bio purwokerto

Klenteng lain yang berada di Kabupaten Banyumas yaitu Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto. Klenteng ini dapat dikatakan sebagai salah satu peninggalan sejarah di Kabupaten Banyumas karena memiliki nilai sejarah. Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto diperkirakan di bangun pada tahun 1813 oleh masyarakt China yang bermukim disekitar klenteng tersebut. Lokasi bangunan peninggalan bersejarah ini berada di Jalan Pemotongan Nomor 3, Banyumas, Jawa Tengah.

7. Monumen dan Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman

Monumen dan Museum panglima besar jenderal soedirman

Bangunan peninggalan sejarah di Kabupaten Banyumas yang ke 7 adalah Monumen dan Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman. Monumen dan museum ini dibangun untuk mengenang jasa-jasa Jenderal Sudirman khususnya di Banyumas dalam usahanya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dalam museum tersebut terdapat diorama perjalanan hidup Jenderal Sudirman, sementara itu terdapat patung Jenderal Sudirman sedang menaiki kuda pada lantai dua. Lokasi monumen dan museum ini berada di Jalan Dr. Soeparno Nomor 24, Purwokerto, Jawa Tengah.

8. Museum Bank BRI Purwokerto

Museum Bank BRI Purwokerto

Museum Bank BRI Purwokerto merupakan salah satu museum uang yang ada di Indonesia. Purwokerto merupakan tempat lokasi berdirinya Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia), sehingga dibuatlah museum ini. Beberapa koleksi yang terdapat di museum ini antara lain : koleksi uang kertas lama, uang logam kuno dan beberapa koleksi lainnya. Lokasi museum ini yaitu berada di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 54 Purwokerto.

Demikian pembahasan mengenai 7 Peninggalan Sejarah di Kabupaten Banyumas dan Gambarnya secara singkat dan jelas. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya, jangan lupa share artikel ini keteman-teman kalian. Sekian terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Peninggalan Sejarah di Kabupaten Banyumas dan Gambarnya

0 Boleh Komentar asal tidak Spam.:

Post a Comment